Skip to main content

10 Tips dari Andrew Medal yang Saya Ingin Implementasikan Mengenai Kewirausahaan


Peter Drucker, seorang ahli di bidang manajemen, menyatakan bahwa entrepreneurship atau kewirausahaan adalah aktivitas yang secara konsisten dilakukan seseorang untuk mengubah ide-ide yang bagus menjadi suatu kegiatan usaha yang menghasilkan keuntungan.  Dengan mengacu kepada definisi tersebut, menurut saya, entrepreneurship bisa melekat dalam kompetensi seorang karyawan, khususnya seorang karyawan yang menjadi pemimpin suatu unit bisnis. Inilah yang disebut intra-preneurship (simak tulisan saya di Tiga Pilihan Peran dan Kebahagiaan).

Andrew Medal membagikan 21 tips yang dipelajarinya selama ia berwirausaha. Inilah 10 tips yang menjadi prioritas bagi saya untuk diimplementasikan dalam waktu dekat:


  1. Tuliskan Apa yang Anda Pelajari Setiap Hari. Menuliskan apa yang anda pelajari berdasarkan kegiatan harian itu juga penting. Memilikinya akan memberikan anda kekuatan ketika anda merasa lemah. Pembelajaran (learning) adalah aset dan pelajaran-pelajaran yang anda dapatkan akan membantu anda ketika anda merasa akan menyerah. Ini semacam deposito yang anda titipkan di bank. Ketika anda perlu, anda tinggal mengambilnya.
  2. Miliki sebuah Jurnal Ide. Orang yang mengatakan bahwa ide-ide itu tidaklah berharga biasanya tidak punya ide yang bagus. Jangan dengarkan itu. Baca saja bagaimana James Altucher menyatakannya dalam konsep Mesin Ide.
  3. Buatlah Diri Anda Unik. Apapun yang anda kerjakan, penting untuk membuat anda unik dan kuat secara personal. Ini adalah satu-satunya keamanan anda yang paling utama, branding yourself.
  4. Komitmen untuk Melaksanakan Latihan Rutin yang Terjadwal. Simak pendapat Richard Branson, pemilik Virgin Air ini: Kesehatanmu adalah aset yang paling penting. Kamu bisa saja menjadi orang tersukses di dunia, namun itu tidak menjadi berarti jika anda tidak sehat. Berkomitmenlah untuk senantiasa sehat.
  5. Ambil Risiko. Ada hal-hal yang perlu dipertimbangkan ketika menjadi wirausaha, yaitu perasaan ketika menghadapi ketidakpastian. Seorang entrepreneur seharusnya mampu mengelola dan menghitung risiko yang akan dihadapi.
  6. Menjawab Pertanyaan-pertanyaan di Quora. Ini akan melatih keahlian anda, pengetahuan anda, dan pengalaman Anda. Coba saja daftar ke Quora dan pelajari jawaban-jawaban dari pertanyaan yang Anda cari.  Pun, anda bisa menjawab pertanyaan sesuai keahlian anda. Suatu hari anda bisa mengevaluasi apakah jawabannya cukup tepat dengan membacanya ulang.
  7. Bangunlah Jaringan yang Kuat. Berhubunganlah baik dengan siapapun yang Anda perlukan. Ke atas, anda menguatkan kesempatan-kesempatan mendapatkan mentor dan ilmu serta pengalamannya. Ke samping, horizontal, anda akan bertemu dan belajar dari mereka juga. Ke bawah, Anda bisa mengambil pelajaran dari apa yang mereka dapatkan, baik itu kegagalan maupun keberhasilan. Bisa bersifat teknis, juga non teknis. Intinya dengan membangun jaringan yang baik, anda akan banyak belajar.
  8. Disconnect. Semacam mengasingkan diri (sejenak) untuk mendapatkan fokus. Belajar untuk disconnect itu penting. Otak anda perlu istirahat. Melakukan disconnect membantu menyegarkan otak anda untuk menyelesaikan masalah yang anda hadapi.
  9. Terbukalah untuk Menerima Nasehat. Mendengarkan nasehat yang benar sungguhlah berharga untuk bisnis dan kehidupan anda.
  10. Bekerjalah dengan Orang-orang yang Anda Sukai. Ini penting. Jika anda bekerja dengan orang-orang yang tidak anda sukai, hasilnya adalah anda tidak akan dapat memaksimalkan kesempatan-kesempatan yang anda dapatkan.


