Skip to main content

Ricardo Semler: Empower through Less Control, Freedom, & Democracy

Mari kita lanjutkan. Halaman 385: “Yang berperan dalam kesuksesan Semco: kontrol minimal, kebebasan, dan demokrasi. Saya berperan pada mekanisme dan bukan pada hasil akhir.”

Peran besar RicardoSemler dalam membesarkan Semco tidak dapat dipungkiri. Keberadaannya di setiap unit-unit bisnisnya memang bisa jadi memunculkan kenyamanan bagi manajemen. Ketika terdapat sejumlah pertanyaan, maka kecenderungannya adalah manajemen akan menanyakannya kepada Semler. Hal ini tidak terlalu diinginkan oleh Semler karena mereka harus berkembang dan menemukan kepemimpinannya

Di halaman 386, Semler menyatakan, “Setiap kali saya menemukan diri saya bertanggung jawab atas sesuatu di perusahaan, saya bekerja keras untuk melepaskan tanggung jawab itu.

Saya membacanya demikian: Ketika sebuah unit bisnis dinilai mampu untuk menentukan perjalanannya sendiri, maka Semler segera melakukan pemberdayaan melalui kontrol minimal, kebebasan, dan demokrasi. Pandangan Semler mengenai executive involvelment sejalan dengan pemikiran Jack Welch, maestro di General Electrics. Kurangi kontrol, maka anda akan memberdayakan kepemimpinan lainnya.

Inspirasi berikutnya di halaman 387 disampaikan oleh Ricardo Semler: “Berpikir bahwa Anda dapat melakukan sesuatu dengan lebih baik daripada orang lain adalah sikap yang tidak bertanggung jawab.”  

Semler menegaskan bahwa tidak benar dan tidak baik bila keberadaan seorang pemimpin yang kemudian membuat para pengikutnya bergantung padanya hingga akhirnya kehilangan pedoman dan keberlanjutan korporasi tatkala pemimpin tersebut tidak ada.

Inilah pentingnya pemberdayaan, pengembangan kapabilitas, dan menghargai manusia sebagai manusia. Membangun potential leaders dengan cara yang manusiawi dan cara pandang yang sesuai dengan generasinya atau setidaknya memberikan proses akulturasi antara generasi. Tidak mudah, namun sebaiknya harus dirumuskan pendekatannya sehingga korporasi tidak kehilangan talent-talent terbaiknya akibat tekanan budaya yang melunturkan kekuatan mereka. 

Kita lanjutkan lain waktu. J  

Comments

Popular posts from this blog

Apa itu Human Resource Business Professional (HRBP) ?

Untuk mengerti lebih lanjut mengenai apa itu Human Resource Business Professional (HRBP), Anda dapat mengunjungi situs berikut: http://www.hrci.org/docs/default-source/web-files/hrbpbok-pdf.pdf?sfvrsn=0

HRBP holder diharapkan mampu mendemonstrasikan keahlian atas prinsip-prinsip Human Resources operasional dan teknikal yang dapat diterima. Ini dilakukan untuk memvalidasi pengetahuan dan keahlian human resource yang core serta mendemonstrasikan prinsip-prinsip human resource dari para profesional yang mempraktikkan human resource di luar Amerika. Ini akan meningkatkan kredibilitas profesional HR dan organisasi dimana mereka bekerja.

Dari halaman pdf tersebut, Anda dapat mempelajari body of knowledge sertifikasi HRBP. Body of knowledge HRBP ini mencakup:
1. HR Administration (22%)
2. Recruitment and Selection (22%)
3. Employee Relations and Communication (20%)
4. Compensation and Benefits (14%)
5. Training and Development (15%)
6. Health, Safety and Security (7%). 

Area Fungsi 1, yaitu HR Admini…

Memahami Peran Human Resource dalam Organisasi

[1] Apa itu Human Resource Management (HRM)?
Ada beberapa definisi yang disampaikan dalam sejumlah referensi, salah satunya dari materi pelatihan sertifikasi Human Resource Business Partner (HRBP): 

1. A strategic and consistent approach to the management of an organization’s most valued assets i.e., the people who are contributing toward the achievement of the goals of the organization.
2. Employing people, developing the resources, utilizing the human talent effectively and efficiently, and compensating the services according to the organizational requirement.
3. A business tool that provides both theoretical framework and practical tools to handle the workforce.


Mana definisi yang menurut anda paling mudah anda pahami?
Bagi saya, definisi ketiga-lah yang paling mudah saya pahami. Kata-kata kuncinya yaitu alat bisnis, teori, praktik, dan pengelolaan tenaga kerja. Saya terjemahkan menjadi: HRM adalah alat bisnis yang terdiri dari kerangka teori dan alat-alat bantu praktis untuk mengelola …

5 Tips Sukses Menjadi Mahasiswa Magang

Mahasiswa Magang. Ya, mahasiswa yang menjalani 'kerja praktik' di perusahaan tertentu merupakan para mahasiswa magang.Sejumlah mahasiswa magang sudah pernah saya temui dan saya bimbing. Salah satunya sekarang juga bekerja di TELKOM.
Ketika ada sejumlah mahasiswa magang di unit saya, dan kemudian tanggung jawab diserahkan kepada saya untuk jadi pembimbing praktik, tentu saya dengan senang hati membantu mereka mencapai tujuan magangnya.
Menjadi mahasiswa magang, dalam pandangan saya, harus punya tujuan. Tujuan itu sifatnya sangat personal, namun pada umumnya hampir-hampir sama, 11-12 lah, yaitu sukses saat kerja praktik, yang berarti nilai A atas hasil kinerjanya.
#1 Miliki Tujuan yang Jelas Sukses menjadi mahasiswa magang harus diawali dengan tujuan magang yang jelas.Jika tujuan anda 'hanya' ingin sekedar memenuhi kewajiban prasyarat kuliah, ya itulah yang akan anda dapatkan. Sayang aja sih jika itu saja tujuannya. Padahal banyak lho yang bisa didapatkan saat menjalani kerj…