Skip to main content

Human Capital Management, Apa Itu?

Human Capital 
Saat ini fokus pembelajaran saya adalah mengenai Human Capital. Menurut saya, Human Capital harus dipahami dengan benar. Mengapa? Karena bila saya gagal memahami apa itu Human Capital, maka akan lebih sulit lagi bagi saya untuk menjawab pertanyaan: Lalu apa bedanya dengan Human Resource?

Dalam pencarian saya mengenai makna Human Capital, pak Rona Wajah sudah lebih dulu membahas mengenai manajemen Human Capital. Dari membaca Buku Bradley W. Hall, The New Human Capital Strategy, pak Rona Wajah menyampaikan paparannya mengenai Human Capital Management.

Beliau sampaikan bahwa Manajemen Human Capital adalah Sebuah sistem untuk memperbaiki kinerja karyawan dan perusahaan. Cukupkah itu saja?  Jelas tidak. Masih menyimak tulisan Pak Rona Wajah, bahwa pendekatannya pun meliputi tiga bagian.

Pertama, Tempatkan modal manusia sebagai aset dan primary role yang unggul dalam menciptakan kinerja bisnis yang maksimal. Kedua, Cara perhitungan dan pengelolaan modal manusia adalah sama seperti yang dilakukan dalam pengelolaan modal finansial. Terakhir, manajer perusahaan mampu belajar dari pengalamannya untuk membuat keputusan yang lebih baik secara progresif.

So? Lalu apa? Bagaimana Human Capital dapat berperan mendekatkan para manusia kepada Tuhan-Nya dan menyadarkan bahwa mereka adalah hamba-Nya? Apa untungnya bagi perusahaan dan karyawan dengan mengadopsi Human Capital? Apakah itu berarti kesejahteraan karyawan akan semakin meningkat?

Pak Rona Wajah melanjutkan bahwa penekanan pendekatan Human Capital adalah TIADA HARI TANPA PENGEMBANGAN POTENSI  seluruh elemen manusia dalam perusahaan. Menyingkat pemaparan pak Rona Wajah, bila ukuran kesuksesa perusahaan adalah kepuasan yang tinggi dari pelanggan dan pemegang saham, maka seharusnya pelaku bisnis pun termasuk karyawan adalah orang-orang yang sukses. Jika mereka sukses maka mereka bahagia.

Lalu? Pastikah yang sukses itu bahagia? Apa definisi kesuksesan? Apa definisi kebahagiaan? Apakah bila karyawan hari ini sukses maka hari ini ia bahagia? Sederhananya, jika saya bertanya kepada karyawan, “apakah anda merasa sukses? Apa definisi sukses bagi Anda? Apakah saat ini anda sudah merasakan kesuksesan?

Tentu, masih akan ada banyak pertanyaan mengenai hal ini. Dan tugas saya untuk terus mencari dan menemukan jawabannya. Termasuk pertanyaan inti: Apakah Human Capital Management ini akan membuat saya semakin ingat dan dekat dengan Allah swt atau sebaliknya?  J

Comments

  1. Makasih Infonanya mas...
    Kami coba koment pertanyaan terakhir : Ketika Human Capital berjalan dengan maksimal di suatu perusahaan seharusnya setiap karyawan akan semakin mensyukuri apa yang dia dapat dan di kerjakan, rasa syukur dan menjalankan aktifitas dari hati dengan kesadaran itu salah satu wujud kedekatan kepada Tuhan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank Griya Foods sudah berkenan membaca dan berkomentar. Saya juga masih terus merenungkan dan berusaha mendapatkan jawaban atas pertanyaan tentang kebahagiaan, kesuksesan, dan kesyukuran karyawan. Kinerja harus unggul dan karyawan juga harus bahagia. :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Apa itu Human Resource Business Professional (HRBP) ?

Untuk mengerti lebih lanjut mengenai apa itu Human Resource Business Professional (HRBP), Anda dapat mengunjungi situs berikut: http://www.hrci.org/docs/default-source/web-files/hrbpbok-pdf.pdf?sfvrsn=0

HRBP holder diharapkan mampu mendemonstrasikan keahlian atas prinsip-prinsip Human Resources operasional dan teknikal yang dapat diterima. Ini dilakukan untuk memvalidasi pengetahuan dan keahlian human resource yang core serta mendemonstrasikan prinsip-prinsip human resource dari para profesional yang mempraktikkan human resource di luar Amerika. Ini akan meningkatkan kredibilitas profesional HR dan organisasi dimana mereka bekerja.

Dari halaman pdf tersebut, Anda dapat mempelajari body of knowledge sertifikasi HRBP. Body of knowledge HRBP ini mencakup:
1. HR Administration (22%)
2. Recruitment and Selection (22%)
3. Employee Relations and Communication (20%)
4. Compensation and Benefits (14%)
5. Training and Development (15%)
6. Health, Safety and Security (7%). 

Area Fungsi 1, yaitu HR Admini…

Memahami Peran Human Resource dalam Organisasi

[1] Apa itu Human Resource Management (HRM)?
Ada beberapa definisi yang disampaikan dalam sejumlah referensi, salah satunya dari materi pelatihan sertifikasi Human Resource Business Partner (HRBP): 

1. A strategic and consistent approach to the management of an organization’s most valued assets i.e., the people who are contributing toward the achievement of the goals of the organization.
2. Employing people, developing the resources, utilizing the human talent effectively and efficiently, and compensating the services according to the organizational requirement.
3. A business tool that provides both theoretical framework and practical tools to handle the workforce.


Mana definisi yang menurut anda paling mudah anda pahami?
Bagi saya, definisi ketiga-lah yang paling mudah saya pahami. Kata-kata kuncinya yaitu alat bisnis, teori, praktik, dan pengelolaan tenaga kerja. Saya terjemahkan menjadi: HRM adalah alat bisnis yang terdiri dari kerangka teori dan alat-alat bantu praktis untuk mengelola …

5 Tips Sukses Menjadi Mahasiswa Magang

Mahasiswa Magang. Ya, mahasiswa yang menjalani 'kerja praktik' di perusahaan tertentu merupakan para mahasiswa magang.Sejumlah mahasiswa magang sudah pernah saya temui dan saya bimbing. Salah satunya sekarang juga bekerja di TELKOM.
Ketika ada sejumlah mahasiswa magang di unit saya, dan kemudian tanggung jawab diserahkan kepada saya untuk jadi pembimbing praktik, tentu saya dengan senang hati membantu mereka mencapai tujuan magangnya.
Menjadi mahasiswa magang, dalam pandangan saya, harus punya tujuan. Tujuan itu sifatnya sangat personal, namun pada umumnya hampir-hampir sama, 11-12 lah, yaitu sukses saat kerja praktik, yang berarti nilai A atas hasil kinerjanya.
#1 Miliki Tujuan yang Jelas Sukses menjadi mahasiswa magang harus diawali dengan tujuan magang yang jelas.Jika tujuan anda 'hanya' ingin sekedar memenuhi kewajiban prasyarat kuliah, ya itulah yang akan anda dapatkan. Sayang aja sih jika itu saja tujuannya. Padahal banyak lho yang bisa didapatkan saat menjalani kerj…