5 Fakta Unik Sampul Buku Out Of The Truck Box Iqbal Aji Daryono

Sudah lama buku Out of the Truck Box ini saya baca dan suatu waktu pernah saya sampaikan ke penulisnya, Iqbal Aji Daryono (Selanjutnya saya singkat kang Iqbal) baik melalui akun fesbuk maupun twitternya, buku ini akan saya resensi.

Bila anda bertanya kepada saya apa isi buku Out of the Truck Box, jawaban singkatnya: inspiratif! 

Bagaimana dengan jawaban panjangnya? Itu berarti anda meminta saya membaca untuk yang kedua kalinya. Insya Allah, setelah tumpukan-tumpukan buku lainnya yang sudah menunggu untuk disentuh dan dibaca, saya akan tuliskan hal-hal inspiratif dari buku Out of the Truck Box.

Sementara itu, untuk memenuhi kata-kata yang telah tertulis di dinding facebook maupun twitter, ijinkan saya untuk memaparkan 5 fakta unik dari sampul buku Out of the Truck Box ini.


Pertama, pilihan warna merah

Saya melihatnya sebagai positioning “buku merah”. Buku Out of the Truck Box bersampul dominan merah ini  akan menarik perhatian orang ketika dipajang di toko buku dan disandingkan dengan buku-buku lainnya yang berwarna hitam atau putih. Warna merah itu dominan dan cukup kuat untuk menarik perhatian mata. 


Kedua, huruf besar OUT BOX. 

Di dalam dunia per-email-an, saya lebih sering membuka folder IN BOX dibandingkan OUT BOX. OUT BOX hanya akan saya buka ketika rekan kerja yang meminta file untuk dikirim menanyakan kepada saya mengapa email tak juga sampai. Nah, barulah saya akan buka folder OUT BOX. Biasanya bila email yang saya kirim nyangkut misalnya gara-gara koneksi terputus atau kecepatan internet sedang lambat, di folder inilah email itu nangkring. 

Apa maknanya? OUT BOX berarti semua ini sedang berproses, belum sampai pada akhirnya. Artinya apa sih? Ya sederhananya, Kang Iqbal ingin berpesan, apa yang saya tulis ini sebaik-baiknya ada kebajikan yang bisa pembaca dapatkan; nyangkut di alam pikiran pembacanya. Gitu lho. 

Begitu tidak ada yang nyangkut di folder OUT BOX itu menandakan “there are no items to show in this view”.  


Ketiga, penggunaan simbol hewan Kanguru. 

Rasanya kita mengenal Kanguru sebagai hewan khas negara Australia. Kang Iqbal ingin menyampaikan bahwa buku ini hasil buah pemikiran di kala senggangnya saat bekerja dan belajar di Australia. Maka beruntunglah negara-negara yang memiliki asosiasi dengan suatu hewan seperti Indonesia dengan Garuda-nya, Australia dengan Kanguru-nya, dan China dengan Panda-nya. 

Bagaimana dengan negara lain yang belum memiliki asosiasi dengan suatu hewan? Tenang saja, masih banyak stock hewan yang belum memiliki asosiasi. Pilihan dari kucing hingga buaya masih bisa disematkan sebagai asosiasi sebuah negara. 

Iya kan?

 
Keempat, penulisan awal kata nama iqbal aji daryono yang menggunakan huruf kecil. 

Bagaimana bisa di sampul buku Out of the Truck Box yang ditulis oleh pengamat bahasa yang pernah mabuk bahasa ini mengabaikan penulisan huruf kapital dalam penulisan nama sebagai bagian dari pakem EYD? 

Perhatikan saja penulisan Pengantar. Puthut EA saja tetap menggunakan huruf kapital. Sudahlah, biarkan nanti Kang Iqbal yang menjawab.


Terakhir, pilihan material perwakilan gambar (mirip) truk yang menggunakan kertas kardus coklat. 

Dugaan saya, Kang Iqbal ini sering mengantarkan kardus kardus pada saat ia bekerja sebagai supir truk di Australia. Tentu akan berbeda jika ia lebih sering mengantarkan paket yang berupa surat atau dokumen yang dibungkus dengan kertas warna colat atau putih. 


Nah, begitulah lima fakta unik dari sampul buku Out of The Truck Box karya Iqbal Aji Daryono. Seorang penulis aktif di media facebook melalui status dan sudah mulai jarang menghidupi akun twitternya di @iqbalkita. Kapling di facebooknya konon sudah penuh dan saya tidak tahu mengapa ia tak kunjung membuat Fan Page. 



Semoga bermanfaat. 

Comments

  1. Bukunya bagus nih..bikin resensinya dong pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe...kok tahu kalo bagus?

      Oke Pak Ishak. :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

5 Tips Sukses Menjadi Mahasiswa Magang

Memahami Peran Human Resource dalam Organisasi

Apa itu Human Resource Business Professional (HRBP) ?