IDEO: The Focus is on hiring someone who can ‘WOW’ us!

Inilah pernyataan IDEO, sebuah perusahaan kreatif Amerika (salah satu komisarisnya menulis buku “The Art of Innovation), tentang rekrutasi: “the focus is not on hiring someone who will ‘fit in’ but rather, on hiring someone who has something to offer and can ‘WOW’ different kinds of people with his/her insights”.

Jadi, salah satu pertanyaan yang perlu anda ajukan saat anda merekrut karyawan baru, utamanya untuk perusahaan yang menjadikan kreativitas sebagai nilai yang dihargainya adalah ‘apa yang anda miliki dan bisa ditawarkan kepada kami sehingga kami bisa WOW dengan gagasan-gagasan Anda?”

Isunya bukan lagi dia (calon karyawan) cocok dengan pekerjaan yang akan diisi. Ya, itu penting, namun yang lebih penting lagi adalah menanyakan pertanyaan di atas. Apa yang anda punya dan bisa membuat kami WOW?

So, pertama, sudahkah anda menanyakan pertanyaan tersebut kepada para pelamar kerja? Apa yang anda miliki? Bahkan menurut saya, tidak cukup anda bertanya. Kedua, Anda pun wajib meminta mereka mengeksplorasi permasalahan yang saat ini dihadapi perusahaan (bila perlu, paparkan masalah krusial yang sedang dihadapi perusahaan!) Ketiga, mintalah mereka berkontribusi untuk menyelesaikannya dalam suatu paper. Lebih lanjut lagi, keempat, bagi gagasan-gagasan yang WOW maka berikan kesempatan kepada mereka untuk mempresentasikannya kepada unit yang menangani permasalahan tersebut.

Ya, masukkan ini ke dalam daftar periksa (check list) saat anda merekrut karyawan baru anda.

Semoga bermanfaat,
Novan Restu

Comments

Popular posts from this blog

5 Tips Sukses Menjadi Mahasiswa Magang

Memahami Peran Human Resource dalam Organisasi

Apa itu Human Resource Business Professional (HRBP) ?