Skip to main content

Resolusi Tahun Baru: Bermimpilah Besar dan Bertindaklah Segera!

Jalan-jalan ke Singapura 2013
Suatu saat ketika saya masih SMP, saya mendapatkan oleh-oleh koin dan rupa-rupa lainnya dari Singapura. Suatu ketika saya juga mendapatkan gantungan kunci, oleh-oleh dari Saudara yang berlibur ke Malaysia. Suatu hari saya juga mendapatkan sebuah kaos Thailand dari Kakak saya yang berkesempatan mengikuti kegiatan seminar di negeri itu.

Suatu ketika terbayang oleh saya sebuah rumah yang teduh untuk tinggal bagi keluarga saya. 

Di sebuah kertas, yang saya tempelkan di meja belajar saya, tercetak empat kuadrannya Kiyosaki. Disana ada angka di masing-masing kuadrannya. Suatu waktu saya membayangkan akan tiba di pulau-pulau besar di Indonesia yaitu Bali, Kalimantan, Sumatra, Sulawesi, dan Papua.

Itulah impian. Mimpi yang pernah melintas dalam kehidupan saya.  

Tahun 2012, Saya berkesempatan untuk tiba di Thailand untuk mengikuti workshop di sana. Tahun 2013, program Global Talent Program dari Telkom Indonesia mengantarkan saya untuk menetap selama 12 minggu di Johor Bahru Malaysia dan berkesempatan untuk mengunjungi negara Singapura beberapa kali. Tahun 2011, sebuah rumah mungil di Bandung terwujud dan disanalah sekarang saya tinggal.

Cetakan kertas kuadran dan nominal angkanya yang baru-baru ini saya lihat juga menunjukkan realitasnya. Begitupun ketika saya berkesempatan untuk tiba di Nusa Dua, Tanjung Benoa, Denpasar dan bagian-bagian lainnya di Bali. Kesempatan untuk bertemu rekan-rekan di Balikpapan, Palangkaraya dan Banjarmasin adalah pun menjadi sebuah kenyataan. Juga ketika saya mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi Jayapura dan Manokwari yang berada di Pulau Papua.  

2014. Masih ada beberapa hari lagi untuk dicapai. Bermimpilah yang besar dan tuliskan.  Mimpi itu gratis. Lanjutkan impian yang masih dalam perjalanan. Ubahlah bila terlalu merendahkan diri anda. Sebuah kata saja bisa dimaknai berbeda. Misalnya saja rumah. 

Rumah macam apa yang anda impikan? Seberapa besar? Dimana lokasinya? Berapa kamar tidurnya? Ada kolam renang di halaman belakang? di sebelah utara ada lapangan basket? Di belakang rumah ada sawah dan kebun untuk belajar bercocok tanam? Seberapa ramai dan makmur masjid yang akan ada di depan rumah anda? 

Pekerjaan terbaik seperti apa yang anda ingin lakukan? 

Kehidupan macam apa yang ingin anda kembangkan? 

Kontribusi kepada sesama seperti apa yang ingin anda dedikasikan kepada masyarakat luas?

Selamat bermimpi (mimpilah yang besar) dan terus bekerja (mulailah segera) untuk mewujudkannya. Laa haula walaa kuwwata illaa billaah.

Comments

  1. pak, kalo mimpi terlalu tinggi, apa nanti ga sakit kalo ga tercapai?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Andi,

      Karena mimpi itu sangat personal, silahkan diukur. kira-kira, kamu bisa berkomitmen untuk mencapainya atau tidak? Misalnya bila gaji sekarang 5 juta, terus kamu ingin gaji 10 juta, kira-kira itu terlalu tinggi atau tidak buat kamu? Bila ya, boleh dimulai dari 5,1 juta dan seterusnya. Kira-kira menantang atau tidak impian seperti itu? :)

      Salam, @MasNovanJogja

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Apa itu Human Resource Business Professional (HRBP) ?

Untuk mengerti lebih lanjut mengenai apa itu Human Resource Business Professional (HRBP), Anda dapat mengunjungi situs berikut: http://www.hrci.org/docs/default-source/web-files/hrbpbok-pdf.pdf?sfvrsn=0

HRBP holder diharapkan mampu mendemonstrasikan keahlian atas prinsip-prinsip Human Resources operasional dan teknikal yang dapat diterima. Ini dilakukan untuk memvalidasi pengetahuan dan keahlian human resource yang core serta mendemonstrasikan prinsip-prinsip human resource dari para profesional yang mempraktikkan human resource di luar Amerika. Ini akan meningkatkan kredibilitas profesional HR dan organisasi dimana mereka bekerja.

Dari halaman pdf tersebut, Anda dapat mempelajari body of knowledge sertifikasi HRBP. Body of knowledge HRBP ini mencakup:
1. HR Administration (22%)
2. Recruitment and Selection (22%)
3. Employee Relations and Communication (20%)
4. Compensation and Benefits (14%)
5. Training and Development (15%)
6. Health, Safety and Security (7%). 

Area Fungsi 1, yaitu HR Admini…

Memahami Peran Human Resource dalam Organisasi

[1] Apa itu Human Resource Management (HRM)?
Ada beberapa definisi yang disampaikan dalam sejumlah referensi, salah satunya dari materi pelatihan sertifikasi Human Resource Business Partner (HRBP): 

1. A strategic and consistent approach to the management of an organization’s most valued assets i.e., the people who are contributing toward the achievement of the goals of the organization.
2. Employing people, developing the resources, utilizing the human talent effectively and efficiently, and compensating the services according to the organizational requirement.
3. A business tool that provides both theoretical framework and practical tools to handle the workforce.


Mana definisi yang menurut anda paling mudah anda pahami?
Bagi saya, definisi ketiga-lah yang paling mudah saya pahami. Kata-kata kuncinya yaitu alat bisnis, teori, praktik, dan pengelolaan tenaga kerja. Saya terjemahkan menjadi: HRM adalah alat bisnis yang terdiri dari kerangka teori dan alat-alat bantu praktis untuk mengelola …

5 Tips Sukses Menjadi Mahasiswa Magang

Mahasiswa Magang. Ya, mahasiswa yang menjalani 'kerja praktik' di perusahaan tertentu merupakan para mahasiswa magang.Sejumlah mahasiswa magang sudah pernah saya temui dan saya bimbing. Salah satunya sekarang juga bekerja di TELKOM.
Ketika ada sejumlah mahasiswa magang di unit saya, dan kemudian tanggung jawab diserahkan kepada saya untuk jadi pembimbing praktik, tentu saya dengan senang hati membantu mereka mencapai tujuan magangnya.
Menjadi mahasiswa magang, dalam pandangan saya, harus punya tujuan. Tujuan itu sifatnya sangat personal, namun pada umumnya hampir-hampir sama, 11-12 lah, yaitu sukses saat kerja praktik, yang berarti nilai A atas hasil kinerjanya.
#1 Miliki Tujuan yang Jelas Sukses menjadi mahasiswa magang harus diawali dengan tujuan magang yang jelas.Jika tujuan anda 'hanya' ingin sekedar memenuhi kewajiban prasyarat kuliah, ya itulah yang akan anda dapatkan. Sayang aja sih jika itu saja tujuannya. Padahal banyak lho yang bisa didapatkan saat menjalani kerj…