Merenungkan Tujuan Hidup


Dalam kondisi sibuk biasanya kita tidak begitu memikirkan makna tentang apa-apa saja yang sedang kita lakukan. Kondisi tersebut tercipta karena kita sedang dalam  kondisi tingkat kesadaran diri yang rendah. 

Namun ketika kondisi kita sedang luang, ada waktu untuk merenungkan apa-apa saja yang telah, sedang dan akan kita lakukan, maka muncullah  sejumlah pertanyaan-pertanyaan. Salah satu pertanyaan yang dapat saja muncul untuk menguji kepahaman kita adalah “Apa tujuan hidup Anda?”

Sebagai manusia kita tentu wajib mengetahui apa tujuan hidup kita. Mengapa? Masalah, keinginan, dan sejumlah kesalahan yang kita perbuat mendorong kita untuk menemukan tujuan hidup. "Apa tujuan hidupku? Apakah aku sudah berusaha mencarinya?" 

Menurut apa yang saya baca di Al Quran, ada tiga tujuan hidup manusia. Pertama, hidup adalah untuk beribadah. “Dan tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia kecuali agar mereka beribadah kepada-Ku.” (QS. Adz –Dzariyat: 56).

Kedua, hidup adalah untuk melaksanakan ujian-ujiannya. “Yang menciptakan mati dan hidup, untuk menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Mahaperkasa, Maha Pengampun.” (QS Al Mulk:2)

Dan ketiga, hidup adalah untuk menyiapkan bekal untuk kehidupan yang abadi di akhirat. “Wahai kaumku! Sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah kesenangan (sementara) dan sesungguhnya akhirat itulah negeri yang kekal.” (QS Al. Mukmin:39)

Demikianlah tiga tujuan hidup manusia. Renungan dan pemahaman akan tiga tujuan hidup tersebut akan mendorong kita sebagai manusia untuk menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Termasuk berusaha untuk mewariskan hal-hal yang bernilai bagi generasi-generasi berikutnya. 

Salam, @MasNovanJogja

Comments

Popular posts from this blog

5 Tips Sukses Menjadi Mahasiswa Magang

Memahami Peran Human Resource dalam Organisasi

Apa itu Human Resource Business Professional (HRBP) ?