Manajemen Waktu (1)

Sebagai seorang muslim, menurut saya, manajemen waktu merupakan proses perencanaan, pengelolaan dan pengevaluasian waktu seseorang secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuannya hidup di dunia dan di akhirat. Jika Allah SWT memberikan kita kehidupan dalam waktu sehari, maka kita diberikan waktu 24 jam oleh-Nya untuk beramal yang terbaik. Dengan demikian, sumber daya waktu tersebut harus dikelola dengan baik sehingga menjadi bermanfaat dan memberikan rahmat bagi dunia.  

Waktu adalah Karunia Allah SWT
Manajemen waktu merupakan alat yang efektif untuk membantu seseorang maupun organisasi meraih sasarannya sehingga penting untuk memahami dan mengamalkan ilmu manajemen waktu. Bagaimanapun juga, waktu adalah karunia Allah SWT yang bersifat tidak dapat disimpan, tidak dapat diulang, dan tidak dapat dihentikan. Sehingga, ketika tujuh menit kita lewatkan begitu saja, tanpa ada amalan yang terbaik yang kita lakukan, maka hilanglah sudah tujuh menit tersebut dan jadilah kita merugi sebagaimana yang Allah SWT sampaikan dalam QS Al Ashr Ayat 1-3 berikut: (1) Demi Masa. (2) Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, (3) kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, dan nasihat-menasihati supaya menaati kebenaran, dan nasihat-menasihati supaya menetapi kesabaran.

Evaluasi Pemanfaatan Waktu Sehari
Untuk mengenali bagaimana cara anda memanfaatkan waktu dalam sehari, maka anda dapat mengevaluasi kegiatan anda dengan bertanya kepada diri anda sendiri, antara lain:
  1. Berapa jam yang anda gunakan untuk melakukan perencanaan?
  2. Berapa jam yang anda manfaatkan untuk bekerja optimal?
  3. Berapa jam yang anda gunakan untuk membaca, memahami, dan berbagi atas suatu pengetahuan dan pengalaman (belajar)?
  4. Berapa jam yang anda manfaatkan untuk perjalanan menuju tempat bekerja dan pulang kembali ke rumah?
  5. Berapa jam yang anda gunakan untuk beristirahat, berolahraga, dan bersantai (sejenak)?
  6. Berapa jam yang anda manfaatkan untuk keluarga?
  7. Dan berapa jam yang anda gunakan untuk masyarakat sekitar (Personal Social Responsibility)?

Dengan melakukan evaluasi manajemen waktu anda, maka anda dapat mengenali bagaimana penggunaan waktu anda dalam sehari sehingga anda dapat menemukan hal-hal mana saja yang menurut anda berlebihan porsi waktunya (misalnya makan terlalu lama, ngobrol yang tak perlu dan lain sebagainya) dan mana yang kekurangan porsinya (misalnya membaca Quran, mempelajari teknik-teknik baru untuk memudahkan penyelesaian tugas).

Tindakan
Ringkasnya, anda perlu melakukan sejumlah hal berikut:
  • pahami dan renungkan bahwa manajemen waktu adalah karunia Allah SWT yang sangat berharga. Tidak bisa diulang, disimpan dan dihentikan.
  • Bagi seorang muslim, pahami dan renungkan QS Al Ashr setelah bangun tidur, selama minimal sepuluh menit, setiap hari.
  • Evaluasi waktu yang anda gunakan dalam sejumlah kelompok, misalnya, waktu untuk keluarga, waktu untuk bekerja, dan waktu untuk pengembangan diri anda.

Salam, Novan Restu

sumber gambar di sini.

Comments

Popular posts from this blog

5 Tips Sukses Menjadi Mahasiswa Magang

Memahami Peran Human Resource dalam Organisasi

Apa itu Human Resource Business Professional (HRBP) ?