5 Tips Sukses Menjadi Mahasiswa Magang

Mahasiswa Magang. Ya, mahasiswa yang menjalani 'kerja praktik' di perusahaan tertentu merupakan para mahasiswa magang.Sejumlah mahasiswa magang sudah pernah saya temui dan saya bimbing. Salah satunya sekarang juga bekerja di TELKOM.

Ketika ada sejumlah mahasiswa magang di unit saya, dan kemudian tanggung jawab diserahkan kepada saya untuk jadi pembimbing praktik, tentu saya dengan senang hati membantu mereka mencapai tujuan magangnya.

Menjadi mahasiswa magang, dalam pandangan saya, harus punya tujuan. Tujuan itu sifatnya sangat personal, namun pada umumnya hampir-hampir sama, 11-12 lah, yaitu sukses saat kerja praktik, yang berarti nilai A atas hasil kinerjanya.

#1 Miliki Tujuan yang Jelas
Sukses menjadi mahasiswa magang harus diawali dengan tujuan magang yang jelas.Jika tujuan anda 'hanya' ingin sekedar memenuhi kewajiban prasyarat kuliah, ya itulah yang akan anda dapatkan. Sayang aja sih jika itu saja tujuannya. Padahal banyak lho yang bisa didapatkan saat menjalani kerja praktik/magang. Jadi, segera temukan 'sejumlah' tujuan yang ingin anda capai di kala magang. :)



#2 Fokus dan Kerja Keras
Kenapa perlu fokus dan kerja keras? Sebenarnya kedua hal ini menjadi penting ketika tujuan anda magang sudah jelas. Kalau tidak jelas, bagaimana mau fokus dan kerja keras? 

Misalnya tujuan anda adalah untuk mempelajari proses rekrutmen dan seleksi karyawan, bahkan lebih lengkap lagi memahami sistem SDM di perusahaan tempat Anda magang, pastikan anda sudah memegang timeline untuk mempelajari beragam subyek tersebut. 

Bila waktunya terbatas, menurut saya, lebih menarik jika anda fokus pada sub-bagian saja, misalnya mengenai rekrutmen dan seleksi. Itu butuh satu bulan bila anda ingin mendalaminya. Kerja keras diperlukan untuk mendapatkan kepahaman atas kebijakan yang diterapkan dan implementasinya. Bila anda perluas dengan menghubungkan antar sub sistem, bisa jadi anda perlu waktu lebih. 

#3 Bertanyalah pada Ahlinya
pastikan anda bertanya pada ahlinya. Caranya? Anda bisa bertanya pada Kepala Unit di tempat Anda magang, siapa yang dapat membantu anda untuk memahami subyek yang ingin Anda pelajari. 

Begitu anda dapatkan siapa yang memahami subyek tersebut, pastikan anda menjadikannya tempat bertanya dan tandem berdiskusi. 

#4 Penuhi Syarat Administrasi
Tentu, kampus anda menginginkan anda memenuhi prasyarat dasar seperti presensi hadir, laporan akhir, dan lain sebagainya. Tetap kerjakan syarat tersebut, dan berikan suatu hal yang luar biasa.

Format laporan biasanya sudah ditentukan oleh kampus. Bila studi anda mendalam, anda bisa 'bercerita' banyak mengenai subyek yang anda teliti. Lebih bagus lagi, anda menguasai materi tersebut dengan baik. Gunakan 4W1H untuk mendalami materi yang anda pelajari saat magang, lalu tuliskan dalam laporan anda.

 #5 Perluas Jaringan
Bila memungkinkan, anda pastikan bahwa anda mendapatkan sebanyak mungkin orang untuk mengenal 'nilai lebih' Anda sebagai karyawan magang. Mengapa? Bisa jadi, anda dapat mengisi posisi-posisi yang dibutuhkan perusahaan. 

Mengenali sejumlah orang kunci adalah hal yang baik karena suatu ketika anda bisa jadi bertemu dengan mereka. Pastikan orang yang anda kenal di perusahaan tempat magang Anda, memahami nilai lebih anda.


