Steve Jobs: Belajarlah dari Kesalahan-Kesalahanmu

Seperti kebanyakan para manajer yang efektif, Steve Jobs pun belajar dari kesalahan-kesalahannya.

Steve Jobs
Mari kita telaah kalimat di atas, yaitu antara lain:
1. Manajer
2. Efektif
3. Belajar
4. Kesalahan.
Maka, empat kata tersebut, apabila kita rangkai akan menjadi sebagai berikut: Manajer yang efektif belajar dari kesalahan-kesalahannya. 

Apa artinya?
Pertama, manajer. Manajer, menurut saya adalah orang yang ditunjuk/ dipilih untuk memiliki kewenangan dalam mengelola sumber daya organisasi untuk mencapai sasaran organisasi. George dan Jones (2006) menjelaskan bahwa ada dua hal umum yang dilakukan para manajer:
1. mereka bekerja di organisasi;
2. mereka bertanggung jawab mengelola penggunaan sumber daya organisasi dalam rangka pencapaian sasaran organisasi.

Kedua, efektif. Manajer yang efektif adalah manajer yang mampu menentukan sasaran yang tepat bagi organisasi dan kemudian berhasil mencapainya. perhatikan: sasaran tepat dan pencapaiannya! Jadi, manajer harus mampu menentukan sasaran yang tepat bagi organisasi, berikutnya ia harus mampu mengelola sumber organisasi untuk mencapai sasaran tersebut. Dalam kuadran antara efektif dan efisien, yang sama-sama tinggi (high effectiveness - high efficiency) outputnya adalah produk (bisa berupa goods atau services) yang diinginkan pelanggan dengan kualitas dan harga yang dapat mereka terima.
Ketiga, belajar. Menurut Thursan Hakim belajar adalah suatu proses perubahan di dalam kepribadian manusia, dan perubahan tersebut ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, keterampilan, daya pikir, dan lain-lain kemampuan.

Keempat, kesalahan. Kesalahan didefinisikan sebagai penyimpangan dari apa yang diharapkan dan disebabkan oleh tindakan manusia. Kesalahan merupakan hal yang abstrak sedangkan melakukan tindakan maupun tidak melakukan tindakan, merupakan suatu ide yang nyata (Hurst et al.1991: Stewart 1993: Busby, 2001).

Wantanakorn et al (1999) dikutip dari Love and Josephson (2004) mengemukakan bahwa merupakan hal yang sulit untuk menyediakan definisi umum dari kesalahan, meskipun mudah sekali untuk mengenali suatu tindakan (misalnya kelalaian, kesalahan perhitungan atau perbedaan interpretasi) sebagai kesalahan. Suatu kesalahan mencakup elemen kesalahan individu, di mana mencakup suatu rangkaian peristiwa khusus (misalnya pemilihan alternatif yang salah, kelalaian) atau suatu besaran yang berhubungan dengan dampaknya (misalnya biaya) (Melchers 1989) dikutip dari Love and Josephson (2004).

Sedangkan definisi kesalahan menurut Andi dan Minato (2003); Senders and Moray (1991) adalah sesuatu yang telah dilakukan, yang tidak diharapkan oleh pelaku, tidak diinginkan oleh suatu aturan yang ditetapkan atau oleh pengamat luar, atau yang membuat sistem melampaui batasnya.


Langkah Aksi!
Berikut sejumlah daftar tindakan yang perlu anda lakukan:
1. Jadilah manajer, apapun tingkatannya.
2. Pahami tanggung jawab anda dan sumber daya yang anda miliki.
3. Tentukan sasaran yang tepat dan bertindaklah untuk mencapainya.
4. Terus belajar dan belajar (Stay hungry. Stay foolish).
5. Bila berbuat kesalahan, maka pelajari dan buat langkah aksi untuk belajar dari kesalahan tersebut.

Salam, Novan Restu


Referensi:
1. Contemporary Management: Creating Value in Organizations 4th Ed., George and Jones, 2006.
2. Sumber gambar: http://gdgtgw.com/images/medium/steve-jobs.jpg
3. Stay Hungry. Stay Foolish: http://news.stanford.edu/news/2005/june15/jobs-061505.html
4. Bila ingin membaca terjemahan dari pidato Steve Jobs, anda bisa membacanya di http://pondok-cerita.blogspot.com/2009/12/steve-jobs-stay-hungry-stay-foolish.html
5. Definisi belajar, lebih lengkap dapat dibaca di: http://www.definisionline.com/2010/08/definisi-belajar.html
6. Definisi kesalahan, direlasikan dengan human error dapat dibaca di: http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/06/human-error-definisi-pendekatan-dan.html

Comments

Popular posts from this blog

5 Tips Sukses Menjadi Mahasiswa Magang

Memahami Peran Human Resource dalam Organisasi

Apa itu Human Resource Business Professional (HRBP) ?