Skip to main content

5 Fakta Unik Sampul Buku Out Of The Truck Box Iqbal Aji Daryono

Sudah lama buku Out of the Truck Box ini saya baca dan suatu waktu pernah saya sampaikan ke penulisnya, Iqbal Aji Daryono (Selanjutnya saya singkat kang Iqbal) baik melalui akun fesbuk maupun twitternya, buku ini akan saya resensi.

Bila anda bertanya kepada saya apa isi buku Out of the Truck Box, jawaban singkatnya: inspiratif! 

Bagaimana dengan jawaban panjangnya? Itu berarti anda meminta saya membaca untuk yang kedua kalinya. Insya Allah, setelah tumpukan-tumpukan buku lainnya yang sudah menunggu untuk disentuh dan dibaca, saya akan tuliskan hal-hal inspiratif dari buku Out of the Truck Box.

Sementara itu, untuk memenuhi kata-kata yang telah tertulis di dinding facebook maupun twitter, ijinkan saya untuk memaparkan 5 fakta unik dari sampul buku Out of the Truck Box ini.


Pertama, pilihan warna merah

Saya melihatnya sebagai positioning “buku merah”. Buku Out of the Truck Box bersampul dominan merah ini  akan menarik perhatian orang ketika dipajang di toko buku dan disandingkan dengan buku-buku lainnya yang berwarna hitam atau putih. Warna merah itu dominan dan cukup kuat untuk menarik perhatian mata. 


Kedua, huruf besar OUT BOX. 

Di dalam dunia per-email-an, saya lebih sering membuka folder IN BOX dibandingkan OUT BOX. OUT BOX hanya akan saya buka ketika rekan kerja yang meminta file untuk dikirim menanyakan kepada saya mengapa email tak juga sampai. Nah, barulah saya akan buka folder OUT BOX. Biasanya bila email yang saya kirim nyangkut misalnya gara-gara koneksi terputus atau kecepatan internet sedang lambat, di folder inilah email itu nangkring. 

Apa maknanya? OUT BOX berarti semua ini sedang berproses, belum sampai pada akhirnya. Artinya apa sih? Ya sederhananya, Kang Iqbal ingin berpesan, apa yang saya tulis ini sebaik-baiknya ada kebajikan yang bisa pembaca dapatkan; nyangkut di alam pikiran pembacanya. Gitu lho. 

Begitu tidak ada yang nyangkut di folder OUT BOX itu menandakan “there are no items to show in this view”.  


Ketiga, penggunaan simbol hewan Kanguru. 

Rasanya kita mengenal Kanguru sebagai hewan khas negara Australia. Kang Iqbal ingin menyampaikan bahwa buku ini hasil buah pemikiran di kala senggangnya saat bekerja dan belajar di Australia. Maka beruntunglah negara-negara yang memiliki asosiasi dengan suatu hewan seperti Indonesia dengan Garuda-nya, Australia dengan Kanguru-nya, dan China dengan Panda-nya. 

Bagaimana dengan negara lain yang belum memiliki asosiasi dengan suatu hewan? Tenang saja, masih banyak stock hewan yang belum memiliki asosiasi. Pilihan dari kucing hingga buaya masih bisa disematkan sebagai asosiasi sebuah negara. 

Iya kan?

 
Keempat, penulisan awal kata nama iqbal aji daryono yang menggunakan huruf kecil. 

Bagaimana bisa di sampul buku Out of the Truck Box yang ditulis oleh pengamat bahasa yang pernah mabuk bahasa ini mengabaikan penulisan huruf kapital dalam penulisan nama sebagai bagian dari pakem EYD? 

Perhatikan saja penulisan Pengantar. Puthut EA saja tetap menggunakan huruf kapital. Sudahlah, biarkan nanti Kang Iqbal yang menjawab.


Terakhir, pilihan material perwakilan gambar (mirip) truk yang menggunakan kertas kardus coklat. 

Dugaan saya, Kang Iqbal ini sering mengantarkan kardus kardus pada saat ia bekerja sebagai supir truk di Australia. Tentu akan berbeda jika ia lebih sering mengantarkan paket yang berupa surat atau dokumen yang dibungkus dengan kertas warna colat atau putih. 


