Ricardo Semler: Empower through Less Control, Freedom, & Democracy

Mari kita lanjutkan. Halaman 385: “Yang berperan dalam kesuksesan Semco: kontrol minimal, kebebasan, dan demokrasi. Saya berperan pada mekanisme dan bukan pada hasil akhir.”

Peran besar RicardoSemler dalam membesarkan Semco tidak dapat dipungkiri. Keberadaannya di setiap unit-unit bisnisnya memang bisa jadi memunculkan kenyamanan bagi manajemen. Ketika terdapat sejumlah pertanyaan, maka kecenderungannya adalah manajemen akan menanyakannya kepada Semler. Hal ini tidak terlalu diinginkan oleh Semler karena mereka harus berkembang dan menemukan kepemimpinannya

Di halaman 386, Semler menyatakan, “Setiap kali saya menemukan diri saya bertanggung jawab atas sesuatu di perusahaan, saya bekerja keras untuk melepaskan tanggung jawab itu.

Saya membacanya demikian: Ketika sebuah unit bisnis dinilai mampu untuk menentukan perjalanannya sendiri, maka Semler segera melakukan pemberdayaan melalui kontrol minimal, kebebasan, dan demokrasi. Pandangan Semler mengenai executive involvelment sejalan dengan pemikiran Jack Welch, maestro di General Electrics. Kurangi kontrol, maka anda akan memberdayakan kepemimpinan lainnya.

Inspirasi berikutnya di halaman 387 disampaikan oleh Ricardo Semler: “Berpikir bahwa Anda dapat melakukan sesuatu dengan lebih baik daripada orang lain adalah sikap yang tidak bertanggung jawab.”  

Semler menegaskan bahwa tidak benar dan tidak baik bila keberadaan seorang pemimpin yang kemudian membuat para pengikutnya bergantung padanya hingga akhirnya kehilangan pedoman dan keberlanjutan korporasi tatkala pemimpin tersebut tidak ada.

Inilah pentingnya pemberdayaan, pengembangan kapabilitas, dan menghargai manusia sebagai manusia. Membangun potential leaders dengan cara yang manusiawi dan cara pandang yang sesuai dengan generasinya atau setidaknya memberikan proses akulturasi antara generasi. Tidak mudah, namun sebaiknya harus dirumuskan pendekatannya sehingga korporasi tidak kehilangan talent-talent terbaiknya akibat tekanan budaya yang melunturkan kekuatan mereka. 

Kita lanjutkan lain waktu. J  

Comments

Popular posts from this blog

5 Tips Sukses Menjadi Mahasiswa Magang

Memahami Peran Human Resource dalam Organisasi

Apa itu Human Resource Business Professional (HRBP) ?