Resolusi Tahun Baru: Bermimpilah Besar dan Bertindaklah Segera!

Jalan-jalan ke Singapura 2013
Suatu saat ketika saya masih SMP, saya mendapatkan oleh-oleh koin dan rupa-rupa lainnya dari Singapura. Suatu ketika saya juga mendapatkan gantungan kunci, oleh-oleh dari Saudara yang berlibur ke Malaysia. Suatu hari saya juga mendapatkan sebuah kaos Thailand dari Kakak saya yang berkesempatan mengikuti kegiatan seminar di negeri itu.

Suatu ketika terbayang oleh saya sebuah rumah yang teduh untuk tinggal bagi keluarga saya. 

Di sebuah kertas, yang saya tempelkan di meja belajar saya, tercetak empat kuadrannya Kiyosaki. Disana ada angka di masing-masing kuadrannya. Suatu waktu saya membayangkan akan tiba di pulau-pulau besar di Indonesia yaitu Bali, Kalimantan, Sumatra, Sulawesi, dan Papua.

Itulah impian. Mimpi yang pernah melintas dalam kehidupan saya.  

Tahun 2012, Saya berkesempatan untuk tiba di Thailand untuk mengikuti workshop di sana. Tahun 2013, program Global Talent Program dari Telkom Indonesia mengantarkan saya untuk menetap selama 12 minggu di Johor Bahru Malaysia dan berkesempatan untuk mengunjungi negara Singapura beberapa kali. Tahun 2011, sebuah rumah mungil di Bandung terwujud dan disanalah sekarang saya tinggal.

Cetakan kertas kuadran dan nominal angkanya yang baru-baru ini saya lihat juga menunjukkan realitasnya. Begitupun ketika saya berkesempatan untuk tiba di Nusa Dua, Tanjung Benoa, Denpasar dan bagian-bagian lainnya di Bali. Kesempatan untuk bertemu rekan-rekan di Balikpapan, Palangkaraya dan Banjarmasin adalah pun menjadi sebuah kenyataan. Juga ketika saya mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi Jayapura dan Manokwari yang berada di Pulau Papua.  

2014. Masih ada beberapa hari lagi untuk dicapai. Bermimpilah yang besar dan tuliskan.  Mimpi itu gratis. Lanjutkan impian yang masih dalam perjalanan. Ubahlah bila terlalu merendahkan diri anda. Sebuah kata saja bisa dimaknai berbeda. Misalnya saja rumah. 

Rumah macam apa yang anda impikan? Seberapa besar? Dimana lokasinya? Berapa kamar tidurnya? Ada kolam renang di halaman belakang? di sebelah utara ada lapangan basket? Di belakang rumah ada sawah dan kebun untuk belajar bercocok tanam? Seberapa ramai dan makmur masjid yang akan ada di depan rumah anda? 

Pekerjaan terbaik seperti apa yang anda ingin lakukan? 

Kehidupan macam apa yang ingin anda kembangkan? 

Kontribusi kepada sesama seperti apa yang ingin anda dedikasikan kepada masyarakat luas?

Selamat bermimpi (mimpilah yang besar) dan terus bekerja (mulailah segera) untuk mewujudkannya. Laa haula walaa kuwwata illaa billaah.

Comments

  1. pak, kalo mimpi terlalu tinggi, apa nanti ga sakit kalo ga tercapai?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Andi,

      Karena mimpi itu sangat personal, silahkan diukur. kira-kira, kamu bisa berkomitmen untuk mencapainya atau tidak? Misalnya bila gaji sekarang 5 juta, terus kamu ingin gaji 10 juta, kira-kira itu terlalu tinggi atau tidak buat kamu? Bila ya, boleh dimulai dari 5,1 juta dan seterusnya. Kira-kira menantang atau tidak impian seperti itu? :)

      Salam, @MasNovanJogja

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

5 Tips Sukses Menjadi Mahasiswa Magang

Memahami Peran Human Resource dalam Organisasi

Apa itu Human Resource Business Professional (HRBP) ?