Jack Welch & Kepemimpinannya di GE

Berikut adalah sejumlah catatan mengenai Jack Welch dan aktivitas unggulnya yang dilakukan saat memimpin General Electric. Prestasinya telah terbukti mengubah GE yang sebelumnya lamban dan raksasa, menjadi kompetitif dan ramping. 

Jack Welch juga melakukan perubahan di sisi SDMnya. Ada sejumlah cara yang dilakukannya untuk melakukan perbaikan kualitas karyawan GE dan layanannya terhadap konsumen. Semoga menginspirasi! 

Strategi bisnis Jack Welch saat memimpin General Electrics:
  1. Merestrukturisasi bisnisnya seraya menekankan bahwa ia hanya akan mempertahankan bisnis-bisnisnya yang berada pada peringkat satu atau dua di pasaran. 
  2. Menciutkan daftar gaji GE dan mengakhiri penerapan kebijakan non-PHK  (artinya: ia menerapkan kebijakan PHK!)
  3. Menjual bisnis-bisnisnya senilai US$12 Miliar dan membeli bisnis-bisnis lain senilai US$26 Miliar. 
  4. Membatasi tenaga kerja GE dari 400 ribuan menjadi 230 ribuan orang saja!
  5. Mengurangi jumlah lapisan strata pada manajemen GE dari 9 sd 11 lapisan menjadi 4 atau 5 lapis saja!

Hasilnya bagaimana?
  1. Penghasilan meningkat 11 persen
  2. Pendapatan meningkat 13 persen, dan 
  3. Perolehan per lembar saham meningkat 14 persen. 

Apa yang diubah Jack Welch?
  1. Mengubah GE dari proses manufaktur gaya lama menjadi mesin pertumbuhan yang sangat kompetitif, berwawasan global, dan berorientasi jasa. 
  2. Mengubah GE dari perusahaan raksasa yang lamban responsnya menjadi lebih ramping, tangguh dan kompetitif. 

Program apa yang dikembangkan untuk SDMnya?
Terdapat sejumlah program yang dilakukan Jack Welch untuk mengembangkan SDM GE. Dengan menggunakan dua sumbu, yakni sumbu X menggambarkan rentang waktu, dan sumbu Y menggambarkan Intensitas perubahan. Dimulai dari rentang waktu awal (work-out) dengan tingkat intensitas perubahan rendah menuju tinggi.
  1. Work-Out: program untuk seluruh pegawai untuk mengusulkan cara meningkatkan operasi harian GE. 
  2. Produktivitas/ Praktik terbaik
  3. Perbaikan Proses
  4. Proses Akselerasi Perubahan
  5. Inisiatif Strategi Kunci
  6. Pelanggan adalah Raja
  7. Kualitas Six Sigma.
Inspirasi dari Buku The GE way Fieldbook, Karya Robert Slater.

Comments

Popular posts from this blog

5 Tips Sukses Menjadi Mahasiswa Magang

Memahami Peran Human Resource dalam Organisasi

Apa itu Human Resource Business Professional (HRBP) ?