Ricardo Semler: Informasi Harus Disebarluaskan!

Saya sudah membaca hingga halaman 216 buku Revolusi Bisnis Abad ke-21 tulisan Ricardo Semler ini. Banyak catatan penting dan ide-ide revolutif dari Ricardo Semler. Ia menyampaikan juga mengenai kendali.

“Menghentikan kontrol juga berarti melepaskan hak-hak eksklusif atas informasi. Hak istimewa atas informasi adalah sumber kekuatan yang berbahaya dalam semua organisasi. Informasi yang dimiliki seseorang dan tidak dimiliki orang lain bisa jadi sangat penting dan bisa memberi mereka kendali.

Apa solusi yang disampaikan Ricardo Semler? Untuk menghapus penimbunan informasi (ternyata bukan hanya sembako dan BBM yang bisa ditimbun :D) dan kekuasaan yang tidak sah, informasi harus disebarluaskan.”

Bayangkan, informasi disebarluaskan! Apa yang akan terjadi dengan organisasi ketika tidak ada informasi yang hanya dipegang oleh sebagian anggota organisasi lainnya? Akankah kondisi perusahaan menjadi lebih unggul dibandingkan perusahaan kompetitornya? Bagaimana bila terjadi kebocoran informasi? Saya tidak bisa membayangkannya!

Inilah pernyataan Ricardo Semler seakan menjawab keraguan saya.

“...kami memulai setiap pertemuan-baru seolah-olah tidak ada pertemuan sebelumnya dan kami terus menerus mengkaji ulang segalanya. Presentasi dua pekan lalu bisa menjadi basi seperti surat kabar bulan lalu.

Apa pun yang terjadi, semua rencana kami terbatas hanya sampai enam bulan ke depan. Kami dengan sengaja membuatnya demikian karena orang berasumsi bahwa jika informasi itu benar, rencana pun harus benar.”

Comments

Popular posts from this blog

5 Tips Sukses Menjadi Mahasiswa Magang

Memahami Peran Human Resource dalam Organisasi

Apa itu Human Resource Business Professional (HRBP) ?