Salam Sukses, 
@MasNovanJogja

Sumber gambar: pexels.com

Comments

  1. bagaimana jika magang tempat magang yang kita saat ini bukan hubungannya dengan studi kita.

    misal saat ini saya sedang magang reporter di media, tapi studi saya ilmu ekonomi.

    meski saya inggin sekali jadi reporter,,
    bagai mana tips untuk kejadian seperti saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih berlaku tipsnya. :) Miliki Tujuan yang Jelas, Fokus dan Kerja Keras, Bertanyalah pada Ahlinya, Penuhi Syarat Administrasi, dan Perluas Jaringan.

      Banyak kok ahli ekonomi yang juga reporter. Misalnya Pak Rhenald Khasali. Beliau tekun di jurnalistik (saat mahasiswa), dan sekarang menjadi ahli manajemen. cmiiw

      Delete
  2. salam keall pak,,
    pak saya mhasiswa jurusan manjmen,,
    saya pengen bgt magang tp saya bingung mau magang dimana,,,
    biasanya nyari tempat magang dan bidangnya it gmn ce???
    mohon bimbingannya pak
    trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal mous,

      Pertama, anda tinggal dimana? perusahaan-perusahaan besar saat ini banyak berada di kota-kota besar. Mana saja? Sebut saja di pulau jawa ada kota Jakarta, Bandung, Surabaya dan lain sebagainya.

      Sebelum magang, pastikan anda punya tujuan yang jelas. Ajukan pertanyaan sederhana ini: Apa manfaatnya saya magang di perusahaan tersebut? Apa yang akan saya pelajari dalam proses magang tersebut? Semoga bermanfaat

      Delete
  3. Permisi ini bapak , apakaha masi bisa gak ya untuk mengajukan program magang di devisi Public relation untuk bulan Oktober 2012 ini,, terimaksih

    andiana - ILMU KOMUNIKASI " Public Relation " ( Upn jogja )

    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Andiana, wah, sayangnya anda tidak meninggalkan alamat email disini. :) silahkan anda kirimkan email ke saya. Saya akan berikan alamat pengiriman pengajuan ke email anda.

      Tentu saja akan ada mekanisme penerimaan magang di unit tersebut. Namun demikian, tidak ada salahnya untuk mencoba.

      Salam

      Delete
  4. Salam kenal Pak Novan,

    Saya Sari mahasiswa semseter7 arsitektur,
    saya diterima magang di salah satu konsultan arsitek terkenal di Bali,
    yang saya ingin tanyakan adalah bagaimana kiat membangun keyakinan calon pimpinan saya agar nanti setelah wisuda dapat ditarik sebagai Junior Architect di perusahaan tersebut?
    terimakasih
    salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai sari. Salam kenal ya. Kebetulan Adik saya juga seorang arsitek. Selamat atas keberhasilannya.

      Kiat suksesnya menurut sy: anda harus menyampaikan keinginan anda tersebut kpd perusahaan magang anda. Selanjutnya tanyakan prasyarat apa yg harus dipenuhi. Tugas anda berusaha memenuhi prasyarat tsb.

      Delete
  5. mat jumpa pak.
    saya mahasiswa sosiologi belajar kajian bisnis dan media apakah saya bisa memanfaatkan tips d atas. apakah saya bisa minta atau rekomendasi tempat magang dari bapak yang setidaknya cocok bagi saya.
    kegiatan luar saya selain kuliah adalah petualang.
    e_charleskacobys@yahoo.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal. Tips tsb masih dpt digunakan. Utk tempat magang, carilah organisasi yg dpt membantu anda tumbuh. Perusahaan media, bumn, atau organisasi lainnya yg sesuai dgn passion anda.

      Delete
  6. magang di telkom itu gratis gak ya pak?

    qta mbayar atau dibayar gitu selama magang disana?

    terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. fans flexi,

      Setahu saya magang ditelkom tidak membayar dan tidak dibayar. Mungkin yang kamu maksud program COOP? Coba kamu baca lebih lanjut mengenai COOP di http://cooptelkomgroup.org/coop/

      Salam,

      Delete
  7. ok makasih infonya pak,

    kalau di telkom jogja prosedur pengajuan permohonan magangnya seperti apa ya pak?

    surat dan proposalnya ditujukan ke bagian apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. anda datang saja ke kantor telkom kotabaru, jogja. Sampaikan keperluan anda di front office utk bertemu dengan bagian sdm utk magang dan memperoleh penjelasan lebih lanjut terkait prosedur magang. Gunakan 5 tips yg saya sampaikan. 

