Khutbah Jumat: Allah Maha Tahu


Berikut ringkasan #khutbahjumat pada Jumat 25 Januari 2013 yang disampaikan khatib di masjid japati @TelkomIndonesia Bandung.


  1. Apa yg kita lakukan di dunia akan diminta pertanggungjawabannya di akhirat. Dalil yang disampaikan khatib: QS Az Zalzalah 7-8.
  2. Sadari bahwa kematian itu akan dan pasti terjadi. Perhatikan tanda-tandanya di sekitar anda. Lihat generasi-generasi sebelum anda. masih ada?
  3. Di akhirat hanya ada dua golongan, penghuni surga dan penghuni neraka. Maka, jadilah cerdas dengan berusaha menjadi penghuni surga.
  4. Disampaikan khatib: Malaikat bertanya pada penghuni neraka, berapa lama hidup di dunia? Jawabnya: Sebentar, tak lebih dari 1/2 hari rasanya.
  5. Ada dua kisah yang disampaikan oleh khatib.  Yang pertama tentang pemuda yang ingin bertobat namun terus mengulang perbuatannya.
  6. Ditemuinya ulama. Ulamapun berpesan pada pemuda. Sayangnya di bagian ini saya tidak mencatatnya :(
  7. Kisah kedua tentang pemuda yg ingin berzina dengan wanita solehah. Wanita itu mau namun ia ingatkan si pemuda bahwa Allah Maha Tahu.
  8. Khatib ingatkan apa yg kita lakukan di dunia akan tampak jelas di pengadilan Allah. Cek QS Yasin:65.
  9. Tangan dan kaki akan bersaksi di pengadilan akhirat. Jadi bila bermaksiat, tinggalkan tangan dan kaki anda! begitu khatib sampaikan. 

Semoga bermanfaat, @MasNovanJogja

Comments