Skip to main content

The Power of Focus - Empat Belas Pedoman untuk Melampaui Harapan Pelanggan

Utamakan Pelanggan dan Karyawan.

Kalimat ini muncul di Majalah SWA Edisi 9/ 2015 tentang LL Bean (baca di artikel ini: " Pilar Sukses Peninggalan Tuan Bean ").

Kata-kata ini pun diulang kembali di buku The Power of Focus.


Empat Area Utama
Di halaman 329, Jack Canfield dan kawan-kawan menuliskan:

Empat area utama dari Perusahaan yang memberikan NILAI adalah: (Perhatikan urutannya ya)

  1. PELANGGAN yang sepenuhnya puas. 
  2. Pengembangan dan pemberdayaan KARYAWAN. 
  3. Pertumbuhan. 
  4. Keuntungan. 


MasNovanJogja: Empat area utama tersebut menurut saya sudah sangat jelas untuk memahami bagaimana Perusahaan bisa terus bertumbuh dan untung. Pada dua area utama, pelanggan puas dan pengembangan karyawan untuk bisa membuat pelanggan puas itulah yang akan mendorong dua area utama berikutnya: Pertumbuhan dan Keuntungan. 

Pertanyaannya, bagaimana membuat pelanggan puas atas jasa atau produk dari suatu perusahaan?

Mari kita simak tulisan Jack Canfield dan kawan-kawan di halaman berikutnya, 330-331, yaitu empat belas penjelasan atas empat area utama tadi.

Empat Belas Pedoman untuk Melampaui Harapan Pelanggan

  1. UTAMAKAN untuk menjaga sebaik mungkin pelanggan dan karyawan Anda. Keuntungan akan datang dengan sendirinya. 
  2. Jangan hanya berusaha membuat pelanggan puas. PERLAKUKAN mereka sebaik-baiknya agar mereka BENAR-BENAR PUAS. 
  3. Daripada membuang-buang uang untuk desain interior, bangunlah tempat bisnis Anda dengan mengutamakan KENYAMANAN PELANGGAN. 
  4. Jangan lupakan hal-hal dasar - Berjabat tangan dan menyapa orang dengan namanya - yang bisa membuat pelanggan baru menjadi PELANGGAN TETAP. 
  5. Ingatlah bahwa pelanggan setia adalah aset penting karena membutuhkan biaya lima hingga enam kali lipat untuk mendapatkan pelanggan baru daripada mempertahankan pelanggan lama. 
  6. Pandanglah pelanggan Anda sebagai orang TERPENTING yang masuk melalui pintu Anda. 
  7. KOMITMEN TOTAL pada layanan pelanggan harus dimulai di LEVEL TERATAS dari organisasi. 
  8. Jangan pernah menggoyahkan INTEGRITAS Anda. 
  9. Jangan melakukan tindakan yang tidak adil pada pelanggan Anda, bahkan jika hal itu dianggap sebagai hal yang lumrah dalam bisnis Anda. Meskipun melakukan hal itu dapat MENINGKATKAN KEUNTUNGAN DALAM JANGKA PENDEK, tindakan seperti itu membuat orang tidak mau lagi berbisnis dengan Anda. 
  10. Hindari meminta bayaran pada pelanggan untuk LAYANAN-LAYANAN KECIL yang membuat Anda mengeluarkan sedikit biaya atau tanpa biaya untuk melakukannya, terutama pada pelanggan tetap Anda. 
  11. Bukalah kesempatan-kesempatan yang akan menguntungkan Anda dalam JANGKA PANJANG.
  12. Ambillah langkah ekstra untuk membuat KESAN PERTAMA yang BAIK.
  13. Kelilingilah bisnis Anda dengan para WIRAUSAHAWAN YANG SATU PEMIKIRAN dengan Anda dan dengarkanlah pendapat pendapat mereka.
  14. Bersiaplah untuk BERAKSI dan berdiri teguh saat krisis datang, bahkan jika Anda harus kembali hingga ke dasar untuk MELAKUKAN APA YANG BENAR.   

MasNovanJogja: Empat belas pedoman ini disadur dari Exceeding Customer Expectations. Jika Anda googling dengan tiga kata tersebut, akan banyak kok yang membahas bagaimana mencapainya.

Dengan demikian, tips atau pedoman ini sebenarnya bisa dibaca berulang-ulang. Dan tentu yang lebih krusial adalah bagaimana MENGEKSEKUSINYA dalam kehidupan Perusahaan. 

