Skip to main content

Memahami Peran Human Resource dalam Organisasi (3)

Change 
Di bagian ketiga ini, saya akan menyampaikan mengenai change management dan strategic planning process.

[11] Apa yang anda ketahui tentang model Kirkpatrick dan hubungannya dengan change management?
Dalam How to Manage Change Effectively,  Donald L. Kirkpatrik membuat model untuk mendukung keberhasilan change management


Model perubahan ini terdiri dari tujuh (7) langkah berikut:

1. Determine the need or desire for change. Di langkah pertama ini, organisasi melakukan enviromental scanning dan internal assessments. Berdasarkan assessments tersebut organisasi kemudian memutuskan apakah perlu dilakukan perubahan.
•    Bagaimana pelaksanaan environmental scanning?
•    Elemen apa saja yang discanning?
•    Bagaimana melakukan internal assessment?

2. Prepare tentative plans. Tentative implementation plans dibuat dalam langkah kedua ini. Meskipun begitu, rencana ini dapat dimodifikasi berdasarkan penelitian dan perencanaan lebih lanjut. Metode brainstorming dapat digunakan untuk menghasilkan ide dan tentative plans.
 
3. Discuss alternatives and probable reactions. Saran dari seluruh level karyawan di organisasi perlu diperhatikan. Para karyawan yang terpengaruh oleh perubahan harus diajak berdiskusi mengenai sejumlah pilihan yang memungkinkan. Karyawan mungkin bereaksi dengan cara-cara berikut: (a) protes melawan perubahan, (b) tetap netral menghadapinya, atau (c) gembira menerima perubahan.

4. Make a final decision. Keputusan untuk melanjutkan ke langkah berikutnya berdasar pada informasi yang dikumpulkan dalam langkah ketiga. Dalam suatu perubahan yang berskala besar atau signifikan, top management lah yang akan memutuskannya: melanjutkan atau tidak.

5. Establish a project plan and a timetable. Suatu project plan dan timetable seharusnya dibuat dan ditampilkan bersama, sehingga perubahan-perubahan yang relatif sederhana dan umum dapat dikerjakan lebih mudah.  Meskipun begitu, perubahan-perubahan yang lebih sophisticated cenderungnya akan menimbulkan resistensi. A phased implementation approach dan juga a pilot test mungkin diperlukan untuk mengatasi resistensi yang kuat terhadap perubahan.

6. Communicate the change. Komunikasi merupakan hal yang mendasar dan diperlukan. Komunikasi juga harus dilakukan di sepanjang proses perubahan untuk memfasilitasi acceptance of change. Untuk itu perlu dipertimbangkan bagaimana reaksi karyawan terhadap rencana perubahan serta saran-saran dari mereka mengenai perubahan tersebut. 

7. Implement and evaluate the change. Langkah terakhir ini menekankan pentingnya dilakukan continuous measurement dan evaluation. Apabila terjadi keberatan dari karyawan atas perubahan yang dilakukan, diperlukan sejumlah penyesuaian dalam implementation plan dan atau time table.

Tantangan bagi HR adalah untuk mengelola tingkat intensitas dan konsistensi upaya-upaya tersebut sepanjang proses perubahan.


[12] Apa efek perubahan bagi Human Resource?
Tekanan kompetisi mengubah fungsi HR. Profesional HR harus mengembangkan ketrampilan-ketrampilan yang dapat mendukung manajemen strategik, mampu mengidentifikasi new business opportunities, mampu mendefinisikan strategi bisnis dan mampu menyiapkan organisasi menghadapi perubahan. 

Efek perubahan bagi HR termasuk di dalamnya adalah development of HR as a partner in strategic management, aligning the development of human capital and corporate strategy dan exploiting new technology

Salam @MasNovanJogja

Comments

Popular posts from this blog

Apa itu Human Resource Business Professional (HRBP) ?

Untuk mengerti lebih lanjut mengenai apa itu Human Resource Business Professional (HRBP), Anda dapat mengunjungi situs berikut: http://www.hrci.org/docs/default-source/web-files/hrbpbok-pdf.pdf?sfvrsn=0

HRBP holder diharapkan mampu mendemonstrasikan keahlian atas prinsip-prinsip Human Resources operasional dan teknikal yang dapat diterima. Ini dilakukan untuk memvalidasi pengetahuan dan keahlian human resource yang core serta mendemonstrasikan prinsip-prinsip human resource dari para profesional yang mempraktikkan human resource di luar Amerika. Ini akan meningkatkan kredibilitas profesional HR dan organisasi dimana mereka bekerja.

Dari halaman pdf tersebut, Anda dapat mempelajari body of knowledge sertifikasi HRBP. Body of knowledge HRBP ini mencakup:
1. HR Administration (22%)
2. Recruitment and Selection (22%)
3. Employee Relations and Communication (20%)
4. Compensation and Benefits (14%)
5. Training and Development (15%)
6. Health, Safety and Security (7%). 

Area Fungsi 1, yaitu HR Admini…

Memahami Peran Human Resource dalam Organisasi

[1] Apa itu Human Resource Management (HRM)?
Ada beberapa definisi yang disampaikan dalam sejumlah referensi, salah satunya dari materi pelatihan sertifikasi Human Resource Business Partner (HRBP): 

1. A strategic and consistent approach to the management of an organization’s most valued assets i.e., the people who are contributing toward the achievement of the goals of the organization.
2. Employing people, developing the resources, utilizing the human talent effectively and efficiently, and compensating the services according to the organizational requirement.
3. A business tool that provides both theoretical framework and practical tools to handle the workforce.


Mana definisi yang menurut anda paling mudah anda pahami?
Bagi saya, definisi ketiga-lah yang paling mudah saya pahami. Kata-kata kuncinya yaitu alat bisnis, teori, praktik, dan pengelolaan tenaga kerja. Saya terjemahkan menjadi: HRM adalah alat bisnis yang terdiri dari kerangka teori dan alat-alat bantu praktis untuk mengelola …

5 Tips Sukses Menjadi Mahasiswa Magang

Mahasiswa Magang. Ya, mahasiswa yang menjalani 'kerja praktik' di perusahaan tertentu merupakan para mahasiswa magang.Sejumlah mahasiswa magang sudah pernah saya temui dan saya bimbing. Salah satunya sekarang juga bekerja di TELKOM.
Ketika ada sejumlah mahasiswa magang di unit saya, dan kemudian tanggung jawab diserahkan kepada saya untuk jadi pembimbing praktik, tentu saya dengan senang hati membantu mereka mencapai tujuan magangnya.
Menjadi mahasiswa magang, dalam pandangan saya, harus punya tujuan. Tujuan itu sifatnya sangat personal, namun pada umumnya hampir-hampir sama, 11-12 lah, yaitu sukses saat kerja praktik, yang berarti nilai A atas hasil kinerjanya.
#1 Miliki Tujuan yang Jelas Sukses menjadi mahasiswa magang harus diawali dengan tujuan magang yang jelas.Jika tujuan anda 'hanya' ingin sekedar memenuhi kewajiban prasyarat kuliah, ya itulah yang akan anda dapatkan. Sayang aja sih jika itu saja tujuannya. Padahal banyak lho yang bisa didapatkan saat menjalani kerj…