Sense of Language



Sense of Language
Selesai pre-departure training, saya bergegas pulang setelah memastikan bahwa hujan sore sudah reda. Dalam perjalanan menuju ke tempat parkir, saya berpapasan dengan senior saya. Beliau bertanya, “Novan, apa yang anda dapatkan dari pelatihan ini?”

Segera saya menyampaikan bahwa hari ini masukan tersebut telah saya sampaikan kepada fasilitator. Beliau tersenyum dan kemudian mengoreksi tindakan saya. “Lho, ya disampaikan ke saya apa manfaat yang kamu peroleh.”

Saya sadar bahwa saya salah dalam menyampaikan jawaban tersebut. Kemudian saya pun memaparkan manfaat yang saya peroleh dalam pelatihan tersebut:

1.       Saya mendapatkan informasi  bahwa saya harus memastikan kejelasan mengenai tugas apa yang akan saya kerjakan dan tugas tersebut harus disepakati dengan baik sehingga apa yang akan saya pelajari di perusahaan host country dapat diperoleh dengan efektif dan efisien.

2.       Saya mendapatkan informasti mengenai hal-hal apa saja yang wajib diselesaikan di home country sebelum menuju ke host country.

3.       Saya mendapatkan informasi mengenai hal-hal sederhana yang harus diperhatikan dalam berkomunikasi dengan local people namun dapat berakibat fatal bila kita mengabaikannya

4.       dan lain sebagainya.

Beliau pun menyambung, “Nah itu Novan yang seharusnya kamu jawab”. Kami lanjutkan percakapan singkat itu hingga beliau pun bercerita mengenai pengalamannya dalam berkomunikasi dengan foreigners dan local people.

Apa yang beliau sampaikan tersebut saya sebut sebagai technical skill dalam berkomunikasi.  Beliau bergegas mengoreksi, “Ya, dalam pemahamanmu itu disebut sebagai technical skills. Namun menurut saya, itulah yang disebut dengan sense of language,  kamu berkomunikasi dengan mengintegrasikan antara hati dan pikiranmu”. 

Sense of Language


Salam, @MasNovanJogja

Comments

Popular posts from this blog

5 Tips Sukses Menjadi Mahasiswa Magang

Memahami Peran Human Resource dalam Organisasi

Apa itu Human Resource Business Professional (HRBP) ?