Skip to main content

Dimana Letak Keistimewaan Shalat Dhuha?


Saya lanjutkan catatan bacaan saya dari buku The Ultimate Power of Shalat Dhuha. Dalam tulisan sebelumnya disampaikan tiga hadits mengenai shalat dhuha.

Shalat dhuha merupakan salah satu amalan yang disukai Rasulullah saw beserta para sahabatnya, sebagaimana anjuran beliau yang disampaikan oleh Abu Hurairah: 

“Kekasihku Rasulullah saw telah berwasiat kepadaku dengan puasa tiga hari tiap bulan, dua rakaat dhuha, dan witir sebelum tidur.” (HR Bukhari, Muslim, dan Abu Daud).

Para ulama juga sangat menjaga shalat dhuha nya, sebagaimana yang dikatakan oleh Imam Syafi’i: “Tidak ada alasan bagi seorang mukmin untuk tidak melakukan shalat dhuha.”

Aisyah ra berkata, “Jika Rasulullah saw meninggalkan suatu amalan yang beliau suka mengamalkannya, hal itu karena beliau khawatir orang-orang menganggapnya sesuatu yang diwajibkan. Dan tidak sekalipun Rasulullah saw melaksanakan shalat sunah dhuha, kecuali aku pun melakukannya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dalam hadits lain yang senada juga dikabarkan bagaimana Aisyah meneladani ketekunan Rasulullah saw dalam melakukan shalat dhuha. 

“Aisyah ra berkata, “Setiap kali aku melihat Rasulullah saw melaksanakan shalat dhuha, aku pun pasti melaksanakannya.” (HR Bukhari). 

Imam Attirmizy meriwayatkan sebuah hadits qudsi dari Abu Darda dan Abu Zarr ra: dari Rasulullah saw berkata, dari Allah Azza wa Jalla berfirman:
“Wahai anak Adam, rukuklah (shalatlah) untuk-Ku pada awal siang dengan empat rakaat, maka Aku akan mencukupimu di akhir siang itu.”

Di halaman 26 buku The Ultimate Power of Shalat Dhuha diajukan pertanyaan berikut:
Di mana letak keistimewaan shalat dhuha sehingga Rasulullah saw dan para sahabatnya sangat senang mengerjakannya? 

Inilah jawaban yang disampaikan penulis, Ustad  Zezen, yang menurut saya menjawab pertanyaan dari rekan saya mengenai manfaat shalat dhuha

“Setiap amalan dalam syariat Islam tidak pernah lepas dari hikmah yang terkandung di dalamnya. Namun, tersingkapnya hikmah suatu amalan akan bergantung pada kemampuan manusia itu sendiri. Bisa jadi hikmah suatu amalan itu beragam karena kemampuan kita dalam menyingkap hikmah yang terdapat dalam amalan tersebut tidak sama. 

Perlu diingat, hikmah dari suatu amalan yang dikerjakan itu datangnya tidak bisa kita tentukan. Bisa saja lebih cepat dari perkiraan kita, atau sebaliknya, datangnya sangat lambat sehingga membuat prasangka buruk dalam hati kita. Semua ketentuan ada di tangan-Nya. Kehendak Allah di luar kehendak manusia. Tetaplah bersangka baik kepada-Nya dan mengerjakan apa yang telah Allah kerjakan”. 

“Telah pasti datangnya ketetapan Allah, maka janganlah kamu meminta agar disegerakannya. Mahasuci Allah dan Mahatinggi dari apa yang mereka persekutukan” (QS An Nahl:1)

Catatan ini belum selesai dan akan dilanjutkan lain waktu. :)

Salam,@MasNovanJogja 

Related Notes:
- Membiasakan Shalat Dhuha
- Buku The Ultimate Power of Shalat Dhuha


Comments

Popular posts from this blog

Apa itu Human Resource Business Professional (HRBP) ?

Untuk mengerti lebih lanjut mengenai apa itu Human Resource Business Professional (HRBP), Anda dapat mengunjungi situs berikut: http://www.hrci.org/docs/default-source/web-files/hrbpbok-pdf.pdf?sfvrsn=0

HRBP holder diharapkan mampu mendemonstrasikan keahlian atas prinsip-prinsip Human Resources operasional dan teknikal yang dapat diterima. Ini dilakukan untuk memvalidasi pengetahuan dan keahlian human resource yang core serta mendemonstrasikan prinsip-prinsip human resource dari para profesional yang mempraktikkan human resource di luar Amerika. Ini akan meningkatkan kredibilitas profesional HR dan organisasi dimana mereka bekerja.

Dari halaman pdf tersebut, Anda dapat mempelajari body of knowledge sertifikasi HRBP. Body of knowledge HRBP ini mencakup:
1. HR Administration (22%)
2. Recruitment and Selection (22%)
3. Employee Relations and Communication (20%)
4. Compensation and Benefits (14%)
5. Training and Development (15%)
6. Health, Safety and Security (7%). 

Area Fungsi 1, yaitu HR Admini…

Memahami Peran Human Resource dalam Organisasi

[1] Apa itu Human Resource Management (HRM)?
Ada beberapa definisi yang disampaikan dalam sejumlah referensi, salah satunya dari materi pelatihan sertifikasi Human Resource Business Partner (HRBP): 

1. A strategic and consistent approach to the management of an organization’s most valued assets i.e., the people who are contributing toward the achievement of the goals of the organization.
2. Employing people, developing the resources, utilizing the human talent effectively and efficiently, and compensating the services according to the organizational requirement.
3. A business tool that provides both theoretical framework and practical tools to handle the workforce.


Mana definisi yang menurut anda paling mudah anda pahami?
Bagi saya, definisi ketiga-lah yang paling mudah saya pahami. Kata-kata kuncinya yaitu alat bisnis, teori, praktik, dan pengelolaan tenaga kerja. Saya terjemahkan menjadi: HRM adalah alat bisnis yang terdiri dari kerangka teori dan alat-alat bantu praktis untuk mengelola …

5 Tips Sukses Menjadi Mahasiswa Magang

Mahasiswa Magang. Ya, mahasiswa yang menjalani 'kerja praktik' di perusahaan tertentu merupakan para mahasiswa magang.Sejumlah mahasiswa magang sudah pernah saya temui dan saya bimbing. Salah satunya sekarang juga bekerja di TELKOM.
Ketika ada sejumlah mahasiswa magang di unit saya, dan kemudian tanggung jawab diserahkan kepada saya untuk jadi pembimbing praktik, tentu saya dengan senang hati membantu mereka mencapai tujuan magangnya.
Menjadi mahasiswa magang, dalam pandangan saya, harus punya tujuan. Tujuan itu sifatnya sangat personal, namun pada umumnya hampir-hampir sama, 11-12 lah, yaitu sukses saat kerja praktik, yang berarti nilai A atas hasil kinerjanya.
#1 Miliki Tujuan yang Jelas Sukses menjadi mahasiswa magang harus diawali dengan tujuan magang yang jelas.Jika tujuan anda 'hanya' ingin sekedar memenuhi kewajiban prasyarat kuliah, ya itulah yang akan anda dapatkan. Sayang aja sih jika itu saja tujuannya. Padahal banyak lho yang bisa didapatkan saat menjalani kerj…