Skip to main content

Jack Welch & Kepemimpinannya di GE

Berikut adalah sejumlah catatan mengenai Jack Welch dan aktivitas unggulnya yang dilakukan saat memimpin General Electric. Prestasinya telah terbukti mengubah GE yang sebelumnya lamban dan raksasa, menjadi kompetitif dan ramping. 

Jack Welch juga melakukan perubahan di sisi SDMnya. Ada sejumlah cara yang dilakukannya untuk melakukan perbaikan kualitas karyawan GE dan layanannya terhadap konsumen. Semoga menginspirasi! 

Strategi bisnis Jack Welch saat memimpin General Electrics:
  1. Merestrukturisasi bisnisnya seraya menekankan bahwa ia hanya akan mempertahankan bisnis-bisnisnya yang berada pada peringkat satu atau dua di pasaran. 
  2. Menciutkan daftar gaji GE dan mengakhiri penerapan kebijakan non-PHK  (artinya: ia menerapkan kebijakan PHK!)
  3. Menjual bisnis-bisnisnya senilai US$12 Miliar dan membeli bisnis-bisnis lain senilai US$26 Miliar. 
  4. Membatasi tenaga kerja GE dari 400 ribuan menjadi 230 ribuan orang saja!
  5. Mengurangi jumlah lapisan strata pada manajemen GE dari 9 sd 11 lapisan menjadi 4 atau 5 lapis saja!

Hasilnya bagaimana?
  1. Penghasilan meningkat 11 persen
  2. Pendapatan meningkat 13 persen, dan 
  3. Perolehan per lembar saham meningkat 14 persen. 

Apa yang diubah Jack Welch?
  1. Mengubah GE dari proses manufaktur gaya lama menjadi mesin pertumbuhan yang sangat kompetitif, berwawasan global, dan berorientasi jasa. 
  2. Mengubah GE dari perusahaan raksasa yang lamban responsnya menjadi lebih ramping, tangguh dan kompetitif. 

Program apa yang dikembangkan untuk SDMnya?
Terdapat sejumlah program yang dilakukan Jack Welch untuk mengembangkan SDM GE. Dengan menggunakan dua sumbu, yakni sumbu X menggambarkan rentang waktu, dan sumbu Y menggambarkan Intensitas perubahan. Dimulai dari rentang waktu awal (work-out) dengan tingkat intensitas perubahan rendah menuju tinggi.
  1. Work-Out: program untuk seluruh pegawai untuk mengusulkan cara meningkatkan operasi harian GE. 
  2. Produktivitas/ Praktik terbaik
  3. Perbaikan Proses
  4. Proses Akselerasi Perubahan
  5. Inisiatif Strategi Kunci
  6. Pelanggan adalah Raja
  7. Kualitas Six Sigma.
Inspirasi dari Buku The GE way Fieldbook, Karya Robert Slater.

Comments

Popular posts from this blog

Apa itu Human Resource Business Professional (HRBP) ?

Untuk mengerti lebih lanjut mengenai apa itu Human Resource Business Professional (HRBP), Anda dapat mengunjungi situs berikut: http://www.hrci.org/docs/default-source/web-files/hrbpbok-pdf.pdf?sfvrsn=0

HRBP holder diharapkan mampu mendemonstrasikan keahlian atas prinsip-prinsip Human Resources operasional dan teknikal yang dapat diterima. Ini dilakukan untuk memvalidasi pengetahuan dan keahlian human resource yang core serta mendemonstrasikan prinsip-prinsip human resource dari para profesional yang mempraktikkan human resource di luar Amerika. Ini akan meningkatkan kredibilitas profesional HR dan organisasi dimana mereka bekerja.

Dari halaman pdf tersebut, Anda dapat mempelajari body of knowledge sertifikasi HRBP. Body of knowledge HRBP ini mencakup:
1. HR Administration (22%)
2. Recruitment and Selection (22%)
3. Employee Relations and Communication (20%)
4. Compensation and Benefits (14%)
5. Training and Development (15%)
6. Health, Safety and Security (7%). 

Area Fungsi 1, yaitu HR Admini…

Memahami Peran Human Resource dalam Organisasi

[1] Apa itu Human Resource Management (HRM)?
Ada beberapa definisi yang disampaikan dalam sejumlah referensi, salah satunya dari materi pelatihan sertifikasi Human Resource Business Partner (HRBP): 

1. A strategic and consistent approach to the management of an organization’s most valued assets i.e., the people who are contributing toward the achievement of the goals of the organization.
2. Employing people, developing the resources, utilizing the human talent effectively and efficiently, and compensating the services according to the organizational requirement.
3. A business tool that provides both theoretical framework and practical tools to handle the workforce.


Mana definisi yang menurut anda paling mudah anda pahami?
Bagi saya, definisi ketiga-lah yang paling mudah saya pahami. Kata-kata kuncinya yaitu alat bisnis, teori, praktik, dan pengelolaan tenaga kerja. Saya terjemahkan menjadi: HRM adalah alat bisnis yang terdiri dari kerangka teori dan alat-alat bantu praktis untuk mengelola …

5 Tips Sukses Menjadi Mahasiswa Magang

Mahasiswa Magang. Ya, mahasiswa yang menjalani 'kerja praktik' di perusahaan tertentu merupakan para mahasiswa magang.Sejumlah mahasiswa magang sudah pernah saya temui dan saya bimbing. Salah satunya sekarang juga bekerja di TELKOM.
Ketika ada sejumlah mahasiswa magang di unit saya, dan kemudian tanggung jawab diserahkan kepada saya untuk jadi pembimbing praktik, tentu saya dengan senang hati membantu mereka mencapai tujuan magangnya.
Menjadi mahasiswa magang, dalam pandangan saya, harus punya tujuan. Tujuan itu sifatnya sangat personal, namun pada umumnya hampir-hampir sama, 11-12 lah, yaitu sukses saat kerja praktik, yang berarti nilai A atas hasil kinerjanya.
#1 Miliki Tujuan yang Jelas Sukses menjadi mahasiswa magang harus diawali dengan tujuan magang yang jelas.Jika tujuan anda 'hanya' ingin sekedar memenuhi kewajiban prasyarat kuliah, ya itulah yang akan anda dapatkan. Sayang aja sih jika itu saja tujuannya. Padahal banyak lho yang bisa didapatkan saat menjalani kerj…