Q12 Meta Analysis Gallup itu...

Sudah pernah baca Q12 Meta-Analysis-nya Gallup? 

Total ada 44 halaman. Di dalamnya disinggung Ongoing Feedback Techniques. Juga, istilah seperti Organizational Development Audits muncul dalam artikel tersebut.

Baca di bagian forewordnya secara seksama.

Hingga sampailah saya pada the theory of talent maximization. Tahu rumusnya? 

Per person productivity adalah ....fungsi dari talent dikalikan penjumlahan dari relationship, right expectation, dan reward. Dan inilah yang bakal jadi dasar dari Q12.


***
Versi pertama dari Q12 tercipta di tahun 1990, dikenal juga dengan nama Gallup Workplace Audit (GWA). Generasi berikutnya dari Q12 lahir di tahun 1997. Penyempurnaan pun terus dilakukan. Hasilnya, ya Gallup Q12 Meta-Analysis yang berfokus pada hubungan antara employee engagement dan productivity.


***
Membaca kalimat ini muncul di Q12 Meta Analysis-nya Gallup bikin maknyes gimana gituh. Coba dibaca pelan pelan... 

The attainment of a workplace with high-caliber employees starts with the selection of the right people for the right jobs.

Sederhana sih pernyataannya.  

Makin bikin maknyes ketika soal memilih ini terasa di-underline, di-bold, lalu masih juga di-stabilo warnai kuning. Bagaimana saya bisa merasakannya? 

Baca aja kalimat berikutnya.

After employees have been selected, they make decisions and take actions every day that can affect the success of their organizations.

Gitu lho dek. 

Ini bukan hanya soal memilih. Tapi bagaimana keputusan berikutnya mempengaruhi kesuksesan organisasi. 

Jadi, masih menganggap remeh soal MEMILIH? 


***
Kembali ke Q12. Kata Gallup, pengembangan Q12 itu sudah melewati penelitian kualitatif dan kuantitatif selama 30 tahun. Ini berarti Gallup sudah lakukan saat saya masih belajar mengeja kata. 

Ada 1 pertanyaan + 12 pernyataan yang dikembangkan Gallup. 1 pertanyaan (Q00) itu bertanya tentang seberapa puas karyawan terhadap tempat kerjanya, sedangkan 12 sisanya adalah dalam bentuk pernyataan yang diukur dengan 6 pilihan respons.

Eh ngomong-ngomong, apa aja 12 pernyataannya? Udah browsing aja ya...






Comments

  1. Kenapa mas ga diposting 12 pernyataannya Gallup?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank Toni pertanyaannya. Saya menghormati larangan yang dimunculkan dalam artikel Q12 Meta Analysis-nya Gallup, bahwa tidak boleh mereproduksi kalimatnya dan dipublikasikan.

      Sementara itu aja sih. Browsing aja ya :)

      Salam, @MasNovanJogja

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

5 Tips Sukses Menjadi Mahasiswa Magang

Memahami Peran Human Resource dalam Organisasi

Apa itu Human Resource Business Professional (HRBP) ?