Nah, begitulah lima fakta unik dari sampul buku Out of The Truck Box karya Iqbal Aji Daryono. Seorang penulis aktif di media facebook melalui status dan sudah mulai jarang menghidupi akun twitternya di @iqbalkita. Kapling di facebooknya konon sudah penuh dan saya tidak tahu mengapa ia tak kunjung membuat Fan Page. 



Semoga bermanfaat. 

Comments

  1. Bukunya bagus nih..bikin resensinya dong pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe...kok tahu kalo bagus?

      Oke Pak Ishak. :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Apa itu Human Resource Business Professional (HRBP) ?

Untuk mengerti lebih lanjut mengenai apa itu Human Resource Business Professional (HRBP), Anda dapat mengunjungi situs berikut: http://www.hrci.org/docs/default-source/web-files/hrbpbok-pdf.pdf?sfvrsn=0

HRBP holder diharapkan mampu mendemonstrasikan keahlian atas prinsip-prinsip Human Resources operasional dan teknikal yang dapat diterima. Ini dilakukan untuk memvalidasi pengetahuan dan keahlian human resource yang core serta mendemonstrasikan prinsip-prinsip human resource dari para profesional yang mempraktikkan human resource di luar Amerika. Ini akan meningkatkan kredibilitas profesional HR dan organisasi dimana mereka bekerja.

Dari halaman pdf tersebut, Anda dapat mempelajari body of knowledge sertifikasi HRBP. Body of knowledge HRBP ini mencakup:
1. HR Administration (22%)
2. Recruitment and Selection (22%)
3. Employee Relations and Communication (20%)
4. Compensation and Benefits (14%)
5. Training and Development (15%)
6. Health, Safety and Security (7%). 

Area Fungsi 1, yaitu HR Admini…

Memahami Peran Human Resource dalam Organisasi

[1] Apa itu Human Resource Management (HRM)?
Ada beberapa definisi yang disampaikan dalam sejumlah referensi, salah satunya dari materi pelatihan sertifikasi Human Resource Business Partner (HRBP): 

1. A strategic and consistent approach to the management of an organization’s most valued assets i.e., the people who are contributing toward the achievement of the goals of the organization.
2. Employing people, developing the resources, utilizing the human talent effectively and efficiently, and compensating the services according to the organizational requirement.
3. A business tool that provides both theoretical framework and practical tools to handle the workforce.


Mana definisi yang menurut anda paling mudah anda pahami?
Bagi saya, definisi ketiga-lah yang paling mudah saya pahami. Kata-kata kuncinya yaitu alat bisnis, teori, praktik, dan pengelolaan tenaga kerja. Saya terjemahkan menjadi: HRM adalah alat bisnis yang terdiri dari kerangka teori dan alat-alat bantu praktis untuk mengelola …

5 Tips Sukses Menjadi Mahasiswa Magang

Mahasiswa Magang. Ya, mahasiswa yang menjalani 'kerja praktik' di perusahaan tertentu merupakan para mahasiswa magang.Sejumlah mahasiswa magang sudah pernah saya temui dan saya bimbing. Salah satunya sekarang juga bekerja di TELKOM.
Ketika ada sejumlah mahasiswa magang di unit saya, dan kemudian tanggung jawab diserahkan kepada saya untuk jadi pembimbing praktik, tentu saya dengan senang hati membantu mereka mencapai tujuan magangnya.
Menjadi mahasiswa magang, dalam pandangan saya, harus punya tujuan. Tujuan itu sifatnya sangat personal, namun pada umumnya hampir-hampir sama, 11-12 lah, yaitu sukses saat kerja praktik, yang berarti nilai A atas hasil kinerjanya.
#1 Miliki Tujuan yang Jelas Sukses menjadi mahasiswa magang harus diawali dengan tujuan magang yang jelas.Jika tujuan anda 'hanya' ingin sekedar memenuhi kewajiban prasyarat kuliah, ya itulah yang akan anda dapatkan. Sayang aja sih jika itu saja tujuannya. Padahal banyak lho yang bisa didapatkan saat menjalani kerj…