Apakah mudah untuk memuaskan pelanggan? Membangun dan mengembangkan karyawan? mendapatkan pertumbuhan dan keuntungan? Ingatlah pepatah ini: Bagaimana cara memakan GAJAH? Potonglah kecil-kecil. Inilah The Power of Focus. Cobalah untuk mengerti dan menerapkan cara-cara untuk memuaskan pelanggan DAN bangunlah serta kembangkan karyawan sesuai passion atau minat mereka. MAKA, pertumbuhan dan keuntungan akan datang dengan sendirinya. 

Salam, @MasNovanJogja


BELI Buku The Power of Focus? 

WA/SMS ke Ibu Adhya 0852-922-9692 dengan format: Pesan The Power of Focus (spasi) Jumlah Buku (Spasi) Nama Pemesan (spasi) alamat lengkap beserta nama Kecamatan kode pos (spasi) transfer via BCA/BNI/Mandiri* Pilih Salah Satu


Temukan koleksi buku lainnya di bukuloka.com

Comments

Popular posts from this blog

Apa itu Human Resource Business Professional (HRBP) ?

Untuk mengerti lebih lanjut mengenai apa itu Human Resource Business Professional (HRBP), Anda dapat mengunjungi situs berikut: http://www.hrci.org/docs/default-source/web-files/hrbpbok-pdf.pdf?sfvrsn=0

HRBP holder diharapkan mampu mendemonstrasikan keahlian atas prinsip-prinsip Human Resources operasional dan teknikal yang dapat diterima. Ini dilakukan untuk memvalidasi pengetahuan dan keahlian human resource yang core serta mendemonstrasikan prinsip-prinsip human resource dari para profesional yang mempraktikkan human resource di luar Amerika. Ini akan meningkatkan kredibilitas profesional HR dan organisasi dimana mereka bekerja.

Dari halaman pdf tersebut, Anda dapat mempelajari body of knowledge sertifikasi HRBP. Body of knowledge HRBP ini mencakup:
1. HR Administration (22%)
2. Recruitment and Selection (22%)
3. Employee Relations and Communication (20%)
4. Compensation and Benefits (14%)
5. Training and Development (15%)
6. Health, Safety and Security (7%). 

Area Fungsi 1, yaitu HR Admini…

Memahami Peran Human Resource dalam Organisasi

[1] Apa itu Human Resource Management (HRM)?
Ada beberapa definisi yang disampaikan dalam sejumlah referensi, salah satunya dari materi pelatihan sertifikasi Human Resource Business Partner (HRBP): 

1. A strategic and consistent approach to the management of an organization’s most valued assets i.e., the people who are contributing toward the achievement of the goals of the organization.
2. Employing people, developing the resources, utilizing the human talent effectively and efficiently, and compensating the services according to the organizational requirement.
3. A business tool that provides both theoretical framework and practical tools to handle the workforce.


Mana definisi yang menurut anda paling mudah anda pahami?
Bagi saya, definisi ketiga-lah yang paling mudah saya pahami. Kata-kata kuncinya yaitu alat bisnis, teori, praktik, dan pengelolaan tenaga kerja. Saya terjemahkan menjadi: HRM adalah alat bisnis yang terdiri dari kerangka teori dan alat-alat bantu praktis untuk mengelola …

5 Tips Sukses Menjadi Mahasiswa Magang

Mahasiswa Magang. Ya, mahasiswa yang menjalani 'kerja praktik' di perusahaan tertentu merupakan para mahasiswa magang.Sejumlah mahasiswa magang sudah pernah saya temui dan saya bimbing. Salah satunya sekarang juga bekerja di TELKOM.
Ketika ada sejumlah mahasiswa magang di unit saya, dan kemudian tanggung jawab diserahkan kepada saya untuk jadi pembimbing praktik, tentu saya dengan senang hati membantu mereka mencapai tujuan magangnya.
Menjadi mahasiswa magang, dalam pandangan saya, harus punya tujuan. Tujuan itu sifatnya sangat personal, namun pada umumnya hampir-hampir sama, 11-12 lah, yaitu sukses saat kerja praktik, yang berarti nilai A atas hasil kinerjanya.
#1 Miliki Tujuan yang Jelas Sukses menjadi mahasiswa magang harus diawali dengan tujuan magang yang jelas.Jika tujuan anda 'hanya' ingin sekedar memenuhi kewajiban prasyarat kuliah, ya itulah yang akan anda dapatkan. Sayang aja sih jika itu saja tujuannya. Padahal banyak lho yang bisa didapatkan saat menjalani kerj…