Apa itu Human Resource Business Professional (HRBP) ?

Untuk mengerti lebih lanjut mengenai apa itu Human Resource Business Professional (HRBP), Anda dapat mengunjungi situs berikut: http://www.hrci.org/docs/default-source/web-files/hrbpbok-pdf.pdf?sfvrsn=0 

HRBP holder diharapkan mampu mendemonstrasikan keahlian atas prinsip-prinsip Human Resources operasional dan teknikal yang dapat diterima. Ini dilakukan untuk memvalidasi pengetahuan dan keahlian human resource yang core serta mendemonstrasikan prinsip-prinsip human resource dari para profesional yang mempraktikkan human resource di luar Amerika. Ini akan meningkatkan kredibilitas profesional HR dan organisasi dimana mereka bekerja.

Dari halaman pdf tersebut, Anda dapat mempelajari body of knowledge sertifikasi HRBP. Body of knowledge HRBP ini mencakup:
1. HR Administration (22%)
2. Recruitment and Selection (22%)
3. Employee Relations and Communication (20%)
4. Compensation and Benefits (14%)
5. Training and Development (15%)
6. Health, Safety and Security (7%). 

Area Fungsi 1, yaitu HR Administration memiliki porsi 22%. Di area ini adalah berupa memonitor aktivitas-aktivitas untuk kesempatan-kesempatan untuk membuat peningkatan-peningkatan, menggunakan ukuran-ukuran (metrik) untuk mengukur keberhasilan dan menyedian dan mengelola informasi berhubungan dengan fungsi-fungsi Human Resource. Termasuk di dalamnya menjawab pertanyaan-pertanyaan dari para karyawan dan mendokumentasikan informasi karyawan dalam formulir-formulir administratif atau dalam Human Resource Information System (HRIS). 

Alhamdulillah per Oktober 2013 ini saya lulus sertifikasi HRBP ini (HRBP certified). 



Comments

  1. selamat pagi mas novan,
    perkenalkan nama saya banu. saya berencana mau mengambil sertifikasi HRBP taon depan. mohon masukanya mas terkait tips dan triknya dalam persiapan untuk mengikuti exam HRBP..
    trimakasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sorry for late reply Banu. Cek ke website-nya. Ada kisi-kisi materi yang diujikan dan proporsi di tiap-tiap subjek, yang disebut BoK (Body of Knowledge). http://www.hrci.org/docs/default-source/web-files/hrbpbok-pdf.pdf?sfvrsn=0

      Delete
    2. trims mas novan untuk masukanya.. untuk kisi2nya sudah saya download. tapi untuk materi or bahan untuk belajar bisa dicari dimana ya mas? atau modul2 terkait HRBP?

      Delete
    3. Ada beberapa materi yang bisa dipelajari. Silahkan kirim email pak Banu ke saya. mudah-mudahan bisa membantu.

      Salam, @MasNovanJogja

      Delete
    4. Trimakasi mas novan..
      Email saya: banu.mulyawan02@gmail.com

      Delete
  2. Mas, saya mau minta bantuan infonya, saya ada peluang untuk menjadi officer departemen HRBP, ketika saya tanya HRBP itu apa? kata teman saya yang kerja di company tersebut HRBP itu ada Human Resource Business Process, saya agak kurang paham itu jobdesknya apa? fungsinya apa? juga seperti apo tanggung jawab dan wewenangnya, apakah bisa dibantu?

    mohon email infonya ke andatan11@gmail.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

5 Tips Sukses Menjadi Mahasiswa Magang

Memahami Peran Human Resource dalam Organisasi