Skip to main content

Indeks Big Mac: Apa Manfaatnya?

Big Mac merupakan burger produk McDonald yang tersedia secara internasional. Di Amerika, Anda bisa temukan Big Mac di konter McDonald dan begitupun di Indonesia. 

Big Mac Index (BMI) merupakan cara yang dilakukan untuk mengukur perbedaan nilai mata uang disuatu negara. Ide Big Mac Index berasal dari the Economist di tahun 1986, yang memudahkan kita untuk memahami teori Purchasing Power Parity (PPP), yaitu mengenai teori nilai tukar mata uang dan daya belinya terhadap produk yang sejenis di negara yang berbeda. 

Asumsinya dengan komposisi yang sama pada Big Mac, maka nilai Big Mac di Amerika terhadap nilai Big Mac di Indonesia akan mendekati sama, jika dan hanya jika kondisi-kondisi perekonomian yang membentuk harga tersebut sama. 

Namun demikian, perlu disadari bahwa ada juga pengaruh nilai budaya terhadap Big Mac tersebut. Juga, keinginan pemerintah di negara tersebut untuk menjaga nilai mata uangnya, mempertahankan dan bahkan meningkatkan ekspornya dengan melemahkan nilai mata uangnya terhadap dollar US. Selain itu, nilai tenaga kerja di satu negara dan negara lainnya yang berbeda dapat mempengaruhi harga Big Mac di negara tersebut.  

Oleh karena itu, banyaknya variabel lainnya yang mempengaruhi harga Big Mac menjadikan pertanyaan seberapa valid Big Mac Index untuk dijadikan ukuran dalam perbandingan daya beli selain Big Mac. Kendali terbesar adalah pada bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Big Mac tersebut. Namun untuk urusan pajak, persepsi pembeli, harga sewa, biaya tenaga kerja, biaya transportasi dan variabel lainnya bisa menjadi hal-hal yang mempengaruhi harga Big Mac. Meskipun begitu, sebagai gambaran sederhana perbedaan harga Big Mac bisa membantu kita untuk mengetahui berapa besar nilai beli mata uang kita terhadap Big Mac di negara target, misalnya membandingkan harga Big Mac di Amerika terhadap Big Mac di Indonesia.  

Untuk membaca artikel mengenai Big Mac yang menjadi inspirasi tulisan ini, anda bisa klik link berikut. Data Big Mac Index dari tahun 2000 sd 2013 tersedia di The Economist (silahkan anda klik). 

Sedangkan bagi anda yang memerlukan big mac index sejak tahun 1986, biasanya pusat-pusat penelitian keuangan di kampus memilikinya. Silahkan anda hubungi mereka untuk mendapatkan data Big Mac Index. 

Berikut adalah contoh Big Mac Index pada Juli 2013 di negara kawasan ASEAN: 
a. Indonesia: US$ 2,80
b. Malaysia: US$ 2,30
c. Filipina: US$ 2,65
d. Singapura: US$ 3,69
e. THailand: US$ 2,85. 

Tampak dari data tersebut bahwa harga Big Mac termahal adalah di Singapura dan yang termurah adalah di Malaysia. 

Salam, @MasNovanJogja

Gambar Big Mac diambil dari situs McDonald.

Comments

Popular posts from this blog

Apa itu Human Resource Business Professional (HRBP) ?

Untuk mengerti lebih lanjut mengenai apa itu Human Resource Business Professional (HRBP), Anda dapat mengunjungi situs berikut: http://www.hrci.org/docs/default-source/web-files/hrbpbok-pdf.pdf?sfvrsn=0

HRBP holder diharapkan mampu mendemonstrasikan keahlian atas prinsip-prinsip Human Resources operasional dan teknikal yang dapat diterima. Ini dilakukan untuk memvalidasi pengetahuan dan keahlian human resource yang core serta mendemonstrasikan prinsip-prinsip human resource dari para profesional yang mempraktikkan human resource di luar Amerika. Ini akan meningkatkan kredibilitas profesional HR dan organisasi dimana mereka bekerja.

Dari halaman pdf tersebut, Anda dapat mempelajari body of knowledge sertifikasi HRBP. Body of knowledge HRBP ini mencakup:
1. HR Administration (22%)
2. Recruitment and Selection (22%)
3. Employee Relations and Communication (20%)
4. Compensation and Benefits (14%)
5. Training and Development (15%)
6. Health, Safety and Security (7%). 

Area Fungsi 1, yaitu HR Admini…

Memahami Peran Human Resource dalam Organisasi

[1] Apa itu Human Resource Management (HRM)?
Ada beberapa definisi yang disampaikan dalam sejumlah referensi, salah satunya dari materi pelatihan sertifikasi Human Resource Business Partner (HRBP): 

1. A strategic and consistent approach to the management of an organization’s most valued assets i.e., the people who are contributing toward the achievement of the goals of the organization.
2. Employing people, developing the resources, utilizing the human talent effectively and efficiently, and compensating the services according to the organizational requirement.
3. A business tool that provides both theoretical framework and practical tools to handle the workforce.


Mana definisi yang menurut anda paling mudah anda pahami?
Bagi saya, definisi ketiga-lah yang paling mudah saya pahami. Kata-kata kuncinya yaitu alat bisnis, teori, praktik, dan pengelolaan tenaga kerja. Saya terjemahkan menjadi: HRM adalah alat bisnis yang terdiri dari kerangka teori dan alat-alat bantu praktis untuk mengelola …

5 Tips Sukses Menjadi Mahasiswa Magang

Mahasiswa Magang. Ya, mahasiswa yang menjalani 'kerja praktik' di perusahaan tertentu merupakan para mahasiswa magang.Sejumlah mahasiswa magang sudah pernah saya temui dan saya bimbing. Salah satunya sekarang juga bekerja di TELKOM.
Ketika ada sejumlah mahasiswa magang di unit saya, dan kemudian tanggung jawab diserahkan kepada saya untuk jadi pembimbing praktik, tentu saya dengan senang hati membantu mereka mencapai tujuan magangnya.
Menjadi mahasiswa magang, dalam pandangan saya, harus punya tujuan. Tujuan itu sifatnya sangat personal, namun pada umumnya hampir-hampir sama, 11-12 lah, yaitu sukses saat kerja praktik, yang berarti nilai A atas hasil kinerjanya.
#1 Miliki Tujuan yang Jelas Sukses menjadi mahasiswa magang harus diawali dengan tujuan magang yang jelas.Jika tujuan anda 'hanya' ingin sekedar memenuhi kewajiban prasyarat kuliah, ya itulah yang akan anda dapatkan. Sayang aja sih jika itu saja tujuannya. Padahal banyak lho yang bisa didapatkan saat menjalani kerj…