Pages

Tuesday, May 7

Perjalanan Dari Danga Bay, Johor Bahru ke Changi Airport, Singapore (Morning Route)

Travelling kali ini akan membahas mengenai perjalanan di pagi hari dari Johor Bahru menuju Singapore. Detail titik awal adalah Danga Bay, Johor Bahru menuju Changi Airport, Singapore.

Pesawat saya Lion Air, departure pukul 9.45 waktu Singapore, di terminal 1. Saat itu saya baru mengetahui bahwa Lion Air belum memiliki fasilitas web check in di penerbangan Singapore - Jogja 1 hari sebelum keberangkatan :). Dengan demikian saya perlu tambahan waktu 2 jam agar tidak terjadi "ketinggalan pesawat".

Untuk itu diperlukan waktu yang cukup. Estimasi tiba di Changi Airport adalah pukul 7.45. Saya mulai mencari tahu bagaimana menuju ke Changi Airport, Singapore.

Menggunakan Mobil Rental
Cara pertama: Sewa mobil rental. Jika waktu anda terbatas, maka menyewa mobil adalah pilihan yang baik. Berapa yang diperlukan untuk menyewa mobil rental dari Johor Bahru direct ke Changi airport, Singapore? Berdasarkan pengalaman saya, biayanya adalah RM 250 atau sekitar Rp 750 ribu. Harga ini untuk mobil rental Hyundai Starex. Bila mobil yang digunakan Innova adalah RM 200 atau sekitar Rp 600 ribu.

Keunggulannya: anda cukup menelpon pemilik mobil di Johor Bahru (maupun di Singapore), siapkan paspor, dan selanjutnya driver mobil yang sudah berpengalaman akan membantu Anda dalam proses di Imigrasi Johor Bahru dan Imigrasi Woodland Singapore. Anda cukup tinggal di mobil, melewatkan Paspor Anda untuk diperiksa, dan mendapatkan stamp. Bila tidak ada halangan, anda tidak perlu turun dari mobil.

Bila anda berpergian dalam kelompok, dan terdiri dari maksimal 5 orang, pilihan menggunakan mobil rental dari Johor Bahru juga menarik.

Menggunakan Taksi Bandara Senai
Cara kedua: gunakan taksi Bandara Senai, Johor Bahru. Kebetulan saat saya tiba di Senai Airport, saya menggunakan taksi Bandara Senai, Johor Bahru. Saya mendapatkan kartu nama perusahaan taksi dan sopir taksinya. Cek di website Senai Airport Johor Bahru dan disana tertulis bahwa taksi ini bisa mengantarkan saya sampai dengan Singapore.

Berikutnya per telepon saya menanyakan detail biayanya. Untuk perjalanan normal (jam 6 pagi sd jam 12 malam), biaya hantar adalah RM 165 atau sekitar Rp 510 ribu. Bila perjalanan luar biasa (jam 12 malam sd jam 6 pagi), maka dikenai biaya RM 200 atau sekitar Rp 600 ribu. Keunggulannya sama dengan menggunakan mobil rental (pilihan pertama), anda tidak perlu turun dari taksi, cukup tunjukkan paspor, barang yang dibawa, dan melajulah anda menuju bandara.

Menggunakan Transportasi Publik
Cara ketiga, gunakan transportasi publik. Cara ketiga inilah yang saya coba berikutnya. Cara pertama sudah pernah saya gunakan, yaitu menggunakan mobil rental. Saatnya untuk mencoba transportasi publik di Johor Bahru dan Singapura. Ini adalah membeli pengalaman yang menegangkan.

Persiapan Waktu
Waktu yang saya siapkan adalah 4 jam. Saya kunci waktu tiba di Changi Airport Singapore pukul 8.00. Saya hanya membawa dua tas: tas punggung (berat 7 kg) dan tas slempang kecil. Dengan demikian, tingkat kerepotan barang menurut saya rendah karena saya tidak membawa koper dan barang berat lainnya.

Berikut detail perjalanan dari Johor Bahru menuju Changi Airport Singapore:

4.00 AM. Pesan public taxi dari Danga Bay menuju Imigrasi Johor Bahru Malaysia. Waktu tempuh 15 menit. Biaya yang dikeluarkan 20 RM. Ada tambahan charge 10% atas biaya normal taksi public. Bila anda memesan taksi setelah jam 6.00 AM, biaya yang dikeluarkan 12 RM saja. Anda akan diantarkan ke JB Sentral, dimana di gedung ini imigrasi Johor Bahru Malaysia berada.

