Pekerjaan Setiap Pemimpin: Menggunakan Hari Ini untuk Menemukan Masa Depan

Tema tulisan dari Ron Shaich, Founder, Chairman, & Co-CEO di Panema Bread ini sejalan dengan buku yang saya baca dari Michio Kaku, Profesor Ahli Fisika yang menulis dan memperkirakan kehidupan masa depan hingga tahun 2100 berdasarkan diskusinya dengan para ahli di bidangnya masing-masing. 

Pesan singkat dari Michio Kaku saat saya mengikuti seminarnya adalah "be a time traveller". Terjemahannya: Gunakan hari ini untuk merencanakan masa depan dan menjadikannya nyata. Hari ini saya membaca tulisan dari Ron Saich, Every Leader's Job: Disover Tommorow Today di web linkedin yang pesannya juga sama. 

Inilah Empat ide yang saya dapatkan dari tulisan tersebut. 

Pertama, anda punya peran di masa depan. buatlah, rancanglah peran anda, lalu wujudkan.

Kedua, tugas pemimpin organisasi hari ini adalah menemukan arah dunia saat ini dan menyiapkan organisasi di masa depan

Ketiga, inovasi adalah sumber utama diferensiasi dan pertumbuhan organisasi. Setiap inovasi yang berhasil dimulai dari gagasan yang mengubah cara kita mengerjakan yang kita lakukan. 

Keempat, Aset paling berharga entrepreneur adalah kemampuannya untuk menemukan ruang untuk bertumbuh, yang belum diisi oleh bisnis yang ada. Inilah kemampuan opportunis. 

Ron Shaich menuturkan horison waktu kita harus selalu diperluas jauh hingga melampaui 3 bulan di depan. Artinya kita harus kerja keras untuk membayangkan apa yang akan terjadi di dunia ini lima tahun yang akan datang dan kemudian melakukan alignment dengan tren jangka panjang tersebut. 

Ron Shaich mengingatkan agar berhati-hati dengan jebakan yang memerangkap banyak perusahaan besar, yaitu membesarkan proses delivery, sementara di sisi lain mengecilkan proses penemuan maupun inovasi. Delivery tentu penting, namun jangan lupa potensi pasar di masa depan juga harus digali dan disiapkan. 

Sederhana pesannya: "Jelajahi masa depan, lalu bersiaplah menghadapinya dan menjadi bagian dari masa depan". 

stay focused. be prepared. @MasNovanJogja

Comments