Selamat Jalan, Stephen Covey

Rekan saya mengabarkan bahwa Stephen Covey meninggal dunia. Saya kemudian mengecek melalui Google dan beberapa informasi mengenai meninggalnya penulis buku 7 Habits ini pun muncul.

Sejak kelas III SMA, Stephen Covey menginspirasi saya melalui buku-bukunya. Dari 7 Habits for Highly Effective People, First Things First dan Principle-Centered Leadership menjadi koleksi pribadi saya.

Inspirasi terbesar dari buku Stephen Covey menciptakan keinginan saya untuk mempelajari lebih mendalam mengenai Manajemen. Dan inilah salah satu alasan saya memasuki Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen di Universitas Gadjah Mada.

7 Kebiasaan yang Efektif memberikan pedoman bagi kita untuk bertindak secara efektif baik dari sisi personal maupun sosial. Kebiasaan pertama menjadi proaktif merupakan kebiasaan yang penting untuk menjadi orang-orang berprestasi gemilang. Ini juga menjadi bekal saya untuk menyelesaikan studi S2 saya lebih cepat.  Kata-kata mengasah gergaji menjadi begitu populer dalam penggunaan pembiasaan kebiasaan-kebiasaan yang efektif tersebut.

First Things First, buku yang memberikan panduan apa yang mesti kita dahulukan. Sejumlah panduan membaca buku ini akan memudahkan kita menyelesaikan masalah yang mungkin perlu kita selesaikan segera. Bila sudah memiliki visi, lalu apa yang kita perlu lakukan? Silahkan Anda lihat halaman petunjuk penggunaan yang disarankan dalam buku ini.

Terakhir, PCL atau Principle-Centered Leadership, mengemukakan kepemimpinan yang berpusat pada Prinsip-prinsip yang sejati. Prinsip-prinsip yang tidak tergantikan dari waktu ke waktu, seperti kejujuran, komitmen, keselarasan, dan kesetaraan merupakan hal-hal yang penting untuk  dimiliki oleh pemimpin.

Terima kasih Pak Covey, banyak ilmu yang saya dapatkan dari buku-buku yang bapak tulis. 


@MasNovanJogja

Comments