      Bila memang ada posisi magang yg diperlukan serta terkait dengan pengalaman dan pengetahuan anda, maka anda dapat magang dimana lokasi tersebut. Tentu lengkapi juga administrasi yg diperlukan, seperti surat ijin dari kampus/sekolah anda. 

      Salam, @masnovanjogja

      Delete
    2. masukin surat dan proposal dulu tidak pak?

      maaf tanya terus, terimakasih.

      Delete
    3. Informal bertemu dulu saja. Namun demikian, ada baiknya anda sudah siapkan surat ijin untuk mengikuti magang dari sekolah/kampus dan proposal kegiatan tersebut SEHINGGA saat bertemu dan diminta prasyaratnya anda sudah siap.

      Salam, @MasNovanJogja

      Delete
  8. luar biasa sekali..

    terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Antony,

      mudah-mudahan bermanfaat.

      @masnovanjogja

      Delete
  9. Asklum kang,
    Mau nanya, saya jurusan manajemen telekomunikasi,

    Rencana magang anak perusahaan telkom, kira-kira yang ada di bandung apa aja ya mas, terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. www An,

      Cek kantor anak perusahaan di TELKOM GROUP berikut ya ---> clik, cari alamat kantornya yg di Bandung.

      Oke bro?

      Delete
  10. Salam kenal,
    mau tanya untuk telkom wilayah Jogja, bulan ini ada program magang / COOP gk ya?.

    saya cek http://cooptelkomgroup.org/2013/ koq gk bs dibuka, apakah lg maintenance?.

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal An,

      Untuk info lebih lanjut mengenai magang, cek ke kantor Telkom di wilayah Jogja. Prosesnya sudah saya jelaskan di atas.

      Untuk COOP, silakan cek ulang di website tsb http://www.cooptelkomgroup.org/2013/index.php?page=about

      Salam,

      Delete
  11. Selamat Malam Pak Novan, saya Affan mahasiswa jurusan administrasi publik mau nanya apakah semua perusahaan khususnya kementerian yg terkait dengan jurusan saya mau menerima mahasiswa magang? Contohnya saya ingin mengajukan magang di kementerian pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi. Kalau sempat Bapak balas via email: affanadrianto@outlook.com Terima Kasih pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malam Affan,

      mengenai kementrian, saya tidak tahu. Perusahaan, bisa saja menerima. Tentu dengan menyesuaikan topik pembahasannya, misalnya kaitannya dengan pengelolaan SDM di Perusahaan tersebut.

      Salam, @MasNovanJogja

      Delete
  12. ass. wr. wb pak novan,

    saya surya, saya mahasiswa dari jurusan administrasi negara, saya diterima magang di PT.TASPEN, dan saya tertarik untuk bekerja di sana nanti nya, adakah saran dari bapak untuk kelancaran magang saya ini? terima kasih pak
    email : ianpanji18@yahoo.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Surya,

      Congratulation ya. :)

      Tambahan tips karena anda tertarik dengan perusahaan di tempat anda Magang:

      #1 - Bila memungkinkan, pahami aturan rekrutmen di perusahaan tsb. Selanjutnya, anda persiapkan diri Anda untuk memenuhi syarat dari proses rekrutmen di perusahaan tsb.

      #2 - Ketahui permasalahan organisasi dan tawarkan alternatif-alternatif solusi yang anda mungkin bisa sampaikan.

      Salam, MasNovanJogja

      Delete
  13. Selamat Sore..Pak Novan?
    Mau tanya kalo magang di telkom bagian pengembangan website itu dibayar gak ya atau cuma numpang magang saja?
    tolong jawabannya Pak..Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sore Anonim (banyak ya namanya Anonim :))

      Setahu saya dalam program magang tidak ada istilah dibayar atau tidak. Bagi anda yang mengikuti program magang, baik Anda di jenjang studi S1 maupun S2, maka magang yang anda lakukan adalah untuk mendapatkan kesempatan menunjukkan kemampuan yang anda miliki maupun melakukan studi kasus tertentu yang sesuai dengan bidang studi atau minat anda.

