Inilah Info Seputar Tes IELTS dan 4 Tips untuk Meningkatkan Band IELTS Anda

Apa itu IELTS?

IELTS merupakan kepanjangan dari International English Testing System yang telah dikenalkan sejak tahun 1989 untuk menilai ketrampilan seseorang dalam berbahasa inggris.

Ada Berapa jenis tes IELTS?

Ada dua jenis tes, pertama tes IELTS Akademik, untuk mereka yang berkeinginan untuk belajar di universitas dengan bahasa utama bahasa inggris dan tingkat kompleksitas bahasa yang tinggi. Kedua, tes IELTS General Training yang digunakan untuk tingkat umum, misalnya untuk bekerja atau keperluan liburan di luar negeri.

Tes IELTS ini terdiri dari berapa bagian dan berapa lama tiap bagiannya?

Pertama, tes listening berlangsung 30 menit.
Kedua, tes reading berlangsung selama 60 menit.
Ketiga, tes writing berlangsung selama 60 menit.
Dan terakhir, tes speaking berlangsung selama 11-14 menit.
Total waktu yang diperlukan adalah 161-164 menit.

Bagaimana scoring tes IELTS?

Skala penilaian IELTS adalah dari 1 sd 9. Untuk tes akademik, yang pernah saya ikuti mensyaratkan minimal band 7, good user. Yang terbaru, saya mengikuti tes IELTS General Training untuk penugasan di luar negeri dengan syarat minimal band 5, modest user.

Berikut pengelompokan band tes IELTS:
Band 9: expert user
Band 8: very good user
Band 7: good user
Band 6: competent user
Band 5: modest user

Bagaimana penilaiannya?

Hasil dari tes IELTS yang tertuang dalam TRF (test result form) terdiri dari nilai tiap-tiap bagian tes, yang hasil akhirnya merupakan average dari keseluruhan bagian. Misalnya listening 7, reading 8, writing 7, dan speaking 8, maka skor total adalah 7, 5. Anda dapat mengunjungi www.ielts.org untuk mendapatkan informasi lebih detail mengenai tes IELTS.

Bagaimana meningkatkan Band IELTS saya?

 Bila saat ini Band IELTS anda 5, 5, bagaimana caranya agar naik menjadi 6, 5? Sebelum 1 mei 2006, peserta tes hanya dapat mengikuti tes berikutnya dengan jeda waktu 90 hari atau 3 bulan.

Sejak 1 mei 2006, anda dapat mengambil tes IELTS berikutnya kapanpun. Namun pertimbangkan saran berikut: rata rata pembelajar memerlukan 400 jam belajar untuk meningkatkan hanya 1 band IELTS. Artinya jika anda tes IELTS pada 31 oktober 2012 dan anda tahu skor anda adalah 5,5; maka untuk meningkatkan satu band yaitu menjadi 6, 5 anda perlu 400 jam pembelajaran.

Misalkan setiap hari anda luangkan waktu 2 jam, maka anda perlu 200 hari untuk meningkatkan satu band level anda. Dengan demikian, anda perlu 6, 7 bulan atau tes pada bulan juni 2013. Bagaimana bila anda tes lagi namun tanpa melakukan intervensi waktu belajar 400 jam tadi? Kemungkinan besar hasilnya akan sama.

Bagaimana jika anda memutuskan untuk menyiapkan sejak sekarang?

Baiklah, mari berhitung. Bila anda mulai sejak tanggal 1 juni 2013 untuk melakukan pembelajaran selama dua jam, maka probabilitas anda untuk naik 1 band semakin besar jika anda melakukan tes ulang pada januari 2014.

I dont have a lot of time to improve my IELTS Band, Gimana nih?

Sederhana tipsnya: segera mulai dan perbanyak jam belajar anda. Kurang detail tipsnya? Baiklah, sekarang anda identifikasi aktivitas anda berkaitan dengan listening, reading, writing dan speaking in english setiap hari.

Jika anda bekerja 8 jam sehari, apakah anda memiliki kesempatan untuk melatih 4 area ketrampilan berkomunikasi dalam bahasa inggris tersebut?

1. Cek bahasa email, chatting, dan status twitter, facebook dan media sosial anda lainnya.
2. Cek dan inventarisir staf, rekan, dan atasan anda yang dapat anda ajak untuk berbicara dalam bahasa inggris.
3. Gabung dengan komunitas belajar bahasa inggris, salah satunya toast master.
4. Baca buku bahasa inggris yang anda sukai. Misalnya The Influencer. Temukan kata-kata yang anda tidak mengerti artinya. Cari artinya, dan beri warna pada kata yang tidak anda pahami artinya. Tulis arti dari kata tersebut di notes. Hitung berapa kata baru yang anda pelajari. 
5. Dan banyak cara lainnya. Silahkan anda temukan cara itu, lalu laksanakan. Good luck!

stay focused. be prepared.
Semoga Bermanfaat @MasNovanJogja

Comments

Popular posts from this blog

5 Tips Sukses Menjadi Mahasiswa Magang

Memahami Peran Human Resource dalam Organisasi

Apa itu Human Resource Business Professional (HRBP) ?