Manajemen Waktu (2)

Di bagian pertama manajemen waktu, ada tiga tindakan yang perlu kita lakukan (utamanya sebagai seorang muslim), yaitu:

To do List
  • pahami dan renungkan bahwa waktu adalah karunia Allah SWT yang sangat berharga. Tidak bisa diulang, disimpan dan dihentikan. 
  • Pahami dan renungkan QS Al Ashr setelah bangun tidur, selama minimal sepuluh menit, setiap hari. 
  • Evaluasi waktu yang anda gunakan dalam sejumlah kelompok, misalnya, waktu untuk keluarga, waktu untuk bekerja, dan waktu untuk pengembangan diri anda.
Berikutnya kita dapat menggunakan tiga alat manajemen waktu ini untuk mencapai tujuan kita, yaitu to do list/daftar kegiatan, prinsip pareto, dan tes kegiatan.

To do List/Daftar Kegiatan
Alat pertama ini merupakan alat yang sederhana yang dapat membantu kita untuk menyelesaikan tugas. Dua hal yang menjadi perhatian kita, jam (Kapan) dan kegiatan (apa yang dikerjakan). Kita dapat menyusunnya menjadi dua kolom seperti di bawah ini:


Jam Kegiatan
8
9
10
11
12
13
14
15
16

Untuk memudahkan, buat saja di kolom jam tersebut Jam Kerja Harian anda, misalnya jam 8 sd jam 17. Selanjutnya tulis rencana kegiatan yang akan anda kerjakan di setiap baris jam tersebut.Bila belum dapat menuliskan 'rencana' kerja anda, anda bisa melakukan analisis sederhana kegiatan anda di baris-baris jam tersebut. Misalnya saja hari ini dari jam 8 sd jam 10, anda harus ikut rapat pembahasan program kerja. Tuliskan saja, dan amati. Inilah yang nanti sebagai bahan bagi anda untuk mengevaluasi kegiatan anda berikutnya. Periode amatan terserah anda, bisa sehari, seminggu atau sebulan. Yang penting, anda nantinya bisa memastikan bahwa jam-jam kerja anda memang produktif dan bermanfaat (untuk menguatkan, bagi anda yang muslim, bisa cek dan renungkan QS Al Mulk ayat 2). 

Prinsip Pareto
Apa manfaatnya bagi anda? Manfaatnya adalah memberikan pedoman urutan kegiatan yang harus diselesaikan, memberikan rasa keberhasilan bila kegiatan dapat diselesaikan dengan baik, dan dapat menjadi dasar evaluasi kinerja kita dan atasan (bila ada :)). 



 
Prinsip PARETO
Alat kedua yang dapat digunakan dalam manajemen waktu adalah PARETO atau prinsip 20/80. Artinya, 80% total hasil yang berhasil berasal dari 20% usaha dari kegiatan inti. Jadi yang diperlukan adalah mengidentifikasi 20% kegiatan inti yang kita jadikan PRIORITAS untuk membuahkan 80% HASIL yang ingin dicapai.

Comments