Google 2011: Mengubah Variable Pay Menjadi Fixed Pay

Apa yang ditulis dalam bisnisdotcom pada Jumat 12 Nopember 2010 menarik untuk dicermati. Di tulisan ini dijelaskan bagaimana Google Inc menghargai para pegawainya dengan kebijakan yang lebih pro-fixed pay. Hal ini berbeda dengan arus utama yang saat ini menunjukkan adanya peningkatan perhatian pada variable pay.

Yang dilakukan Google salah satunya adalah dengan menaikkan gaji sekitar 10% untuk 23.300 karyawannya di tahun 2011. Bisa anda bayangkan, bila gaji ini ditautkan dengan komponen remunerasi lainnya misalnya insentif, maka berapa besaran biaya SDM yang harus ditanggung oleh Google? Tapi simak paragraf berikutnya ini.

Inovasi lainnya yang dilakukan Google adalah mengubah bonus tahunan menjadi pos gaji rutin dalam daftar penghasilan karyawan. Bonus menjadi pos gaji rutin? Hmm.. Dengan demikian take home pay annual yang 'tetap' diterima menjadi lebih besar dibandingkan sebelumnya. Apa pasal yang menggerakkan perubahan ini? Salah satunya disebutkan dalam berita itu adalah peningkatan pendapatan 23% (US$ 21 M) di 9 bulan pertama tahun 2011.

Google juga merekrut 3.500 orang pada tahun ini (naik 20%), mengakuisisi dan melakukan investasi di pusat data online. Kas Google per 30 September 2010 sebesar US$ 33 M bisa jadi menambah alasan keleluasaan untuk berekspansi.

Google menjaga para karyawannya (talent) agar tidak pindah ke lain hati. Di era bisnis yang sedang positif dan tumbuh ini, Google ingin memanfaatkan sebaik-baiknya dengan membuat para karyawannya nyaman bekerja. Dan kenyamanan itu sejalan dengan tingkat pendapatan yang diperoleh oleh Google.

Tentu saja, ketika perusahaan mencapai pendapatan yang signifikan dibandingkan tahun sebelumnya, maka mekanisme bonus yang lebih baik (sebagai bagian dari variable pay) akan meningkat pula. Peningkatan bonus yang diperoleh oleh karyawan harus dikomunikasikan sebagai bagian dari kontribusi mereka atas pencapaian pendapatan perusahaan yang signifikan. Sehingga karyawan akan berusaha menjaga agar perolehan pendapatan perusahaan tetap signifikan untuk mendapatkan bonus.

Semoga bermanfaat. Novan Restu

Comments