Skip to main content

Komposisi Fixed:Variable Pay Bagi Sales & Non Sales

karyawan yg gembira
Pengelolaan SDM yang optimal salah satunya didukung oleh strategi total reward yang integratif. Komposisi antara fixed pay dan variable pay antara non sales people dan sales people adalah sub bagian dari total rewards.

Komposisi fixed pay dan variable pay antara sales dan non sales people tentunya berbeda. Bagi para sales people, fixed pay yang diterimanya lebih kecil dibandingkan para non sales people. Begitu sales people berhasil mencapai target, maka mereka berhak menerima total pay yang jauh lebih besar dibandingkan para non sales people.

Sebagai gambaran, perbandingan fixed pay dan variable pay sales people adalah 30:70. 70% berupa variable pay ini dapat diperoleh sales people jika ia mampu mencapai target 100% (at target). Jika ia mampu melampauinya (over achieve) ia dapat memperoleh tambahan maksimal 2 kali dari variable paynya, yaitu total menjadi 140% (30:140). Tentu saja, over achieve ini memberikan dampak net income bagi perusahaan yang signifikan. Asumsinya ketika mencapai 100% (desain target yang benar), sales people sudah berkontribusi bagi net income perusahaan. Bagaimana bila sales people tidak mencapai target? Ia mendapatkan fixed pay sejumlah 30% tersebut.

Bagi para non sales, komposisi fixed:variable pay bisa berkebalikan dengan sales people misalnya, 70:30. ketika non sales people over achieve, dia berhak 2 x lipat dari variable pay nya sehingga menjadi 60% (70:60). In total kalo non sales mampu over achieve dia berhak 130%. Bila dibandingkan dengan sales people, maka kenaikan maksimalnya selisih 40%. Menurut saya, itu sangat menarik bagi para sales people dan sesuai dengan risiko yang diterima oleh sales people (ia hanya menerima fixed pay 30% saja).

Semoga bermanfaat, 
Novan Restu

Sumber Gambar di sini

Comments

Popular posts from this blog

Apa itu Human Resource Business Professional (HRBP) ?

Untuk mengerti lebih lanjut mengenai apa itu Human Resource Business Professional (HRBP), Anda dapat mengunjungi situs berikut: http://www.hrci.org/docs/default-source/web-files/hrbpbok-pdf.pdf?sfvrsn=0

HRBP holder diharapkan mampu mendemonstrasikan keahlian atas prinsip-prinsip Human Resources operasional dan teknikal yang dapat diterima. Ini dilakukan untuk memvalidasi pengetahuan dan keahlian human resource yang core serta mendemonstrasikan prinsip-prinsip human resource dari para profesional yang mempraktikkan human resource di luar Amerika. Ini akan meningkatkan kredibilitas profesional HR dan organisasi dimana mereka bekerja.

Dari halaman pdf tersebut, Anda dapat mempelajari body of knowledge sertifikasi HRBP. Body of knowledge HRBP ini mencakup:
1. HR Administration (22%)
2. Recruitment and Selection (22%)
3. Employee Relations and Communication (20%)
4. Compensation and Benefits (14%)
5. Training and Development (15%)
6. Health, Safety and Security (7%). 

Area Fungsi 1, yaitu HR Admini…

Memahami Peran Human Resource dalam Organisasi

[1] Apa itu Human Resource Management (HRM)?
Ada beberapa definisi yang disampaikan dalam sejumlah referensi, salah satunya dari materi pelatihan sertifikasi Human Resource Business Partner (HRBP): 

1. A strategic and consistent approach to the management of an organization’s most valued assets i.e., the people who are contributing toward the achievement of the goals of the organization.
2. Employing people, developing the resources, utilizing the human talent effectively and efficiently, and compensating the services according to the organizational requirement.
3. A business tool that provides both theoretical framework and practical tools to handle the workforce.


Mana definisi yang menurut anda paling mudah anda pahami?
Bagi saya, definisi ketiga-lah yang paling mudah saya pahami. Kata-kata kuncinya yaitu alat bisnis, teori, praktik, dan pengelolaan tenaga kerja. Saya terjemahkan menjadi: HRM adalah alat bisnis yang terdiri dari kerangka teori dan alat-alat bantu praktis untuk mengelola …

5 Tips Sukses Menjadi Mahasiswa Magang

Mahasiswa Magang. Ya, mahasiswa yang menjalani 'kerja praktik' di perusahaan tertentu merupakan para mahasiswa magang.Sejumlah mahasiswa magang sudah pernah saya temui dan saya bimbing. Salah satunya sekarang juga bekerja di TELKOM.
Ketika ada sejumlah mahasiswa magang di unit saya, dan kemudian tanggung jawab diserahkan kepada saya untuk jadi pembimbing praktik, tentu saya dengan senang hati membantu mereka mencapai tujuan magangnya.
Menjadi mahasiswa magang, dalam pandangan saya, harus punya tujuan. Tujuan itu sifatnya sangat personal, namun pada umumnya hampir-hampir sama, 11-12 lah, yaitu sukses saat kerja praktik, yang berarti nilai A atas hasil kinerjanya.
#1 Miliki Tujuan yang Jelas Sukses menjadi mahasiswa magang harus diawali dengan tujuan magang yang jelas.Jika tujuan anda 'hanya' ingin sekedar memenuhi kewajiban prasyarat kuliah, ya itulah yang akan anda dapatkan. Sayang aja sih jika itu saja tujuannya. Padahal banyak lho yang bisa didapatkan saat menjalani kerj…