4.20 AM. Bergegas menuju ke lantai 2 dan berjalan menuju imigrasi Malaysia. Proses yang saya lalui adalah sekitar 25 menit termasuk proses jalan cepat dan stamp paspor. Oya, jam 4.20 AM itu sudah ramai lho. Saat itu hari Sabtu saya berangkat menuju Changi Airport Singapore. Tentunya banyak orang yang bekerja di hari Sabtu, meskipun tidak sebanyak di hari Senin - Jumat.

4.45 AM Menuju ke lantai 1, mencari bis Causa Way Link Nomor 2. Bis ini menuju ke Rochor or Queensland Street, Singapore. Berapa biayanya? 2,5 RM atau 2,4 SGD. Bila anda naik dari Imigrasi Malaysia di Johor Bahru, maka anda bayar gunakan RM. Bila naik dari Imigrasi Woodlands Singapore, bayar gunakan SGD.

Menariknya saya waktu itu menggunakan CW1 yang tujuannya ke Kranji Station. Bayar 2 RM, berangkatlah bis tersebut ke Imigrasi Singapore. Waktu yang diperlukan sekitar 10 menit dan biaya 2 RM.

4.55 AM Saya tiba di CIQ atau Imigrasi Singapore untuk stamp Pasport dan selanjutnya ke lantai 1 untuk menunggu bis. Menunggu antrian di imigrasi yang cukup lama, proses selesai dalam waktu 25 menit. Jam 5.20 AM saya sudah mengantri menunggu bis CW 1.

Saat menunggu, saya bertanya kepada seseorang penumpang lainnya (menggunakan bahasa Inggris) yang sedang menunggu. "Mas, kalo saya mau ke Changi Airport, menggunakan MRT, lebih baik menggunakan bis CW nomer berapa kalo jam segini?" Petunjuk pun datang.  Saya disarankan menggunakan CW2 karena itu lebih memangkas waktu dibandingkan menggunakan bis CW 1 yang menuju ke Kranji Station. Dia sampaikan kalo jam pagi, perjalanan tempuh CW 2 dari Johor Bahru menuju Queen Street Bus Terminal ini sekitar 30 menit saja. Dia bilang: siapkan 2,5 SGD untuk bayar bisnya.

Saya pun menerima sarannya. Saya siapkan 2,5 SGD dan masuk ke bis CW 2 yang baru saja tiba. Waktu menunggu sekitar 10 menit, dan biaya yang diperlukan karena ganti bis adalah 2,5 SGD. Inilah perubahan yang menurut saya membantu terjadi efisiensi waktu :)

5.30 AM. Bis CW2 melaju menuju ke Queen Street Bus Terminal. Saya perhatikan jalanan lancar dan alhamdulillaah informasi tersebut sesuai. Sekitar jam 6.05 AM Bis CW2 masuk ke Terminal. Di terminal, saya pun bertanya stasiun MRT terdekat dimana? Ditunjukkan ke stasiun MRT Bugis, saya pun bergegas berjalan menuju ke stasiun MRT Bugis.

6.15 AM. Saya tiba di Stasiun MRT Bugis. Setelah membeli EZLink di konter masuknya sebesar 12 SGD, saya pun menunggu MRT yang menuju ke Changi Airport. Sekitar 7 menit kemudian, MRT menuju changi Airport pun tiba.

Saya berpindah MRT di Stasiun Tanah Merah untuk perjalanan menuju ke Changi Airport, Singapore. Alhamdulillaah sampai di Terminal 3 Bandara Changi Airport sekitar jam 6.45 AM. Biaya yang terpotong sekitar 2 SGD.

6.45 AM. Selanjutnya karena pesawat ada di terminal 1, maka saya perlu menggunakan SkyTrain menuju ke terminal 1. Untuk transportasi ini anda tidak dikenakan biaya. Tiba di Terminal 1 sekitar jam 6.50 AM.

Total Perjalanan yang dibutuhkan adalah 3 jam, jika saya memulai perjalanan dari jam 4.00 AM.  Total Biaya yang diperlukan 22 RM + 14,5 SGD.

Sekian sharing saya. Semoga bermanfaat.

stay focused. be prepared. @MasNovanJogja

Baca juga:
1. Pernak-pernik Saat Tinggal di Johor Bahru

1. mas Novan bisa minta no hp taxi di johor atau di singapura

1. Dear M,

Public Cab di Johor +60 723 88340. Ada banyak public cab di Johor. Ini yang warna merah. Kalo yang warna biru, argo lebih tinggi dibandingkan yang merah.

Taksi Senai Airport bisa dilihat di situs Bandara Senai termasuk tarif yang berlaku ke lokasi yang dituju. +60 7599 1622.