Dikucilkan di Tempat Kerja dan Demotivasi? Bayangkan Uang


Inilah saran Mok dan Cremer dalam penelitiannya mengenai karyawan yang dikucilkan (social ostracism) ditempat kerja. Ketika mereka dikucilkan, apa sih yang mereka rasakan?

Keterasingan dari lingkungan.

Apabila hal tersebut dibiarkan maka karyawan yang dikucilkan akan mengurangi keterlibatannya untuk membantu rekan kerjanya (prosocial  behaviors). 

Hasil akhirnya, pengucilan itu bisa berdampak pada produktivitas karyawan tersebut yang kemudian akan semakin rendah. Alhasil, komitmennya terhadap keberhasilan pencapaian sasaran organisasi juga akan rendah.

Mok,  Asisten Profesor di City University of Hong Kong dan Cremer, Professor Manajemen di KPMG meneliti bahwa dampak buruk pengucilan ini bisa diatasi dengan cara yang sederhana, yaitu membayangkan uang.

Dalam artikelnya di Harvard Business Review : If You Feel Left Out at Work, Visualize Money, mereka mengemukakan bahwa partisipan yang dikucilkan dan membayangkan uang dapat membuat mereka mempertahankan persepsi positif untuk membantu rekan kerjanya (prosocial behaviors). Sedangkan mereka (kelompok pengendali) yang diminta untuk memikirkan botol, cenderung tidak dapat mempertahankan keinginannya untuk membantu rekan kerjanya.

Jadi, lain waktu ketika atasan atau kolega anda mengucilkan/mengabaikan anda di tempat kerja, cobalah untuk memikirkan sejumlah uang tunai dan uang yang bisa anda tabung. Anda bisa jadi akan merasa lebih baik.




Referensi:



Comments

  1. Kalo uang terus yang dipikirkan, apa ya bisa mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Dana. Semestinya itu hanya dipikirkan ketika merasa dikucilkan dan demotivasi. Inipun menurut saya digunakan sebagai SALAH SATU cara saja. Misalnya ada cara lainnya, ya oke saja untuk di jalankan.

      Salam, @MasNovanJogja

      Delete
    2. Daripada bayangin uang, mendingan bayangin coklat panas Mas. YUMMY!

      Delete
    3. Good Idea! :) let us drink hot chocolate

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

5 Tips Sukses Menjadi Mahasiswa Magang

Memahami Peran Human Resource dalam Organisasi

Apa itu Human Resource Business Professional (HRBP) ?