Skip to main content

Nilai-Nilai Philips: Empat D

Masih membahas mengenai Philips. Kali ini mengenai nilai empat D Philips. Oke, bagaimana anda menerjemahkan gambar disamping ini? (sumber gambar disini). Perhatikan, fokus gambar ini berada diwajah wanita Asia (bisa jadi juga seorang Indonesia) di nomor tiga dari kiri, sedangkan kelima rekannya (Afro, Amerika Selatan, India, Americans mungkin?) juga menggambarkan keragaman bangsa. Perhatikan komposisi jenis kelamin di gambar tersebut yang menunjukkan jumlah seimbang antara pria dan wanita. Mereka tampak sedang memandang dan menyimak sesuatu dengan antusias dan optimis. Gambar tersebut memang terletak di halaman yangmendeskripsikan nilai-nilai Philips.

Nilai-nilai apa yang Dianut di Philips?
Philips menganut Empat D yang akan memandu mereka dalam berperilaku sehari-hari dan menjadi pedoman yang akan mengingatkan tentang bagaimana sikap mereka terhadap pekerjaan, pelanggan dan para kolega. Inilah empat D yang mereka anut:

Delight Customers: We anticipate and exceed customer expectations
* We demonstrate Passion for Philips and "sense and simplicity"
* We create superior customer experiences, based on deep insights
* We act as One Philips ambassadors all the time

Deliver great results: We continually raise the bar
* We play to win big and always set ambitious targets
* We challenge the status quo and experiment with new ways
* We take clear decisions and implement with speed and discipline

Develop people: We get the best from ourselves and each other
* We attract the best players to create strong and diverse teams
* We take risks by giving people stretch assignments to accelerate their development
* We personally invest significant time to coach and recognize people

Depend on each other: We deliver more value by working as One Philips
* We think as One Philips and act as owners
* We trust and empower each other to contribute our best
* We team up and allocate resources to the most promising opportunities

Di tiap-tiap D, terdapat tiga perilaku kunci (key behavior) sehingga in total terdapat dua belas perilaku kunci yang akan terus dikerjakan oleh para karyawan Philips. Setiap perilaku kunci menuntut keterlibatan aktif para karyawan, misalnya we attract the best players to create strong and diverse teams yang berarti kami menarik pemain-pemain terbaik untuk mengkreasi tim-tim yang beragam dan tangguh.

Pertanyaannya: Apa yang dapat kita pelajari mengenai nilai empat D Philips? Bagaimana mengidentifikasi nilai-nilai yang baik dalam perusahaan yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan laba keuangan maupun non keuangan? dan tentu saja, pertanyaan berikut penting untuk anda jawab: bagaimana dengan perusahaan anda?

Salam,

Comments

Popular posts from this blog

Apa itu Human Resource Business Professional (HRBP) ?

Untuk mengerti lebih lanjut mengenai apa itu Human Resource Business Professional (HRBP), Anda dapat mengunjungi situs berikut: http://www.hrci.org/docs/default-source/web-files/hrbpbok-pdf.pdf?sfvrsn=0

HRBP holder diharapkan mampu mendemonstrasikan keahlian atas prinsip-prinsip Human Resources operasional dan teknikal yang dapat diterima. Ini dilakukan untuk memvalidasi pengetahuan dan keahlian human resource yang core serta mendemonstrasikan prinsip-prinsip human resource dari para profesional yang mempraktikkan human resource di luar Amerika. Ini akan meningkatkan kredibilitas profesional HR dan organisasi dimana mereka bekerja.

Dari halaman pdf tersebut, Anda dapat mempelajari body of knowledge sertifikasi HRBP. Body of knowledge HRBP ini mencakup:
1. HR Administration (22%)
2. Recruitment and Selection (22%)
3. Employee Relations and Communication (20%)
4. Compensation and Benefits (14%)
5. Training and Development (15%)
6. Health, Safety and Security (7%). 

Area Fungsi 1, yaitu HR Admini…

Memahami Peran Human Resource dalam Organisasi

[1] Apa itu Human Resource Management (HRM)?
Ada beberapa definisi yang disampaikan dalam sejumlah referensi, salah satunya dari materi pelatihan sertifikasi Human Resource Business Partner (HRBP): 

1. A strategic and consistent approach to the management of an organization’s most valued assets i.e., the people who are contributing toward the achievement of the goals of the organization.
2. Employing people, developing the resources, utilizing the human talent effectively and efficiently, and compensating the services according to the organizational requirement.
3. A business tool that provides both theoretical framework and practical tools to handle the workforce.


Mana definisi yang menurut anda paling mudah anda pahami?
Bagi saya, definisi ketiga-lah yang paling mudah saya pahami. Kata-kata kuncinya yaitu alat bisnis, teori, praktik, dan pengelolaan tenaga kerja. Saya terjemahkan menjadi: HRM adalah alat bisnis yang terdiri dari kerangka teori dan alat-alat bantu praktis untuk mengelola …

5 Tips Sukses Menjadi Mahasiswa Magang

Mahasiswa Magang. Ya, mahasiswa yang menjalani 'kerja praktik' di perusahaan tertentu merupakan para mahasiswa magang.Sejumlah mahasiswa magang sudah pernah saya temui dan saya bimbing. Salah satunya sekarang juga bekerja di TELKOM.
Ketika ada sejumlah mahasiswa magang di unit saya, dan kemudian tanggung jawab diserahkan kepada saya untuk jadi pembimbing praktik, tentu saya dengan senang hati membantu mereka mencapai tujuan magangnya.
Menjadi mahasiswa magang, dalam pandangan saya, harus punya tujuan. Tujuan itu sifatnya sangat personal, namun pada umumnya hampir-hampir sama, 11-12 lah, yaitu sukses saat kerja praktik, yang berarti nilai A atas hasil kinerjanya.
#1 Miliki Tujuan yang Jelas Sukses menjadi mahasiswa magang harus diawali dengan tujuan magang yang jelas.Jika tujuan anda 'hanya' ingin sekedar memenuhi kewajiban prasyarat kuliah, ya itulah yang akan anda dapatkan. Sayang aja sih jika itu saja tujuannya. Padahal banyak lho yang bisa didapatkan saat menjalani kerj…