Hal Hal Kecil dan Kepemimpinan

Beberapa hari ini saya sering mendengar kalimat ini: 

"hal-hal kecil yang remeh temeh itu pekerjaan di level operasional. Pemimpin harus bicara yang besar dan strategis."

Saya memilih untuk membaca. 





Heppy Trenggono di bukunya 9 Pertanyaan Fundamental - Strategi membangun kekayaan Tanpa Riba, di halaman 69 menuliskan begini: 

"Ketika memulai bisnis, biasanya Anda dituntut untuk mengerjakan semua pekerjaan sendirian. Dari merancang konsep hingga mencatat daftar belanja. Saat memulai bisnis beranikan diri untuk "melakukan pekerjaan kecil". 

Kelak jika Anda menjadi pemimpin yang sukses, Anda akan merasakan betapa pentingnya "hal kecil" bagi keberhasilan perusahaan. Pemimpin yang paling disegani selalu bersedia melakukannya. Yang dilakukannya disaksikan orang lain dan mereka akan menirunya". 

****

Bagaimana praktiknya dalam kehidupan sehari-hari? 

Adanya dashboard, check list, dan monitoring tools lainnya seorang pemimpin akan sangat terbantu untuk memahami segera hal-hal kecil yang mempengaruhi keputusan-keputusan strategisnya. 

Di perusahaan dengan jumlah karyawan 17.000 ini, saya sering diminta untuk menganalisis hal-hal kecil yang dapat menjadi pertimbangan keputusan pemimpin. Terakhir, bisa dibilang "hanya" 0,04% yang terkena dampaknya, namun saya diminta untuk melakukan analisis yang mendalam bahkan sampai menjadi rumusan kebijakan yang kemudian disetujui oleh pemimpin. 

Mengapa demikian?

Salah satunya karena kondisi tersebut merupakan hal kecil yang dapat mempengaruhi iklim kerja organisasi di masa depan bila tidak ditangani segera. Hal kecil dan mendasar, tepatnya. 

Pun ketika saya berada di rumah. Hal "kecil" berupa genangan air yang tumpah dari gelas  di lantai menjadi perhatian saya. Saya pernah terpeleset karena adanya genangan air di lantai dan saya tidak ingin anggota keluarga saya yang lainnya terpeleset karena hal "kecil" seperti itu. Karena ketika salah seorang anggota keluarga saya terpeleset dan kemudian mengalami cidera, hal tersebut akan berdampak pada produktivitas keluarga secara menyeluruh. 

Semoga bermanfaat. Salam, @MasNovanJogja 

Sumber gambar disini.

Comments

Popular posts from this blog

5 Tips Sukses Menjadi Mahasiswa Magang

Memahami Peran Human Resource dalam Organisasi

Apa itu Human Resource Business Professional (HRBP) ?