Skip to main content

Q12 Meta Analysis Gallup itu...

Sudah pernah baca Q12 Meta-Analysis-nya Gallup? 

Total ada 44 halaman. Di dalamnya disinggung Ongoing Feedback Techniques. Juga, istilah seperti Organizational Development Audits muncul dalam artikel tersebut.

Baca di bagian forewordnya secara seksama.

Hingga sampailah saya pada the theory of talent maximization. Tahu rumusnya? 

Per person productivity adalah ....fungsi dari talent dikalikan penjumlahan dari relationship, right expectation, dan reward. Dan inilah yang bakal jadi dasar dari Q12.


***
Versi pertama dari Q12 tercipta di tahun 1990, dikenal juga dengan nama Gallup Workplace Audit (GWA). Generasi berikutnya dari Q12 lahir di tahun 1997. Penyempurnaan pun terus dilakukan. Hasilnya, ya Gallup Q12 Meta-Analysis yang berfokus pada hubungan antara employee engagement dan productivity.


***
Membaca kalimat ini muncul di Q12 Meta Analysis-nya Gallup bikin maknyes gimana gituh. Coba dibaca pelan pelan... 

The attainment of a workplace with high-caliber employees starts with the selection of the right people for the right jobs.

Sederhana sih pernyataannya.  

Makin bikin maknyes ketika soal memilih ini terasa di-underline, di-bold, lalu masih juga di-stabilo warnai kuning. Bagaimana saya bisa merasakannya? 

Baca aja kalimat berikutnya.

After employees have been selected, they make decisions and take actions every day that can affect the success of their organizations.

Gitu lho dek. 

Ini bukan hanya soal memilih. Tapi bagaimana keputusan berikutnya mempengaruhi kesuksesan organisasi. 

Jadi, masih menganggap remeh soal MEMILIH? 


***
Kembali ke Q12. Kata Gallup, pengembangan Q12 itu sudah melewati penelitian kualitatif dan kuantitatif selama 30 tahun. Ini berarti Gallup sudah lakukan saat saya masih belajar mengeja kata. 

Ada 1 pertanyaan + 12 pernyataan yang dikembangkan Gallup. 1 pertanyaan (Q00) itu bertanya tentang seberapa puas karyawan terhadap tempat kerjanya, sedangkan 12 sisanya adalah dalam bentuk pernyataan yang diukur dengan 6 pilihan respons.

Eh ngomong-ngomong, apa aja 12 pernyataannya? Udah browsing aja ya...






Comments

  1. Kenapa mas ga diposting 12 pernyataannya Gallup?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank Toni pertanyaannya. Saya menghormati larangan yang dimunculkan dalam artikel Q12 Meta Analysis-nya Gallup, bahwa tidak boleh mereproduksi kalimatnya dan dipublikasikan.

      Sementara itu aja sih. Browsing aja ya :)

      Salam, @MasNovanJogja

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Apa itu Human Resource Business Professional (HRBP) ?

Untuk mengerti lebih lanjut mengenai apa itu Human Resource Business Professional (HRBP), Anda dapat mengunjungi situs berikut: http://www.hrci.org/docs/default-source/web-files/hrbpbok-pdf.pdf?sfvrsn=0

HRBP holder diharapkan mampu mendemonstrasikan keahlian atas prinsip-prinsip Human Resources operasional dan teknikal yang dapat diterima. Ini dilakukan untuk memvalidasi pengetahuan dan keahlian human resource yang core serta mendemonstrasikan prinsip-prinsip human resource dari para profesional yang mempraktikkan human resource di luar Amerika. Ini akan meningkatkan kredibilitas profesional HR dan organisasi dimana mereka bekerja.

Dari halaman pdf tersebut, Anda dapat mempelajari body of knowledge sertifikasi HRBP. Body of knowledge HRBP ini mencakup:
1. HR Administration (22%)
2. Recruitment and Selection (22%)
3. Employee Relations and Communication (20%)
4. Compensation and Benefits (14%)
5. Training and Development (15%)
6. Health, Safety and Security (7%). 

Area Fungsi 1, yaitu HR Admini…

Memahami Peran Human Resource dalam Organisasi

[1] Apa itu Human Resource Management (HRM)?
Ada beberapa definisi yang disampaikan dalam sejumlah referensi, salah satunya dari materi pelatihan sertifikasi Human Resource Business Partner (HRBP): 

1. A strategic and consistent approach to the management of an organization’s most valued assets i.e., the people who are contributing toward the achievement of the goals of the organization.
2. Employing people, developing the resources, utilizing the human talent effectively and efficiently, and compensating the services according to the organizational requirement.
3. A business tool that provides both theoretical framework and practical tools to handle the workforce.


Mana definisi yang menurut anda paling mudah anda pahami?
Bagi saya, definisi ketiga-lah yang paling mudah saya pahami. Kata-kata kuncinya yaitu alat bisnis, teori, praktik, dan pengelolaan tenaga kerja. Saya terjemahkan menjadi: HRM adalah alat bisnis yang terdiri dari kerangka teori dan alat-alat bantu praktis untuk mengelola …

5 Tips Sukses Menjadi Mahasiswa Magang

Mahasiswa Magang. Ya, mahasiswa yang menjalani 'kerja praktik' di perusahaan tertentu merupakan para mahasiswa magang.Sejumlah mahasiswa magang sudah pernah saya temui dan saya bimbing. Salah satunya sekarang juga bekerja di TELKOM.
Ketika ada sejumlah mahasiswa magang di unit saya, dan kemudian tanggung jawab diserahkan kepada saya untuk jadi pembimbing praktik, tentu saya dengan senang hati membantu mereka mencapai tujuan magangnya.
Menjadi mahasiswa magang, dalam pandangan saya, harus punya tujuan. Tujuan itu sifatnya sangat personal, namun pada umumnya hampir-hampir sama, 11-12 lah, yaitu sukses saat kerja praktik, yang berarti nilai A atas hasil kinerjanya.
#1 Miliki Tujuan yang Jelas Sukses menjadi mahasiswa magang harus diawali dengan tujuan magang yang jelas.Jika tujuan anda 'hanya' ingin sekedar memenuhi kewajiban prasyarat kuliah, ya itulah yang akan anda dapatkan. Sayang aja sih jika itu saja tujuannya. Padahal banyak lho yang bisa didapatkan saat menjalani kerj…