Komposisi Fixed:Variable Pay Bagi Sales & Non Sales

karyawan yg gembira
Pengelolaan SDM yang optimal salah satunya didukung oleh strategi total reward yang integratif. Komposisi antara fixed pay dan variable pay antara non sales people dan sales people adalah sub bagian dari total rewards.

Komposisi fixed pay dan variable pay antara sales dan non sales people tentunya berbeda. Bagi para sales people, fixed pay yang diterimanya lebih kecil dibandingkan para non sales people. Begitu sales people berhasil mencapai target, maka mereka berhak menerima total pay yang jauh lebih besar dibandingkan para non sales people.

Sebagai gambaran, perbandingan fixed pay dan variable pay sales people adalah 30:70. 70% berupa variable pay ini dapat diperoleh sales people jika ia mampu mencapai target 100% (at target). Jika ia mampu melampauinya (over achieve) ia dapat memperoleh tambahan maksimal 2 kali dari variable paynya, yaitu total menjadi 140% (30:140). Tentu saja, over achieve ini memberikan dampak net income bagi perusahaan yang signifikan. Asumsinya ketika mencapai 100% (desain target yang benar), sales people sudah berkontribusi bagi net income perusahaan. Bagaimana bila sales people tidak mencapai target? Ia mendapatkan fixed pay sejumlah 30% tersebut.

Bagi para non sales, komposisi fixed:variable pay bisa berkebalikan dengan sales people misalnya, 70:30. ketika non sales people over achieve, dia berhak 2 x lipat dari variable pay nya sehingga menjadi 60% (70:60). In total kalo non sales mampu over achieve dia berhak 130%. Bila dibandingkan dengan sales people, maka kenaikan maksimalnya selisih 40%. Menurut saya, itu sangat menarik bagi para sales people dan sesuai dengan risiko yang diterima oleh sales people (ia hanya menerima fixed pay 30% saja).

Semoga bermanfaat, 
Novan Restu

Sumber Gambar di sini

Comments

Popular posts from this blog

5 Tips Sukses Menjadi Mahasiswa Magang

Memahami Peran Human Resource dalam Organisasi

Apa itu Human Resource Business Professional (HRBP) ?