      Untuk program COOP, setahu saya, pesertanya mendapatkan uang saku selama mengikuti program ini, dengan catatan program COOP ini memang diadakan oleh Perusahaan.

      Demikian, semoga membantu.

      @MasNovanJogja

      Delete
  14. Selamat Sore Pak Novan..
    Mau tanya kalo magang ditelkom bagian pengembangan website itu di bayar gak ya atau cuma numpang magang saja..?
    Terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonim, jawabannya sama ya dengan di atas. Silahkan di roll up. Thanks

      @MasNovanJogja

      Delete
    2. SALAM KENAL MAS NOVAN,
      SAYA MAHASISWI SISTEM INFORMASI ASAL MAKASSAR.
      SAYA PENGEN BANGET MAGANG DI JOGJA ATAU SURABAYA.
      APAKAH MAS TAU TEMPAT/PERUSAHAAN YANG COCOK UNTUK BACKGROUND SAYA SBGAI MAHASISWI JURUSAN SISTEM INFORMASI DIMANA? UTAMANYA DI KEDUA KOTA TERSEBUTML. MAKASII..
      twitter : @myRhii_berkata

      Delete
  15. Salam kenal mas Novan,
    Saya mahasiswi Sistem Informasi. Saya tggl di Makassar..
    Saya pengen banget magang di Jogja atau di Surabaya.
    Apakah mas tau tempat yg cocok untuk saya magang dimana? Yang sesuai dengan jurusan saya.. Terima kasih.

    ReplyDelete
  16. Salam kenal mas Novan,
    Saya mahasiswi jurusan sistem informasi. Saya berasal dari Makassar. Saya pengen banget magang di Jogja atau Surabaya.
    Apakah mas tau tempat magang yg cocok untuk saya sbgai mahasiswi Sistem Informasi bagusx dimana? Utamanya di kedua kota tersebut.. makasii mas..

    ReplyDelete
  17. Salam kenal mas Novan,
    Saya mahasiswi jurusan sistem informasi. Saya berasal dari Makassar. Saya pengen banget magang di Jogja atau Surabaya.
    Apakah mas tau tempat magang yg cocok untuk saya sbgai mahasiswi Sistem Informasi bagusx dimana? Utamanya di kedua kota tersebut.. makasii mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal Ririn,

      Menurut saya, tempat magang yang cocok adalah organisasi dimana peserta magang dapat memanfaatkan ketrampilan unik yang dimilikinya untuk berkontribusi pada organisasi tersebut.

      Yang saya tahu, untuk sistem informasi, bila magang di TELKOM, baiknya ada di Jakarta dan Bandung karena di kedua kota inilah pusat aktivitas TELKOM dilaksanakan.

      Selain TELKOM, anda juga bisa mencoba untuk menghubungi perusahaan telekomunikasi lainnya yang berkedudukan di Jogja dan Surabaya, seperti Telkomsel, Indosat, XL Axiata, dan bisa juga mencoba untuk magang di IBM.

      Salam, @MasNovanJogja

      Delete
  18. Salam kenal Mas Novan..
    Saya mau tanya, di kampus saya D3 ekonomi UGM mengharuskan mahasiswanya untuk magang, kira-kira perusahaan besar yang go public mau nerima magang dari D3 nggak ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Repta,

      karena bidangnya adalah ekonomi, menurut saya akan banyak perusahaan yang memerlukan mahasiswa magang sehingga perlu Repta coba untuk menanyakannya. Di D3 Ekonomi UGM terdapat PT Danareksa Sekuritas, salah satu BUMN yang bergerak di Bidang Perdagangan Efek. Ada juga PT Telkom Indonesia di Kotabaru, atau bahkan perusahaan-perusahaan go public lainnya.

      Tentu saja kesempatan lebih besar bisa diperoleh pada lokasi dimana kantor pusat perusahaan-perusahaan tersebut berada.

      Semoga bermanfaat.

