Inilah 7 Tulisan Terpopuler MasNovanJogja di Tahun 2013

Pengalaman yang saya bagi kepada rekan-rekan mengenai perjalanan dari Danga Bay, Johor Bahru, Malaysia ke Changi Airport, Singapura dimulai pukul 4 pagi menggunakan transportasi publik. Sampai di Changi Airport jam 7.00 pagi. Total Biaya yang diperlukan 22 RM plus 14,5 SGD. 



2. Javabica Cafelicious Sumiyaki Roast
Saya termasuk konsumen kopi instan. Biasanya saya meminumnya di waktu siang sebelum dhuhur, atau setelah ashar sebelum pulang kantor. Salah satu kopi instan yang saya pernah minum adalah javabica cafelicious sumiyaki roast. Inilah pengalaman saya kala menikmati kopi tersebut: "Sumiyaki Roast, yang diproduksi oleh Javabica ini terlihat lebih hitam dan meninggalkan sedikit ampas kopi. Rasanya enak dan tidak terlalu mengulik lambung saya." 



Sebuah pos tentang bagaimana menjadi mahasiswa magang yang sukses. Ini ditulis berdasarkan pengalaman saya menjadi mentor atau pembimbing bagi mahasiswa magang di perusahaan saya bekerja saat ini. Perhatikan lima tips berikut: Miliki tujuan yang jelas, fokus dan kerja keras, bertanyalah pada ahlinya, penuhilah syarat administrasi yang diperlukan, dan perluas jaringan anda. 


Inilah nilai-nilai yang dianut oleh Telkom Indonesia yaitu  nilai 5C (5C Values). Kelima nilai ini kemudian diturunkan menjadi 15 perilaku kunci yang akan diamalkan oleh perusahaan dalam berinteraksi dengan seluruh stakeholders, yang terdiri dari: Commitment to Long Term, Customer First, Caring Meritocracy, Co-Creation of Win-win Partnership, dan Collaborative Innovation


Report article dari kegiatan Training & Development Summit 2011 ini membahas mengenai bagaimana membangun SDM berkarakter lokal bermutu internasional. Pada kesempatan tersebut dalam pleno kegiatan ini ada tiga pembicara yang  memaparkan pengalamannya .Pertama, Effendi Ibnoe mengemukakan kisahnya dalam pengelolaan Talent di General Electrics dan Standard Chartered Bank. Kedua, Faisal Syam, Direktur HCGA PT Telkom Indonesia berbagi pengalaman pengelolaan talent di perusahaannya. dan ketiga, Prof Dr. Djamaluddin Ancok, mewakili dari kalangan akademisi, melengkapi kajian-kajian dalam pleno sebelumnya dengan memaparkan bagaimana menjaga dan membangun para talent di perusahaan.
Artikel ini menceritakan sejumlah faktor yang dapat digunakan untuk menjaga loyalitas karyawan. Loyalitas karyawan itu bisa terjaga dengan baik ketika perusahaan mampu memahami kebutuhan dan menawarkan terpenuhinya kebutuhan karyawan tersebut dalam keterbatasan yang dimiliki oleh perusahaan. Dengan adanya keterbatasan tersebut, maka perusahaan akan mampu mempertahankan loyalitas karyawan pada batasan yang dimilikinya. Bila kebutuhan karyawan melampaui keterbatasan pemenuhan perusahaan, maka loyalitas tersebut akan berkurang. 


Hasil dari mengikuti pelatihan dari Tower Watson mengenai performance management ini mengemukakan tiga prinsip manajemen kinerja yang harus diperhatikan adalah pertama, manajemen kinerja merupakan dual stream, dimana terdapat hard goals dan soft goals. Kedua, manajemen kinerja harus selaras dengan strategi bisnis perusahaan. Strategi bisnis perusahaan ini akan diturunkan ke dalam divisi-divisi. Masing-masing divisi kemudian akan diturunkan ke dalam sasaran-sasaran individu. Oleh karena itu, prinsip yang ketiga yaitu manajemen kinerja harus saling terhubung dengan sistem SDM lainnya adalah untuk menciptakan nilai tambah bagi seluruh karyawan.

Sekian sharing saya. Semoga bermanfaat. 

stay focused. be prepared. @MasNovanJogja

Comments