Inilah 4 Alasan Mengapa Bahasa Inggris itu Penting


Inilah pertanyaan dari rekan saya ketika saya sampaikan bahasa inggris itu penting ketika suatu organisasi berkomitmen untuk berkompetisi global. 

Ada Empat alasan yang menjadi dasar kepentingannya:

1. Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional. Dengan demikian, ketika personil organisasi tersebut dapat berkomunikasi, berbahasa inggris dengan baik dan benar, maka peluang organisasi tersebut untuk memahami persoalan dan menyampaikan solusi kepada klien globalnya akan lebih besar. 

2. Dokumen-dokumen, literatur, dan aturan-aturan bisnis maupun teknis di dunia internasional menggunakan bahasa inggris. Dengan memahami bahasa inggris dengan baik dan benar, maka kemungkinan untuk memahami aturan-aturan bisnis yang tertulis itu akan lebih mudah. 

3. Ragam bahasa inggris pun banyak. Bahasa inggris yang digunakan di setiap negara mungkin akan dipengaruhi oleh dialek lokal atau nasionalnya. Anda pernah mendengar bahasa inggris china, bahasa inggris malaysia, inggris amerika, inggris inggris, dan jenis-jenis lainnya. Setidaknya dengan anda mengerti bahasa inggris, maka ketika anda kesulitan berkomunikasi dengan varian inggris lainnya maka anda akan mudah untuk menyampaikan melalui media tulis. 

4. Kemahiran itu harus disengaja dan diciptakan. Yang terakhir, bila organisasi anda berkomitmen untuk berkompetisi global, namun yang sering dilatih adalah bahasa nasional (maupun bahasa lokal), tanpa bermaksud mengurangi kehormatan terhadap bahasa nasional (dan juga lokal), sementara anda tahu bahwa organizational english proficiency level masih rendah (bisa diukur dari average total TOEFL score atau IELTS Score organisasi anda), maka tidak ada cara lain, selain memperbanyak waktu untuk berlatih. Tidak asing bagi anda bahwa semakin sering anda berlatih semakin anda mahir. 

Dari EF Proficiency Index 2012, dapat anda ketahui bahwa Indonesia berada dalam kategori Low Proficiency yaitu di urutan 27. Di Asia Tenggara yang telah masuk ke dalam kategori High Proficiency adalah Singapura dan Malaysia dalam rangking yang berurutan yaitu 12 dan 13. 

Itulah empat alasan mengapa bahasa inggris itu penting. Di organisasi yang sedang menuju global, kemampuan bahasa inggris menjadi salah satu alat seleksi bagi personilnya yang akan berinteraksi secara internasional. Selain itu, mereka adalah orang-orang yang memiliki keterbukaan dalam berpikir dan keleluasaan dalam berkomunikasi.

Yang saya anjurkan bagi organisasi yang akan menuju organisasi global adalah meningkatkan interaksi komunikasi dalam bahasa inggris. Bila bahasa ini hanya digunakan satu bulan sekali, maka bisa anda bayangkan betapa lambatnya peningkatan organizational english proficiency level-nya. 

Tidak ada cara lain, selain terus speaking and writing in english dalam periode waktu tertentu per hari. Anda bisa tentukan 15-60 menit per hari. Organisasi tersebut juga dapat menciptakan suatu ekosistem yang mendukung para personilnya untuk membiasakan berkomunikasi dalam bahasa inggris. Atau solusi cepatnya, kirim personilnya yang dapat dikembangkan, mau dan mampu belajar cepat, terbuka dan komunikatif untuk magang di organisasi global lainnya dan bekerja dalam lingkungan global. 

stay focused. be prepared.

@MasNovanJogja


Sumber gambar disini.

Comments