Skip to main content

Buku The Leader in Me (Indonesia)

The Leader in Me 
Pemesanan
Bila anda memerlukannya, buku The Leader in Me seharga Rp74.000,00 ini dapat anda pesan langsung melalui SMS/WA
 di 0852-286-17476

dengan format: Pesan (spasi) Buku The Leader in Me (spasi) kirim ke (spasi) Nama (spasi) alamat lengkap beserta nama kecamatan (spasi) transfer via BCA/BNI/Mandiri* (silahkan pilih salah satu) 


*****


Buku The Leader in Me ditulis Stephen R. Covey (alm) berkisah mengenai keberhasilan beberapa sekolah dan para pendidik dalam menggali potensi terbesar setiap anak. Buku  ini merupakan terjemahan dari karya aslinya “The Leader in Me”.


Di bab pertama buku The Leader in Me yaitu “Terlalu Bagus untuk Menjadi Kenyataan?” Covey menuturkan kekagumannya pada AB Combs Elementary School di Raleigh, North Carolina yang mengajarkan prinsip-prinsip dasar kepemimpinan kepada siswa muda berusia lima tahun berupa:
  • Ketrampilan membuat pilihan yang tepat
  • Ketrampilan bergaul, dan
  • Ketrampilan mengelola waktu dengan baik.
Dari pengajaran tersebut, ada banyak hasil yang mereka capai diantaranya:
  • Prestasi siswa yang meningkat
  • Rasa percaya diri yang meningkat secara signifikan
  • Budaya sekolah yang semakin membaik dan hasil lainnya (The Leader in Me, halaman 5)

Kutipan menarik yang menarik pemikiran saya adalah “Masalah dan tantangan akan selalu ada, tapi ke arah manapun Anda menatap, kesempatan untuk maju dan membuat perbedaan ada dimana-mana.” (The Leader in Me, halaman 8).


Catatan Covey di halaman 10 nampaknya mendukung banyak catatan Ippho Right Santosa mengenai unggulnya para Otak Kanan. Covey menuliskan:

“Para individu yang muncul sebagai “pemenang” baru di abad-21 adalah mereka  yang memiliki KREATIVITAS di atas rata-rata, ketrampilan ANALITIS yang kuat, ketrampilan MELIHAT ke depan, dan ketrampilan BERGAUL. Ini adalah dominasi para Otak Kanan.

Di bab-bab selanjutnya dalam buku The Leader in Me yaitu
  • Bab 2-5, Covey akan berfokus pada apa yang ada di AB Combs.
  • Bab 6, ia akan banyak memberikan contoh tentang apa yang dilakukan di sekolah lain.
  • Bab 7 berisi tinjauan singkat di beberapa SMP dan SMA mengenai praktik “The Leader in Me”
  • Bab 8-9 Covey akan menyampaikan mengenai kerangka dan wawasan untuk dipikirkan setiap sekolah atau wilayah saat mempertimbangkan penerapan pendekatan kepemimpinan.
  • Bab 10, berupa beberapa pemikiran tentang cara menerapkan prinsip ini di rumah.
Buku The Leader in Me menjadi buku pilihan bacaan saya minggu ini. Smoga bisa selesai tepat waktu ya :)  

Comments

  1. jika saya mau beli buku 8 habits yang sudah dalam bahasa indonesia ada gak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seingat saya ada dan banyak dijual di toko buku :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Apa itu Human Resource Business Professional (HRBP) ?

Untuk mengerti lebih lanjut mengenai apa itu Human Resource Business Professional (HRBP), Anda dapat mengunjungi situs berikut: http://www.hrci.org/docs/default-source/web-files/hrbpbok-pdf.pdf?sfvrsn=0

HRBP holder diharapkan mampu mendemonstrasikan keahlian atas prinsip-prinsip Human Resources operasional dan teknikal yang dapat diterima. Ini dilakukan untuk memvalidasi pengetahuan dan keahlian human resource yang core serta mendemonstrasikan prinsip-prinsip human resource dari para profesional yang mempraktikkan human resource di luar Amerika. Ini akan meningkatkan kredibilitas profesional HR dan organisasi dimana mereka bekerja.

Dari halaman pdf tersebut, Anda dapat mempelajari body of knowledge sertifikasi HRBP. Body of knowledge HRBP ini mencakup:
1. HR Administration (22%)
2. Recruitment and Selection (22%)
3. Employee Relations and Communication (20%)
4. Compensation and Benefits (14%)
5. Training and Development (15%)
6. Health, Safety and Security (7%). 

Area Fungsi 1, yaitu HR Admini…

Memahami Peran Human Resource dalam Organisasi

[1] Apa itu Human Resource Management (HRM)?
Ada beberapa definisi yang disampaikan dalam sejumlah referensi, salah satunya dari materi pelatihan sertifikasi Human Resource Business Partner (HRBP): 

1. A strategic and consistent approach to the management of an organization’s most valued assets i.e., the people who are contributing toward the achievement of the goals of the organization.
2. Employing people, developing the resources, utilizing the human talent effectively and efficiently, and compensating the services according to the organizational requirement.
3. A business tool that provides both theoretical framework and practical tools to handle the workforce.


Mana definisi yang menurut anda paling mudah anda pahami?
Bagi saya, definisi ketiga-lah yang paling mudah saya pahami. Kata-kata kuncinya yaitu alat bisnis, teori, praktik, dan pengelolaan tenaga kerja. Saya terjemahkan menjadi: HRM adalah alat bisnis yang terdiri dari kerangka teori dan alat-alat bantu praktis untuk mengelola …

5 Tips Sukses Menjadi Mahasiswa Magang

Mahasiswa Magang. Ya, mahasiswa yang menjalani 'kerja praktik' di perusahaan tertentu merupakan para mahasiswa magang.Sejumlah mahasiswa magang sudah pernah saya temui dan saya bimbing. Salah satunya sekarang juga bekerja di TELKOM.
Ketika ada sejumlah mahasiswa magang di unit saya, dan kemudian tanggung jawab diserahkan kepada saya untuk jadi pembimbing praktik, tentu saya dengan senang hati membantu mereka mencapai tujuan magangnya.
Menjadi mahasiswa magang, dalam pandangan saya, harus punya tujuan. Tujuan itu sifatnya sangat personal, namun pada umumnya hampir-hampir sama, 11-12 lah, yaitu sukses saat kerja praktik, yang berarti nilai A atas hasil kinerjanya.
#1 Miliki Tujuan yang Jelas Sukses menjadi mahasiswa magang harus diawali dengan tujuan magang yang jelas.Jika tujuan anda 'hanya' ingin sekedar memenuhi kewajiban prasyarat kuliah, ya itulah yang akan anda dapatkan. Sayang aja sih jika itu saja tujuannya. Padahal banyak lho yang bisa didapatkan saat menjalani kerj…