Sharing: Assessment Day ConocoPhillips Indonesia

Saya ingin berbagi pengalaman dengan rekans mengenai keikutsertaan saya dalam salah satu proses rekrutasi di program Apprenticeship ConocoPhillips Indonesia, yaitu program Assessment Day. 

Dalam waktu satu hari, saya harus mengikuti serangkaian tes di dalam tahapan Assessment Day ConocoPhillips Indonesia ini. Bertempat di Shangri-LaHotel Jakarta, tes tersebut saya jalani dengan menyenangkan.

Tes pagi ini diawali dengan pertanyaan-pertanyaan pembuka yang mencairkan suasana. Pertanyaan-pertanyaan tersebut diajukan kepada seluruh peserta Assessment Day ConocoPhillips Indonesia.Setiap peserta pun akan diberi pertanyaan yang berbeda, misalnya rekan saya mendapatkan pertanyaan mengenai values yang akan dipilihnya dalam suatu situasi. Saya mendapatkan pertanyaan yang imajinatif jawabannya, yaitu :
"Novan, If you are trapped with Brad Pitt in a Pyramid (MESIR), What will you do?"

Saya pun menjawabnya seperti ini:

"I will learn many things from Brad Pitt. I know that he's an excellent actor. I watched his movies and he played so excellent there. I'm sure he have to work hard to do it all. That's why learn from him about how to be an excellent actor is so priceless!"

Selanjutnya, saya dan rekans lainnya kemudian mengikuti Focus Group Discussion (FGD) yang, seperti biasanya, membicarakan dan mendiskusikan masalah dan solusinya. Setelah selesai mengikuti FGD, kami pun diberikan waktu untuk beristirahat, beribadah, dan makan siang. 

Dalam acara makan siang tersebut, kami berkesempatan untuk ngobrol dengan sejumlah top management di ConocoPhillips Indonesia. Saat itu saya memilih berbincang dengan Pak Johannes Karundeng. Dalam kesempatan tersebut, beliau berkenan menyampaikan pengalamannya hingga mencapai posisi saat ini. 

Setelah makan siang, kami pun melanjutkan tes berikutnya yaitu tes wawancara. Di dalam tes ini, saya menemui dua kelompok pewawancara. Di dalam kelompok pertama, salah satu anggotanya adalah  Pak Johannes Karundeng, orang yang saya jumpai dan berbincang saat makan siang tadi.

Sejumlah pertanyaan pun diajukan kepada saya. Salah satu pertanyaan itu adalah mengapa anda mengikuti sejumlah kompetisi? Apa yang menarik dari kompetisi yang anda ikuti?  Cukup banyak pertanyaan yang diajukan dalam kelompok pertama ini. Berikutnya saya pun diminta untuk mengikuti tes wawancara di kelompok pewawancara kedua. Berbeda dengan kelompok satu, rasanya waktu wawancara berlangsung lebih singkat. 

Di dalam Assessment Day ConocoPhillips Indonesia ini kesan menegangkan tidak tergambar disana. Fun and challenging concept nampaknya sedang dicitrakan di dalam Assessment Day COPI. Interaksi antar jenjang juga berlangsung cukup nyaman dan terasa ringan. Tidak ada hambatan komunikasi antara satu jenjang ke jenjang lainnya.

Mengapa saya tertarik mengikuti Assessment Day COPI? Pertanyaan itu muncul dari salah seorang peserta Apprentice Program COPI kala sedang rehat siang. Bagi saya, daya tarik Assessment Day COPI adalah muncul ketika saya mengikuti road show COPI mengenai Business Apprentice Program di Magister Sciense (MSi) ruang BRI lt.3.

Penjelasan Yeyen, salah satu alumnus FE UGM dan rekan-rekan COPI kala itu mengenai program ini memunculkan persepsi positif. Bayangan mengenai kompetisi seperti TrustbyDanone, Loreal E-Strat, maupun AGBEP Game Competition seakan tergambar di Assessment Day COPI. Naluri saya mengatakan "lakukan sesuatu untuk dapat mengikuti Assessment Day! Ini akan menarik dan menyenangkan!". Sehingga saya pun mencantumkan keinginan ini ke dalam tujuan: "to attend in Assessment Day..." Alhamdullillah, COPI memberikan kesempatan bagi saya untuk merasakan pengalaman Assessment Day tersebut.

Sesampainya di sana pun saya kembali menjumpai para alumnus game competition seperti Tim Loreal E Strat 7 ITB, Loreal E Strat 7 UI, dan Danone Trust Day 2006 UI. Senang berjumpa dengan mereka!

Semoga bermanfaat. 

Comments

  1. terimakasih sharing-nya mz..
    bsok 9 juli ini sya akan berkesempatan seperti antum,
    kira2 apa lg yg prlu dipersiapkan mz y? ;p
    mohon petunjuk ;)

    dimaz 08170210387

    ReplyDelete
  2. thank Dimas for visiting here :)

    Wah, udah lewat ya momentumnya? Siapkan untuk menjadi diri sendiri, sampaikan prestasi dan tunjukkan kelebihan anda, serta kenali sebanyak orang yang bisa anda kenal di forum tsb.

    Salam, MasNovanJogja

    ReplyDelete
  3. wah...
    besok selasa mau ikutan tes di ugm :D

    ReplyDelete
  4. mas sudah kerja di copi kah skrg?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya bekerja di sana tahun 2007. 2008, di telkom.

      Delete
    2. mau tanya mas, apakah disana setelah selesai program BA setahun kesempatan utk jd permanent employee nya gampang/susah?
      Atau semua tergantung ada slot kosong?
      thanks.

      Delete
    3. Dear rationalthinker,

      Mengenai gampang atau tidaknya, kembali ke peserta masing-masing. Seingat saya, di tahun 2007 program Business Apprentice berlangsung selama dua tahun, dengan masa penilaian dilakukan di akhir tiap-tiap tahun.

      Bila ada roadshow mengenai program ini di kampus, silahkan ajukan pertanyaan detail kepada rekan-rekan.

      Demikian, semoga membantu.

      Delete
  5. Mas novan tgl 11 agustus nanti saya akan ikut assessment day, kalau masi inget boleh tau ga mas berapa org yg ikut assessment dan berapa yg waktu itu lolos? Btw terima kasih banyak loh mas saya jadi punya gambaran untuk nanti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal Lauren,

      Selamat ya! Hmm...berapa banyak ya? ada sih di foto. Kurang lebih 30 orang, yang hadir assessment day. Yang lolos di proses selanjutnya, mungkin sekitar 50%nya.

      Delete
  6. mas kalo boleh tau seblm dftr copi bikin esai pribadi jg ? saya boleh lihat contoh esainy mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal mas Sandiba,

      Seingat saya iya. Intinya sampaikan apa yang telah dan akan anda kerjakan selanjutnya.


      Semoga bermanfaat, @MasNovanJogja

      Delete
  7. Selamat siang, Mas Novan
    salam kenal, saya Mindo Mas
    Saya mau tanya2 banyak, Mas tentang ConocoPhillips, Mas
    Saya mau melamar di COPI

    Selama bekerja di COPI, tantangan apa ya yang Mas alami?

    jika boleh, Adakah LINE/WA yang aktif, Mas?
    Terima kasih, Mas

    ReplyDelete
  8. Replies
    1. Dulu sih datang ke kampus ya timnya. Silahkan cek di webnya ya Ceria.

      http://careers.conocophillips.com/locations/indonesia-careers/

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

5 Tips Sukses Menjadi Mahasiswa Magang

Memahami Peran Human Resource dalam Organisasi

Apa itu Human Resource Business Professional (HRBP) ?