Sendu = Melankolis?

sen·du a berasa sedih dan pilu; duka cita; sedu;
ber·sen·du v bersedih hati; berduka cita;
ke·sen·du·an n keadaan (hal) sedih, duka, dsb; kesedihan; kedukaan

Inilah makna kata yang saya peroleh dari KBBI Daring. Keingintahuan saya akan makna sendu berawal dari tulisan singkat adhya mengenai satu kata.

Saya pun melanjutkan keingintahuan saya mengenai hal ini.

Dalam bahasa Inggris, sendu ditranslasi menjadi melancholy/ melancholic. Apa arti melancholic?

melankolis = Biasanya sih perfeksionis, apa-apa dipikirin dulu, bahkan sampe ke hal2 yang detail, biasanya sensitif (mudah tersinggung) dan cenderung suka menyendiri.

Definisi Melankolis: SeBuah sikap yang cenderung mengasingkan diri dari kenyataan dan memiliki rasa pesimistik terhadap kebahagiaan

Melankolis adalah tipe manusia yang selalu ingin segala hal itu dapat berjalan sebagaimana mestinya, segala kegiatan harus sesuai dengan jadwal dan rencana yang matang. Keteraturan, kepastian dan ketelitian. Tipe manusia ini paling tidak suka mendengar suatu kegagalan, apalagi kegagalan itu terjadi karena kelalaian seseorang dan bukan karena suatu sebab yang tidak dapat ditolak.

MELANKOLIS, juga webster, itu sikap sedih, tertekan, berkait dengan kesedihan.

Saya masih belum ingin menghentikan keingintahuan saya. Menambah satu browsingan lagi:

Lain lagi dengan tipe kedua, golongan melankolis, “Yang Sempurna”. Cenderung serba teratur, rapi, terjadwal, tersusun sesuai pola. Umumnya mereka ini suka dengan fakta-fakta, data-data, angka-angka dan sering sekali memikirkan segalanya secara mendalam.

Orang melankolis cenderung menganalisa, memikirkan, mempertimbangkan, lalu kalau bicara pastilah apa yang ia katakan betul-betul hasil yang ia pikirkan secara mendalam sekali.

Orang melankolis selalu ingin serba sempurna. Segala sesuatu ingin teratur. Karena itu jangan heran jika balita anda yang `melankolis’ tak `kan bisa tidur hanya gara-gara selimut yang membentangi tubuhnya belum tertata rapi.

Dan jangan pula coba-coba mengubah isi lemari yang telah disusun istri `melankolis’ anda, sebab betul-betul ia tata-apik sekali, sehingga warnanya, jenisnya, klasifikasi pemakaiannya sudah ia perhitungkan dengan rapi. Kalau perlu ia tuliskan satu per satu tata letak setiap jenis pakaian tersebut. Ia akan dongkol sekali kalau susunan itu tiba-tiba jadi lain.

Semoga sedikit mengobati kehausan saya memahami makna kata sendu. -novan restu-

Comments

Popular posts from this blog

5 Tips Sukses Menjadi Mahasiswa Magang

Memahami Peran Human Resource dalam Organisasi

Apa itu Human Resource Business Professional (HRBP) ?