Membiasakan Shalat Dhuha

Rasulullah saw berkata, Allah berfirman, “Wahai anak Adam, janganlah sekali-kali kamu malas melakukan shalat empat rakaat pada pagi hari (shalat dhuha), karena akan Kucukupi kebutuhanmu hingga sore hari.” (HR Abu Daud).

“Barangsiapa yang masih berdiam diri di masjid atau tempat shalatnya setelah shalat shubuh karena melakukan i’tikaf, berzikir, dan melakukan dua rakaat shalat dhuha disertai tidak berkata sesuatu kecuali kebaikan, maka dosa-dosanya akan diampuni meskipun banyaknya melebihi buih di lautan.” (HR Abu Daud).

“Shalat dhuha itu (shalatul awwabin) shalat orang yang kembali kepada Allah, setelah orang-orang mulai lupa dan sibuk bekerja, yaitu pada waktu anak-anak unta bangun karena mulai panas tempat berbaringnya.” (HR Muslim).

Tips:
Untuk membiasakan melaksanakan shalat dhuha, anda bisa melakukannya dua rakaat setiap hari selama 21 hari. Pantau dan usahakan jangan terputus. Pilihlah bacaan yang pendek, lalu mulailah dengan segera. Tentunya, diawali dengan berwudhu dan pada waktu dhuha. :) 

Salam, @MasNovanJogja

Comments