Skip to main content

Rejeki Banyu Mili

Hari ini saya tiba di Jogja. Menggunakan moda publik kereta api KAI Lodaya Malam, saya cukup terkejut karena  bisa juga KAI on time. Thank KAI. Karena datang "lebih awal", rasanya lebih baik mencari ojek daripada menunggu jemputan adik saya. 


Berjalan keluar dari stasiun Tugu Jogja, sejumlah tukang ojek menawari jasanya dengan cara yang menurut saya merasa tidak nyaman. Dengan harga yang terlalu tinggi, caranya pun tidak santun. 


Belum sampai pintu keluar, seorang tukang ojek kembali menawarkan jasanya. Yang berbeda kali ini adalah ia bersabar menunggu saya menyelesaikan aktivitas menelepon saya. Kesabarannya pun menghasilkan kesepakatan. Ia tawarkan harga dengan cara santun (dan itupun sama dengan tawaran-tawaran tukang ojek lainnya), saya tidak merespons. Ia turunkan sedikit, kemudian saya menawar sekali...dan DEAL.  


Dalam perjalanan ia pun bercerita. Bahwa ia betul-betul bersikap ingin mencari persaudaraan. Paseduluran. Sikap inilah yang ia upayakan untuk melancarkan rejekinya di hari-hari ia bekerja. Doa yang dilantunkannya adalah agar diberikan rejeki yang terus mengalir atau bahasa jawanya adalah Rejeki Banyu Mili


Prinsip utamanya adalah MELAYANI PELANGGAN. Harapannya dengan melayani pelanggan saat ini, untung sedikit tidak apa-apa, karena suatu saat nanti pelanggan yang PUAS akan gethok tular (Word of mouth) atas layanannya. 


Sesampainya di depan rumah orang tua saya, saya pun menyelesaikan transaksi dengannya. Ia sudah siap dengan alat promosinya yaitu KARTU NAMA. Sesuai dengan tagline di kartu namanya "Siap antar jemput dalam dan Luar Kota: Dijamin Nyaman Selamat Sampai Tujuan", Pak Nabil menunjukkan konsistensi tagline dengan fakta layanan. 


Dan....closingnya bagus sekali, yaitu dengan mendoakan saya, "Semoga rejeki bapak mengalir lancar (mugi2 rejekinipun bapak mbanyu mili)". Amiiin YRA. :) Maka, tak segan saya sampaikan kepada rekan-rekan: Silahkan kontak pak ojek bernama NABIL di Mobile: 0878-3999-2196 saat anda tiba di kota jogja. 


Salam, Novan Restu  


sumber gambar disini

Comments

Popular posts from this blog

Apa itu Human Resource Business Professional (HRBP) ?

Untuk mengerti lebih lanjut mengenai apa itu Human Resource Business Professional (HRBP), Anda dapat mengunjungi situs berikut: http://www.hrci.org/docs/default-source/web-files/hrbpbok-pdf.pdf?sfvrsn=0

HRBP holder diharapkan mampu mendemonstrasikan keahlian atas prinsip-prinsip Human Resources operasional dan teknikal yang dapat diterima. Ini dilakukan untuk memvalidasi pengetahuan dan keahlian human resource yang core serta mendemonstrasikan prinsip-prinsip human resource dari para profesional yang mempraktikkan human resource di luar Amerika. Ini akan meningkatkan kredibilitas profesional HR dan organisasi dimana mereka bekerja.

Dari halaman pdf tersebut, Anda dapat mempelajari body of knowledge sertifikasi HRBP. Body of knowledge HRBP ini mencakup:
1. HR Administration (22%)
2. Recruitment and Selection (22%)
3. Employee Relations and Communication (20%)
4. Compensation and Benefits (14%)
5. Training and Development (15%)
6. Health, Safety and Security (7%). 

Area Fungsi 1, yaitu HR Admini…

Memahami Peran Human Resource dalam Organisasi

[1] Apa itu Human Resource Management (HRM)?
Ada beberapa definisi yang disampaikan dalam sejumlah referensi, salah satunya dari materi pelatihan sertifikasi Human Resource Business Partner (HRBP): 

1. A strategic and consistent approach to the management of an organization’s most valued assets i.e., the people who are contributing toward the achievement of the goals of the organization.
2. Employing people, developing the resources, utilizing the human talent effectively and efficiently, and compensating the services according to the organizational requirement.
3. A business tool that provides both theoretical framework and practical tools to handle the workforce.


Mana definisi yang menurut anda paling mudah anda pahami?
Bagi saya, definisi ketiga-lah yang paling mudah saya pahami. Kata-kata kuncinya yaitu alat bisnis, teori, praktik, dan pengelolaan tenaga kerja. Saya terjemahkan menjadi: HRM adalah alat bisnis yang terdiri dari kerangka teori dan alat-alat bantu praktis untuk mengelola …

5 Tips Sukses Menjadi Mahasiswa Magang

Mahasiswa Magang. Ya, mahasiswa yang menjalani 'kerja praktik' di perusahaan tertentu merupakan para mahasiswa magang.Sejumlah mahasiswa magang sudah pernah saya temui dan saya bimbing. Salah satunya sekarang juga bekerja di TELKOM.
Ketika ada sejumlah mahasiswa magang di unit saya, dan kemudian tanggung jawab diserahkan kepada saya untuk jadi pembimbing praktik, tentu saya dengan senang hati membantu mereka mencapai tujuan magangnya.
Menjadi mahasiswa magang, dalam pandangan saya, harus punya tujuan. Tujuan itu sifatnya sangat personal, namun pada umumnya hampir-hampir sama, 11-12 lah, yaitu sukses saat kerja praktik, yang berarti nilai A atas hasil kinerjanya.
#1 Miliki Tujuan yang Jelas Sukses menjadi mahasiswa magang harus diawali dengan tujuan magang yang jelas.Jika tujuan anda 'hanya' ingin sekedar memenuhi kewajiban prasyarat kuliah, ya itulah yang akan anda dapatkan. Sayang aja sih jika itu saja tujuannya. Padahal banyak lho yang bisa didapatkan saat menjalani kerj…