Skip to main content

Buku: The Power of Habit - Dahsyatnya Kebiasaan (Charles Duhigg)

The Power of Habit
THE POWER OF HABIT

Dahsyatnya Kebiasaan : Mengapa Kita Melakukan Apa yang Kita Lakukan dalam Hidup dan Bisnis

Penulis: Charles Duhigg

Harga: Rp 79.000,00 diskon 5% Rp 75.000,00

=======

Pemesanan
Untuk pemesanan, silakan SMS/WA ke 0852-286-17476 dengan format: 
Pesan (spasi) Buku The Power of Habit (spasi) kirim ke (spasi) Nama (spasi) alamat lengkap beserta nama kecamatan (spasi) transfer via BCA/BNI/Mandiri*

*pilih salah satu

======

KEBIASAAN ADALAH RAHASIA KEBERHASILAN

Travis, seorang pemuda broken home dengan orang tua pecandu obat, berkali-kali dipecat dari pekerjaan karena tak bisa mengendalikan emosi. Namun sesudah menjalani pelatihan pegawai Starbucks yang mengajarkan kekuatan tekad, Travis kini sukses menjadi manajer dua cabang kafe terkenal itu. 

Seorang CEO baru, Paul O Neil, memegang salah satu perusahaan raksasa Amerika. Perintah pertamanya adalah menumbuhkan kepedulian keselamatan kerja - dan hasilnya saham perusahaan itu, Alcoa, menjadi salah satu yang berkinerja terbaik di Dow Jones. 


Apa kesamaan kedua contoh itu? Keduanya berhasil sesudah bisa mengubah pola yang membentuk tiap segi kehidupan kita. 

Mereka berhasil karena beralih ke kebiasaan yang tepat.  Inilah The Power of Habit. 

Dari bangun sampai tidur, ketika berjalan, bekerja, makan, bersantai, hidup kita tak lepas dari kebiasaan. Organisasi dan perusahaan pun memiliki kebiasaan. Kebiasaan bisa mendatangkan keuntungan maupun kerugian - bagi diri kita, orang lain, maupun masyarakat. 

The Power of Habit mengungkapkan temuan ilmiah terbaru yang menjelaskan mengapa kebiasaan ada, apa unsur-unsurnya, dan bagaimana cara kita dapat mengubah kebiasaan pribadi, organisasi, maupun komunitas. Memahami dahsyatnya kebiasaan atau the power of habit ini berarti memahami sebagian hakikat manusia dan potensi keberhasilan dari kebiasaan yang tepat. 

Kata Jim Collins, penulis Good to Great dan Built to Last tentang The Power of Habit:
"Tesis Charles Duhigg kuat karena kesederhanaannya yang elegan: hadapi akar pemicu kebiasaan kita, terima bahwa akar itu sukar diubah, lalu salurkan apa yang diidamkan menjadi pola produktif. wawasan intinya tajam, provokatif, dan berguna".

Penulis Drive dan A Whole New Mind, Daniel H Pink, berpendapat begini tentang The Power of Habit:
"Charles Duhigg memadukan dengan baik riset terkini dan cerita-cerita menarik untuk mengungkap bagaimana kebiasaan membentuk hidup kita dan bagaimana kita bisa membentuk kebiasaan. Kalau Anda sudah baca buku ini, Anda tak akan lagi melihat diri Anda, organisasi Anda, atau dunia Anda dengan cara yang sama"

Charles Duhigg adalah reporter investigasi The New York Times. Dia pernah meraih penghargaan National Academies of Sciences, National Journalism, dan menjadi anggota tim finalis Hadiah Pulitzer 2009. Dia kontributor untuk This American Life, NPR, PBS NewsHour, dan Frontline. Dia lulusan Harvard Business School dan Yale College, serta tinggal di Brooklyn bersama istri dan dua anaknya. 

Anda bisa berdiskusi langsung dengan Charles Duhigg di websitenya ini

Semoga bermanfaat. 
Salam, @MasNovanJogja

Comments

Popular posts from this blog

Apa itu Human Resource Business Professional (HRBP) ?

Untuk mengerti lebih lanjut mengenai apa itu Human Resource Business Professional (HRBP), Anda dapat mengunjungi situs berikut: http://www.hrci.org/docs/default-source/web-files/hrbpbok-pdf.pdf?sfvrsn=0

HRBP holder diharapkan mampu mendemonstrasikan keahlian atas prinsip-prinsip Human Resources operasional dan teknikal yang dapat diterima. Ini dilakukan untuk memvalidasi pengetahuan dan keahlian human resource yang core serta mendemonstrasikan prinsip-prinsip human resource dari para profesional yang mempraktikkan human resource di luar Amerika. Ini akan meningkatkan kredibilitas profesional HR dan organisasi dimana mereka bekerja.

Dari halaman pdf tersebut, Anda dapat mempelajari body of knowledge sertifikasi HRBP. Body of knowledge HRBP ini mencakup:
1. HR Administration (22%)
2. Recruitment and Selection (22%)
3. Employee Relations and Communication (20%)
4. Compensation and Benefits (14%)
5. Training and Development (15%)
6. Health, Safety and Security (7%). 

Area Fungsi 1, yaitu HR Admini…

Memahami Peran Human Resource dalam Organisasi

[1] Apa itu Human Resource Management (HRM)?
Ada beberapa definisi yang disampaikan dalam sejumlah referensi, salah satunya dari materi pelatihan sertifikasi Human Resource Business Partner (HRBP): 

1. A strategic and consistent approach to the management of an organization’s most valued assets i.e., the people who are contributing toward the achievement of the goals of the organization.
2. Employing people, developing the resources, utilizing the human talent effectively and efficiently, and compensating the services according to the organizational requirement.
3. A business tool that provides both theoretical framework and practical tools to handle the workforce.


Mana definisi yang menurut anda paling mudah anda pahami?
Bagi saya, definisi ketiga-lah yang paling mudah saya pahami. Kata-kata kuncinya yaitu alat bisnis, teori, praktik, dan pengelolaan tenaga kerja. Saya terjemahkan menjadi: HRM adalah alat bisnis yang terdiri dari kerangka teori dan alat-alat bantu praktis untuk mengelola …

5 Tips Sukses Menjadi Mahasiswa Magang

Mahasiswa Magang. Ya, mahasiswa yang menjalani 'kerja praktik' di perusahaan tertentu merupakan para mahasiswa magang.Sejumlah mahasiswa magang sudah pernah saya temui dan saya bimbing. Salah satunya sekarang juga bekerja di TELKOM.
Ketika ada sejumlah mahasiswa magang di unit saya, dan kemudian tanggung jawab diserahkan kepada saya untuk jadi pembimbing praktik, tentu saya dengan senang hati membantu mereka mencapai tujuan magangnya.
Menjadi mahasiswa magang, dalam pandangan saya, harus punya tujuan. Tujuan itu sifatnya sangat personal, namun pada umumnya hampir-hampir sama, 11-12 lah, yaitu sukses saat kerja praktik, yang berarti nilai A atas hasil kinerjanya.
#1 Miliki Tujuan yang Jelas Sukses menjadi mahasiswa magang harus diawali dengan tujuan magang yang jelas.Jika tujuan anda 'hanya' ingin sekedar memenuhi kewajiban prasyarat kuliah, ya itulah yang akan anda dapatkan. Sayang aja sih jika itu saja tujuannya. Padahal banyak lho yang bisa didapatkan saat menjalani kerj…