      Delete
  19. salam kenal mas novan,
    saya guslia jurusan D3 ADM perpajakan, sekarang saya magang di KPP madya pekanbaru, saya mau tanya, bagaimana caranya agar saya bisa ditarik kerja disitu setelah saya tamat kuliah , soalnya tmpat itu tmpat yg saya impi impikan sejak lama, saya bbersyukur bisa magang disitu magang distu, tapi saya juga ingin bisa kerja disitu.
    karna saya sudah lama menginginkan tmpat itu. tolong kasi solusinya ya mas..

    Terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Guslia,

      Magang adalah bagian dari proses mengenali pekerjaan dan lingkungan pekerjaan. Untuk dapat bekerja di perusahaan dimana kita magang, pertama yang perlu diketahui adalah apakah memang ada lowongan posisi yang ditawarkan. Kedua, mengikuti proses seleksi yang diadakan oleh perusahaan. Sebagai tambahan anda juga dapat melakukan studi kasus permasalahan yang ada perusahaan, dan menawarkan solusinya.

      Semoga bermanfaat.
      @MasNovanJogja

      Delete
  20. Salam mas Novan. Saya Rita jurusan Public Relations didaerah Jogja. Saya berminat untuk magang di pemerintahan atau di kementerian. mohon informasi tempat magangnya yah mas.terima kasih...
    ini email saya rita_arisandy@ymail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Rita,

      Mohon maaf late reply. Prinsipnya, langsung cek di kementerian yang Rita ingin lakukan magang. Selanjutnya kontak dengan kantor di lokasi Jogja. Misalnya bila ingin magang di Kementerian Perindustrian di Jogja, maka Rita perlu menemui rekan-rekan aparatur negara di Kementerian Perindustrian.

      Semoga bermanfaat, @MasNovanJogja

      Delete
  21. salam kenal pak Novan.

    Perkenalkan saya adalah Lea, Mahasiswa perguruan tinngi swasta di samarinda.
    saya baca profil anda bahwa anda adalah seorang praktisi SDM di Telkom.Saya ingin bertanya apakah Mahasiswa jurusan Ekonomi Manajemen bisa PKL dan bahkan nantinya bisa bekerja di Telkom?

    mohon informasinya. sebelumnya saya ucapkan Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Lea,

      Ya, benar Lea. Saya praktisi SDM di TELKOM. PKL itu kependekan dari Praktek Kerja Lapangan ya, Lea?

      Bila ya, saya rasa bisa saja, baik itu di Telkom ataupun perusahaan lain selama memang dibutuhkan mahasiswa PKL.

      Mengenai selanjutnya bekerja di Telkom, tentu saja pelamar kerja harus memenuhi prasyarat yang diajukan untuk menjadi Karyawan.

      Semoga bermanfaat, @MasNovanJogja

      Delete
  22. Salam kenal pa Novan

    Saya robiatul mahasiswi adm.bisnis unlam bnjarmasin
    Yang ingin saya tanyakan tempat magang yang cocok untuk jurusan adm.bisnis khususnya kebijakan bisnis di instansi pemerintahan apa dan perusahaan apa kira kira

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam Kenal,

      Menurut saya prinsipnya bisa dimana saja. Namun secara spesifik, seperti kementrian perdagangan, UMKM, maupun kantor pemerintahan daerah seperti Badan Pembangunan Daerah, menurut saya bisa saja. Sedangkan di bisnis, setiap transaksi keuangan memerlukan administrasi keuangan dan bisnis, diantaranya TELKOM Indonesia, Pertamina, Conoco Phillips, Total dan organisasi bisnis lainnya.

      Salam, @MasNovanJogja

      Delete
  23. Selamat malam pak Novan, saya mahasiswi d3 Komunikaso Terapan dengan minat Public Relations di salah satu Univ Negeri. Saya mau tanya pak, adakah referensi tempat magang yang dapat mengoptimalkan kerja humas (di jogja/solo) ? Karena banyak perusahaan yang belum ada divisi humas di dalamnya. Lalu apakah Telkom membuka lowongan magang untuk periode Januari 2015? Terimakasih. Salam sukses :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Laili,

      Saya kira Laili bisa mencari perusahaan-perusahaan skala nasional yang ada di Solo atau bahkan pemda dan departemen yang memerlukan fungsi humas. Bila belum ada, anda bisa menawarkan fungsi humas dan kemanfaatannya bagi perusahaan tersebut.

