Skip to main content

Dikucilkan di Tempat Kerja dan Demotivasi? Bayangkan Uang


Inilah saran Mok dan Cremer dalam penelitiannya mengenai karyawan yang dikucilkan (social ostracism) ditempat kerja. Ketika mereka dikucilkan, apa sih yang mereka rasakan?

Keterasingan dari lingkungan.

Apabila hal tersebut dibiarkan maka karyawan yang dikucilkan akan mengurangi keterlibatannya untuk membantu rekan kerjanya (prosocial  behaviors). 

Hasil akhirnya, pengucilan itu bisa berdampak pada produktivitas karyawan tersebut yang kemudian akan semakin rendah. Alhasil, komitmennya terhadap keberhasilan pencapaian sasaran organisasi juga akan rendah.

Mok,  Asisten Profesor di City University of Hong Kong dan Cremer, Professor Manajemen di KPMG meneliti bahwa dampak buruk pengucilan ini bisa diatasi dengan cara yang sederhana, yaitu membayangkan uang.

Dalam artikelnya di Harvard Business Review : If You Feel Left Out at Work, Visualize Money, mereka mengemukakan bahwa partisipan yang dikucilkan dan membayangkan uang dapat membuat mereka mempertahankan persepsi positif untuk membantu rekan kerjanya (prosocial behaviors). Sedangkan mereka (kelompok pengendali) yang diminta untuk memikirkan botol, cenderung tidak dapat mempertahankan keinginannya untuk membantu rekan kerjanya.

Jadi, lain waktu ketika atasan atau kolega anda mengucilkan/mengabaikan anda di tempat kerja, cobalah untuk memikirkan sejumlah uang tunai dan uang yang bisa anda tabung. Anda bisa jadi akan merasa lebih baik.




Referensi:



Comments

  1. Kalo uang terus yang dipikirkan, apa ya bisa mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Dana. Semestinya itu hanya dipikirkan ketika merasa dikucilkan dan demotivasi. Inipun menurut saya digunakan sebagai SALAH SATU cara saja. Misalnya ada cara lainnya, ya oke saja untuk di jalankan.

      Salam, @MasNovanJogja

      Delete
    2. Daripada bayangin uang, mendingan bayangin coklat panas Mas. YUMMY!

      Delete
    3. Good Idea! :) let us drink hot chocolate

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Apa itu Human Resource Business Professional (HRBP) ?

Untuk mengerti lebih lanjut mengenai apa itu Human Resource Business Professional (HRBP), Anda dapat mengunjungi situs berikut: http://www.hrci.org/docs/default-source/web-files/hrbpbok-pdf.pdf?sfvrsn=0

HRBP holder diharapkan mampu mendemonstrasikan keahlian atas prinsip-prinsip Human Resources operasional dan teknikal yang dapat diterima. Ini dilakukan untuk memvalidasi pengetahuan dan keahlian human resource yang core serta mendemonstrasikan prinsip-prinsip human resource dari para profesional yang mempraktikkan human resource di luar Amerika. Ini akan meningkatkan kredibilitas profesional HR dan organisasi dimana mereka bekerja.

Dari halaman pdf tersebut, Anda dapat mempelajari body of knowledge sertifikasi HRBP. Body of knowledge HRBP ini mencakup:
1. HR Administration (22%)
2. Recruitment and Selection (22%)
3. Employee Relations and Communication (20%)
4. Compensation and Benefits (14%)
5. Training and Development (15%)
6. Health, Safety and Security (7%). 

Area Fungsi 1, yaitu HR Admini…

Memahami Peran Human Resource dalam Organisasi

[1] Apa itu Human Resource Management (HRM)?
Ada beberapa definisi yang disampaikan dalam sejumlah referensi, salah satunya dari materi pelatihan sertifikasi Human Resource Business Partner (HRBP): 

1. A strategic and consistent approach to the management of an organization’s most valued assets i.e., the people who are contributing toward the achievement of the goals of the organization.
2. Employing people, developing the resources, utilizing the human talent effectively and efficiently, and compensating the services according to the organizational requirement.
3. A business tool that provides both theoretical framework and practical tools to handle the workforce.


Mana definisi yang menurut anda paling mudah anda pahami?
Bagi saya, definisi ketiga-lah yang paling mudah saya pahami. Kata-kata kuncinya yaitu alat bisnis, teori, praktik, dan pengelolaan tenaga kerja. Saya terjemahkan menjadi: HRM adalah alat bisnis yang terdiri dari kerangka teori dan alat-alat bantu praktis untuk mengelola …

5 Tips Sukses Menjadi Mahasiswa Magang

Mahasiswa Magang. Ya, mahasiswa yang menjalani 'kerja praktik' di perusahaan tertentu merupakan para mahasiswa magang.Sejumlah mahasiswa magang sudah pernah saya temui dan saya bimbing. Salah satunya sekarang juga bekerja di TELKOM.
Ketika ada sejumlah mahasiswa magang di unit saya, dan kemudian tanggung jawab diserahkan kepada saya untuk jadi pembimbing praktik, tentu saya dengan senang hati membantu mereka mencapai tujuan magangnya.
Menjadi mahasiswa magang, dalam pandangan saya, harus punya tujuan. Tujuan itu sifatnya sangat personal, namun pada umumnya hampir-hampir sama, 11-12 lah, yaitu sukses saat kerja praktik, yang berarti nilai A atas hasil kinerjanya.
#1 Miliki Tujuan yang Jelas Sukses menjadi mahasiswa magang harus diawali dengan tujuan magang yang jelas.Jika tujuan anda 'hanya' ingin sekedar memenuhi kewajiban prasyarat kuliah, ya itulah yang akan anda dapatkan. Sayang aja sih jika itu saja tujuannya. Padahal banyak lho yang bisa didapatkan saat menjalani kerj…