Liburan ke Jayapura-Manokwari-Jogjakarta

Penerbangan ke Jayapura saya rencanakan dengan menggunakan Lion Air. Berangkat dari Bandara Cengkareng Jakarta jam 22.15 LT. Rencana tiba di Bandara Sentani, Jayapura Jam 6.55 LT. Saya sudah menghubungi rekan di sana untuk melaksanakan liburan selama dua hari ini.

Berikutnya, saya menuju kota Manokwari. Saya akan berada di kota ini selama dua hari. Berangkat dari Bandara Sentani Jayapura 8.55 LT dan tiba di Bandara Rendani Manokwari pukul 10.10LT. Pesawat yang saya gunakan kali ini adalah Batavia Air.

Nah, sekarang dari Manokwari ke Jogjakarta. Wow…harganya kok lumayan ya? Hmm…saya cek beberapa situs maskapai. Dan pilihan saya jatuh ke Rute Manokwari Surabaya. Sayangnya, rute yang langsung ke Surabaya udah padat. Kalaupun ada, nunggunya di Bandara Hasanuddin cukup lama.

Akhirnya, pilihan kombinasinya adalah sebagai berikut: dari Manokwari, saya akan menggunakan Maskapai Merpati pukul 9.00 LT dan tiba di Makassar pukul 11.30 LT. Dari Makassar, saya nyambung dengan menggunakan Batavia Air pukul 16.00 LT. Direncanakan tiba di Bandara Juanda Surabaya pukul 16.25 LT.

Ke Jogja naik apa? Pilihannya kereta api Sancaka atau Bis PATAS AC Eka. Mari kita lihat jadwal kereta Surabaya Jogja. Karena web resmi kereta api sedang lemot, sementara saya sampai disini dulu. Nanti pilihannya mau ke Stasiun Gubeng Surabaya atau ke stasiun Bis Surabaya.
Tunggu aja share saya berikutnya.

Sumber Gambar: http://hanifahblog.files.wordpress.com/2009/03/backpacker.jpg

Comments