Skip to main content

Memahami Peran Human Resource dalam Organisasi (2)

Project Management
Catatan ini merupakan sambungan dari catatan memahami peran human resource dalam organisasi yang pertama. 

Salah satu crucial management skills yang perlu dikuasai oleh Profesional HR adalah project management. Di lain waktu saya akan mempelajari dan kemudian berbagi mengenai project management ini. Di artikel ini saya mencoba untuk mengenalkan konsep project management.

[6] Apa definisi project?
 

1.    A project is a temporary program that has defined start and end dates, and attempts to create a unique product or service that gives rise to a beneficial change.

Project merupakan sebuah program temporer dengan waktu mulai dan waktu berakhir yang jelas dan berusaha untuk menciptakan produk dan jasa yang unik yang memberikan peningkatan pada perubahan yang menguntungkan.
 

[7] 5 key characteristics suatu project plan itu apa saja?
  1. Quality: the spread or deviation allowed from a desired standard.
  2. Resource: what can be used to meet the scope.
  3. Risk: defines in advance what may happen to drive the plan off course, and what will be done to recover the situation
  4. Scope: defines what will be covered in a project.
  5. Time: what tasks are to be undertaken and when.
Untuk memudahkan mengingatnya, kita singkat menjadi QR2ST.

[8] Apa saja project phases dalam project management?
1.    Conception
2.    Selection of a manager and a team
3.    Planning, scheduling, monitoring, and control
4.    Completion
5.    Evaluation. 


Menurut referensi, di tahapan ketiga, yaitu planning, schedulling, monitoring dan control merupakan tahapan yang paling membutuhkan usaha besar dan tenaga kerja yang paling banyak. 

[9] Apa saja alat-alat yang dapat digunakan dalam project management?
Ada banyak alat yang dapat digunakan dalam Project Management, diantaranya adalah Gantt Chart dan Program Evaluation Review Technique (PERT) Chart.

1. Gantt chart. Dikenal juga horizontal bar chart, atau a milestone chart, atau an activity chart, dikembangkan oleh Harvey Gantt pada tahun 1917. 


Model ini menggambarkan waktu pelaksanaan di sumbu horizontal dan tugas yang akan dilengkapi ada di sumbu vertikal (y). Model ini berfokus pada urutan-urutan tugas yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek.

2. Program evaluation review technique chart (PERT). Model ini dikembangkan tahun 1950an. PERT chart digunakan untuk menjadwalkan, mengorganisasikan dan mengkoordinasikan (schedule, organize & coordinate) tugas-tugas dalam suatu proyek.  


Keunggulan terbesar model ini adalah dapat menyederhanakan planning dan scheduling dari proyek yang kompleks. Model ini menggunakan teknik event-oriented. Faktor penting dalam model ini adalah waktu, bukan biaya.Kita permudah menjadi PERT-SOC.


[10] Jelaskan tiga peran penting seorang project manager!

  1. Interpersonal: Ia berperan sebagai pemimpin dan saluran komunikasi, membangun norma dalam tim serta mempromosikan harmoni. 
  2. Informational: Ia berperan mengumpulkan dan menyebarkan informasi. 
  3. Decisional: Ia melakukan pengelolaan resources yang ada dan mendorong kemajuan project. 

Catatan saya, interpersonal role, penekanannya adalah leadership and team culture development. informational role, penekanannya pada pengumpulan dan penyebaran informasi kepada tim. Sedangkan decisional role, penekanannya pada operasionalisasi pengelolaan resources dan fungsi koordinasi. 

Di bagian ketiga akan dibahas juga tentang Strategic Management, salah satunya mengenai strategic planning process. Tahapannya ada empat dan dapat kita singkat menjadi F-DIE.

Salam, @MasNovanJogja

Baca juga:
1. Memahami Peran Human Resource dalam Organisasi




Comments

Popular posts from this blog

Apa itu Human Resource Business Professional (HRBP) ?

Untuk mengerti lebih lanjut mengenai apa itu Human Resource Business Professional (HRBP), Anda dapat mengunjungi situs berikut: http://www.hrci.org/docs/default-source/web-files/hrbpbok-pdf.pdf?sfvrsn=0

HRBP holder diharapkan mampu mendemonstrasikan keahlian atas prinsip-prinsip Human Resources operasional dan teknikal yang dapat diterima. Ini dilakukan untuk memvalidasi pengetahuan dan keahlian human resource yang core serta mendemonstrasikan prinsip-prinsip human resource dari para profesional yang mempraktikkan human resource di luar Amerika. Ini akan meningkatkan kredibilitas profesional HR dan organisasi dimana mereka bekerja.

Dari halaman pdf tersebut, Anda dapat mempelajari body of knowledge sertifikasi HRBP. Body of knowledge HRBP ini mencakup:
1. HR Administration (22%)
2. Recruitment and Selection (22%)
3. Employee Relations and Communication (20%)
4. Compensation and Benefits (14%)
5. Training and Development (15%)
6. Health, Safety and Security (7%). 

Area Fungsi 1, yaitu HR Admini…

Memahami Peran Human Resource dalam Organisasi

[1] Apa itu Human Resource Management (HRM)?
Ada beberapa definisi yang disampaikan dalam sejumlah referensi, salah satunya dari materi pelatihan sertifikasi Human Resource Business Partner (HRBP): 

1. A strategic and consistent approach to the management of an organization’s most valued assets i.e., the people who are contributing toward the achievement of the goals of the organization.
2. Employing people, developing the resources, utilizing the human talent effectively and efficiently, and compensating the services according to the organizational requirement.
3. A business tool that provides both theoretical framework and practical tools to handle the workforce.


Mana definisi yang menurut anda paling mudah anda pahami?
Bagi saya, definisi ketiga-lah yang paling mudah saya pahami. Kata-kata kuncinya yaitu alat bisnis, teori, praktik, dan pengelolaan tenaga kerja. Saya terjemahkan menjadi: HRM adalah alat bisnis yang terdiri dari kerangka teori dan alat-alat bantu praktis untuk mengelola …

5 Tips Sukses Menjadi Mahasiswa Magang

Mahasiswa Magang. Ya, mahasiswa yang menjalani 'kerja praktik' di perusahaan tertentu merupakan para mahasiswa magang.Sejumlah mahasiswa magang sudah pernah saya temui dan saya bimbing. Salah satunya sekarang juga bekerja di TELKOM.
Ketika ada sejumlah mahasiswa magang di unit saya, dan kemudian tanggung jawab diserahkan kepada saya untuk jadi pembimbing praktik, tentu saya dengan senang hati membantu mereka mencapai tujuan magangnya.
Menjadi mahasiswa magang, dalam pandangan saya, harus punya tujuan. Tujuan itu sifatnya sangat personal, namun pada umumnya hampir-hampir sama, 11-12 lah, yaitu sukses saat kerja praktik, yang berarti nilai A atas hasil kinerjanya.
#1 Miliki Tujuan yang Jelas Sukses menjadi mahasiswa magang harus diawali dengan tujuan magang yang jelas.Jika tujuan anda 'hanya' ingin sekedar memenuhi kewajiban prasyarat kuliah, ya itulah yang akan anda dapatkan. Sayang aja sih jika itu saja tujuannya. Padahal banyak lho yang bisa didapatkan saat menjalani kerj…