Enam Langkah Beli Tiket Merpati dengan ATM Mandiri

Tulisan ini berawal dari proses saya membayar tiket yang cukup memakan waktu dan energi. Tentu saja, karena maskapai ini menawarkan harga yang memuaskan bagi saya. Saya ingin share dengan rekan-rekan, siapa tahu mengalami hal yang sama dengan saya. Semoga bermanfaat ya.

Berburu Tiket
Hari ini saya berburu tiket dari Jakarta menuju Denpasar untuk perjalanan minggu depan. Well, dari berbagai Maskapai yang ada, pilihan termurah ada di Merpati Airlines. Melalui tiket onlinenya, saya mendapatkan harga promo yang dua kali lebih murah dari tiket di Travel Agent langganan saya.

Belum Pengen Pake Kartu Kredit, Tapi Ada Debit Mandiri
Saya belum pengen pake kartu kredit, sehingga pilihan saya adalah mencoba tombol ‘Pesan Sekarang Bayar Nanti’. Tombol ini adalah tombol yang dapat dipilih bila kita ingin melakukan pembayaran melalui ATM Mandiri (Saya belum menemukan kode bayarnya di SMS Banking). Saya kemudian menanyakannya ke Call Center Merpati di (021) 6546789.

Empat Customer Care, Terakhir Yang Mampu Menjelaskan
Dari percakapan dengan rekan-rekan di Call Center, Rekan ke-empatlah yang mampu menjelaskan mekanisme pembayaran melalui ATM Mandiri. Well, kenapa saya sampai empat kali menelepon Call Center MERPATI? Karena ya tadi, ketika saya ke ATM Mandiri, saya tidak dapat menemukan nama MERPATI di Pembayaran Tiket, maupun kode Merpati di Multipayment Menu.

Jawaban CS BANK Mandiri
Oh ya, sebelum saya menelepon keempat kalinya ke Call Center MERPATI, saya mencoba ke CS Bank Mandiri untuk menanyakan hal yang sama. Dengan pelayanannya yang ramah, saya lalu menyampaikan permasalahan yang saya hadapi. Ia berusaha membantu saya dengan memberikan lembar petunjuk SMS Banking. Dari pencariannya, yang ditemukan adalah menu pembayaran Tiket untuk Maskapai Lion Air, Garuda Indonesia, Mandala dan lainnya. Menu Merpati tidak ditemukan disana. CS Bank Mandiri pun menghubungi Mandiri Call 14000 menanyakan hal yang sama. Penjelasannya adalah Bank Mandiri belum bekerja sama dengan Merpati Air.

Yakin Bisa, Cuman Belum Tahu Caranya
Saya yakin transaksi ini mestinya bisa. Apalagi dari tiga Customer Care MERPATI menyatakan hal tersebut dengan sangat jelas. Yakin bisa deh, cuman belum tahu aja caranya. Oke, saya akan telpon yang keempat kalinya. Dan pencerahan itupun saya dapatkan. Terima kasih ya. Alhamdulillaah.

Inilah Caranya: 6 Langkah Pembelian Tiket Merpati Via ATM Mandiri
  1. Silahkan masuk ke ATM Mandiri. Setelah memasukkan kartu ATM Anda, memasukkan nomor PIN, maka akan muncul menu yang perlu anda pilih.
  2. Pilih PAYMENT. Pilih lagi MULTIPAYMENT.
  3. Pada pilihan multipayment, Anda harus mengetahui KODE Transaksi anda. Silahkan pilih KODE di DAFTAR KODE. Untuk pembayaran Tiket MERPATI Anda, isilah KODE berikut: 70007 (FINPAY).
  4. Setelah anda menuliskan kode 70007, maka akan muncul perintah untuk memasukkan kode pembayaran anda. Pada Pembelian Tiket Pesawat, kode pembayaran adalah sebanyak 13 digit.
  5. Masukkan Kode Pembayaran 13 Digit dan muncul KONFIRMASI.
  6. Tekan tombol YES, bila memang transaksi itu adalah Transaksi Anda.SELESAI.
Catatan: Merpati sudah memperbaiki tampilan informasinya. Dua bank yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran, yaitu Bank Mandiri dan Bank OCBC NISPSilahkan anda klik gambar di bawah ini untuk melihat detail informasi pembayaran via Bank Mandiri dan Bank OCBC NISP.


Comments

Popular posts from this blog

5 Tips Sukses Menjadi Mahasiswa Magang

Memahami Peran Human Resource dalam Organisasi

Apa itu Human Resource Business Professional (HRBP) ?