Shalat Tahajud

Apa itu shalat tahajud? 
Shalat tahajud adalah shalat sunnah yang dikerjakan pada rentang waktu isya sampai dengan sebelum datangnya waktu shubuh. Hukum pelaksanaan shalat tahajud adalah sunnat muakkad, yaitu sunnat yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah Muhammad SAW.


Tahajud juga dikenal dengan sebutan " tahu-tahu hajat (keinginan) terwujud".

Apakah shalat tahajud harus tidur lebih dulu? 
Dari informasi di konsultasisyariah disebutkan bahwa ulama berbeda pendapat tentang syarat suatu shalat bisa disebut shalat tahajud: ada yang menyatakan diperlukan tidur terlebih dahulu dan ada yang menyatakan tidak diperlukan tidur terlebih dahulu untuk melaksanakannya. 


Dari apa yang saya baca, lebih diutamakan untuk melaksanakan setelah tidur, namun tidak mengapa bila dilaksanakan tanpa tidur terlebih dahulu. Catatan di akhir artikel tersebut menyatakan bagi anda yang dikhawatirkan tidak mampu bangun sebelum subuh untuk tahajud, dianjurkan untuk shalat sebelum tidur. Sekalipun tidak disebut tahajud oleh sebagian ulama, namun dia tetap terhitung melakukan qiyam lail, yang pahalanya besar 

Untuk lebih detail mengenai penjelasan hal tersebut, silahkan anda baca artikel di konsultasisyariah.

Manfaat shalat tahajud
1. Sebagai salah satu amalan untuk menuju surga. Abdullah Ibn Muslim berkata: "Kalimat yang pertama kali ku dengar dari Rasulullah SAW saat itu adalah "Hai sekalian manusia! Sebarkanlah salam, bagikanlah makanan, sambunglah silaturahmi, tegakkanlah shalat malam saat manusia lainnya sedang tidur, niscaya kalian masuk surga dengan selamat." (HR Ibnu Majah).

2.  Sebagai pencegah penyakit jasmani dan rohani. Salman Al Farisi berkata, Rasulullah SAW bersabda, "Dirikanlah shalat malam, karena sesungguhnya shalat malam itu adalah kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kamu, (shalat malam dapat) mendekatkan kamu kepada Tuhan-mu, (shalat malam adalah) sebagai penebus perbuatan buruk, mencegah berbuat dosa, dan menghindarkan diri dari penyakit yang menyerang tubuh." (HR. Ahmad).

Comments

  1. Keren mas
    Monggo berkunjung ke blog saya mas
    http://noviantakuswandi.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Mas Kuswandi. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini.
      Oke Mas Kuswandi. Segera menuju kesana :)

      Regards, @MasNovanJogja

      Delete

Post a Comment