Empat Organisasi Internasional Pengelolaan Karir


freedigitalphotos.net
Karir merupakan topik yang menarik untuk dibahas dan dipelajari dari waktu ke waktu. Betapa para pekerja menginginkan kejelasan atas karir yang didakinya dari perusahaan dimana ia bekerja sehingga lahirlah jalur karir (career path).

Dengan mempertimbangkan adanya keamanan finansial dan keamanan emosional pekerja, perusahaan perlu melatih para pekerja lainnya yang berperan sebagai coach dan mentor untuk memiliki kemampuan konseling karir diantaranya:
  1. kemampuan untuk menempa dan menjaga hubungan baik,
  2. kemampuan untuk menempa dan menjaga komitmen,
  3. ketrampilan menetapkan tujuan, dan
  4. ketrampilan fleksibilitas untuk merespons perubahan.

Sejumlah organisasi yang berfokus pada pengelolaan karir antara lain: 
Pertama, the British Association for Counselling and Psychotherapy (BACP), merupakan organisasi yang bergerak di bidang praktik-praktik terapi dan menyediakan informasi bagi therapists, klien terapi dan masyarakat umum. BACP juga menerbitkan jurnal online mengenai terapi. Selain itu, BACP juga mendorong orang termasuk pekerja untuk menyuarakan keluhannnya untuk kehidupan yang lebih baik melalui situs it’s good to talk.

 Kedua, the International Coaching Federation (ICF), merupakan organisasi non-profit yang didirikan oleh anggota-anggotanya yang mempraktekkan coaching baik berupa executive coaches, leadership coaches, life coaches, dan banyak lagi dari seluruh penjuru dunia. ICF didirikan tahun 1995 dan memiliki 18 ribu anggota serta berusaha menyediakan sertifikasi coach yang handal dengan standar profesionalisme yang tinggi.

Ketiga, the Chartered Institute of Personnel and Development (CIPD) mengklaim bahwa saat ini sebagai organisasi pengelolaan dan pengembangan pekerja secara profesional terbesar dengan anggota sebanyak 135 ribu di 120 negara. Salah satu bantuan yang disediakan CIPD adalah membantu organisasi-organisasi untuk membangun HR and leadership capability. Model kerja yang digunakan untuk membangun hal tersebut adalah CIPD HR Profession Map yang terdiri dari empat Band kompetensi profesional.

Keempat, the Institute of Career Guidance (ICG), merupakan asosiasi profesional terbesar di Inggris bagi mereka para praktisi yang berminat mengenai career guidance. Career Guidance berarti pelayanan dan aktivitas yang ditujukan untuk membantu seseorang di usia berapapun dan di titik kehidupan manapun, untuk memudahkan mereka mengelola karirnya melalui pilihan pendidikan, pekerjaan dan pelatihan yang sesuai dengan dirinya.

Semoga bermanfaat, @MasNovanJogja 

Inspirasi: 
Konseling Karir (terjemahan), Robert Nathan & Linda Hall, Cetakan I 2012, Pustaka Pelajar

Comments