10 tips dari 21 tips yang dibagikan oleh Andrew Medal ini menurut saya menjadi prioritas terdekat untuk dilaksanakan. Memulai dari yang anda mudah untuk lakukan. Itulah prinsipnya. Selamat belajar!


Sumber Inspirasi:
  1. http://www.entrepreneur.com/article/245697
  2. Sumber gambar dari http://gratisography.com/#nature
  3. http://masnovanjogja.blogspot.co.id/2015/11/tiga-pilihan-peran-dan-kebahagiaan.html

Comments

Popular posts from this blog

Apa itu Human Resource Business Professional (HRBP) ?

Untuk mengerti lebih lanjut mengenai apa itu Human Resource Business Professional (HRBP), Anda dapat mengunjungi situs berikut: http://www.hrci.org/docs/default-source/web-files/hrbpbok-pdf.pdf?sfvrsn=0

HRBP holder diharapkan mampu mendemonstrasikan keahlian atas prinsip-prinsip Human Resources operasional dan teknikal yang dapat diterima. Ini dilakukan untuk memvalidasi pengetahuan dan keahlian human resource yang core serta mendemonstrasikan prinsip-prinsip human resource dari para profesional yang mempraktikkan human resource di luar Amerika. Ini akan meningkatkan kredibilitas profesional HR dan organisasi dimana mereka bekerja.

Dari halaman pdf tersebut, Anda dapat mempelajari body of knowledge sertifikasi HRBP. Body of knowledge HRBP ini mencakup:
1. HR Administration (22%)
2. Recruitment and Selection (22%)
3. Employee Relations and Communication (20%)
4. Compensation and Benefits (14%)
5. Training and Development (15%)
6. Health, Safety and Security (7%). 

Area Fungsi 1, yaitu HR Admini…

Memahami Peran Human Resource dalam Organisasi

[1] Apa itu Human Resource Management (HRM)?
Ada beberapa definisi yang disampaikan dalam sejumlah referensi, salah satunya dari materi pelatihan sertifikasi Human Resource Business Partner (HRBP): 

1. A strategic and consistent approach to the management of an organization’s most valued assets i.e., the people who are contributing toward the achievement of the goals of the organization.
2. Employing people, developing the resources, utilizing the human talent effectively and efficiently, and compensating the services according to the organizational requirement.
3. A business tool that provides both theoretical framework and practical tools to handle the workforce.


Mana definisi yang menurut anda paling mudah anda pahami?
Bagi saya, definisi ketiga-lah yang paling mudah saya pahami. Kata-kata kuncinya yaitu alat bisnis, teori, praktik, dan pengelolaan tenaga kerja. Saya terjemahkan menjadi: HRM adalah alat bisnis yang terdiri dari kerangka teori dan alat-alat bantu praktis untuk mengelola …

5 Tips Sukses Menjadi Mahasiswa Magang

Mahasiswa Magang. Ya, mahasiswa yang menjalani 'kerja praktik' di perusahaan tertentu merupakan para mahasiswa magang.Sejumlah mahasiswa magang sudah pernah saya temui dan saya bimbing. Salah satunya sekarang juga bekerja di TELKOM.
Ketika ada sejumlah mahasiswa magang di unit saya, dan kemudian tanggung jawab diserahkan kepada saya untuk jadi pembimbing praktik, tentu saya dengan senang hati membantu mereka mencapai tujuan magangnya.
Menjadi mahasiswa magang, dalam pandangan saya, harus punya tujuan. Tujuan itu sifatnya sangat personal, namun pada umumnya hampir-hampir sama, 11-12 lah, yaitu sukses saat kerja praktik, yang berarti nilai A atas hasil kinerjanya.
#1 Miliki Tujuan yang Jelas Sukses menjadi mahasiswa magang harus diawali dengan tujuan magang yang jelas.Jika tujuan anda 'hanya' ingin sekedar memenuhi kewajiban prasyarat kuliah, ya itulah yang akan anda dapatkan. Sayang aja sih jika itu saja tujuannya. Padahal banyak lho yang bisa didapatkan saat menjalani kerj…