Pentingnya Berbakti Kepada Orang Tua

Miris mendengar berita di televisi mengenai pengkafiran orangtua oleh para anak yang 'tersesatkan' (kasus NII). Padahal sudah jelas (jika mereka memahami) bahwa orang tua (terutama ibu) telah mengandung mereka selama sembilan bulan dan mengasuhnya hingga mereka menjadi dewasa. 


Perihal berbakti kepada orang tua, baik orang tua kandung maupun mertua (bila sudah menikah), Allah Swt menegaskan dalam Quran Surat Luqman Ayat 14: "Dan Kami perintahkan kepada manusia berbuat baik kepada kedua ibu-bapaknya. Ibu telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang ibu bapakmu. Hanya kepada-Ku lah engkau kembali".

Sahabat Abi Hurairah menerangkan, bahwa Rasulullah saw bersabda: "sungguh celaka, sungguh celaka, dan sungguh celaka orang yang menyaksikan masa tua kedua orang tuanya atau salah satu dari keduanya, sedangkan dia tidak berupaya meraih surga (dengan berbakti kepadanya)". (HR Muslim dari Abi Hurairah).

Jadi, berbakti kepada orang tua, baik orang tua kandung maupun mertua (bila sudah menikah), adalah kunci kesuksesan dalam meraih kebahagiaan dunia dan akherat. Oleh karenanya, berbakti kepada kedua orang tua harus selalu menjadi perhatian setiap muslim.

Semoga Allah swt menjaga hati dan kesadaran kita untuk senantiasa berusaha berbakti kepada kedua orang tua. Amiin.

Semoga bermanfaat.
Novan Restu

Bacaan: Buku 'Menikahlah Engkau Menjadi Kaya'

Comments

Popular posts from this blog

5 Tips Sukses Menjadi Mahasiswa Magang

Memahami Peran Human Resource dalam Organisasi

Apa itu Human Resource Business Professional (HRBP) ?