      Mengenai magang di Telkom, perusahaan membuka kesempatan magang bagi para mahasiswa. Silahkan Laili kontak ke kantor Telkom setempat.

      Salam, @MasNovanJogja

      Delete
  24. Salam kenal Pak Novan
    Saya Iqbal jurusan Public Relations UNS 2012, saya sangat tertarik untuk magang di PT Telkom. Apa saja yang perlu saya persiapkan untuk program magang saya di tahun 2015 selain CV dan proposal magang serta apa saja persyaratan nya ? Bagaimana proses penerimaan nya ? Dimanakah saya harus menyerahkan proposal magang di daerah bandung,jogja, dan solo ? Dan Informasi apa saja yang perlu saya ketahui agar dapat magang di PT Telkom yang saya ingin kan.
    Terima kasih banyak, mohon bantuan nya.
    Email saya babal.fresco@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Iqbal,

      Prinsipnya ketika Anda magang, Anda bisa membantu menyelesaikan masalah apa? Anda bisa membaca buku Great Work Great Career karya Stephen Covey. Mengenai lokasi magang, silahkan Anda hubungi kantor TELKOM setempat (baik di Bandung Solo atau Jogja) apakah masih ada tempat untuk pelaksanaan magang yang berhubungan dengan bidang studi atau tawaran solusi dari Anda.

      Salam, @MasNovanJogja

      Delete
  25. Selamat malam
    Saya mahasiswa yg akan mengikuti kegiatan magang di salah satu perusahaan perkebunan milik BUMN, apakah ada kesempatan untuk dapat dipermudah proses penerimaan pegawai jika kita sudah pernah melakukan kegiatan magang di instansi tersebut? Sedangkan proses penerimaan pegawai perusahaan tersebut melalui kerjasama lembaga penerimaan tenaga kerja diluar perusahaan tersebut, terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pagi Fahrul,

      Kesempatan diterima sebagai pegawai apabila telah mengikuti magang bergantung pada aturan Rekrut yang ada di perusahaan tersebut. Biasanya ada sertifikat magang yang bisa dijadikan lampiran ketika mendaftar sebagai pegawai di perusahaan tersebut.

      Semoga membantu,

      Salam, @MasNovanJogja

      Delete
  26. assalamualaikum,, saya mahasiswa sosiologi mau tanya info magang yang memiliki prospek kerja yg baik untuk kedepannya, saya memiliki rumah di daerah kalimalang jaktim terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Anonim,

      Bisa dimulai dari daftar perusahaan yang paling disukai pelamar kerja. Salah satunya seperti di blog ini http://masnovanjogja.blogspot.com/2005/12/20-perusahaan-idaman-2005-versi-warta.html

      Silahkan update list-nya di majalah-majalah seperti SWA dsb. Dan anda sebaiknya mempelajari mana perusahaan yang menarik minat anda.

      Semoga membantu,

      Salam, @MasNovanJogja

      Delete
  27. Permisi pak, saya mahasiswa public relations dan berminta untuk magang di telkom Yogyakarta, yang ingin saya tanyakan,
    1. Biasanya berapa lama konfirmasi penerimaan atau penolakan yang diberikan Telkom, setelah mahasiswa memberikan surat permohonan magang dan proposal?
    2. apakah Telkom Yogyakarta mempunyai divisi khusus bidang Komunikasi atau Public relations?
    3. apakah untuk bulan april telkom menerima mahasiswa magang di bagian public relations?

    terimakasih pak

    - salam, suryapurba94@gmail.com -

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Pak Surya,

      1. Gunakan saja rentang waktu yang Pak Surya tolerir, misalnya 1 bulan (4-5 minggu). Sehingga bila waktu tersebut terlewati dan tidak ada konfirmasi, anggap saja ditolak. Lalu Pak Surya bisa mencoba perusahaan lainnya.

      2. Prinsipnya di setiap wilayah Telkom seperti Yogyakarta ada rekan-rekan yang mengelola komunikasi dan public relations.

      3. Mengenai detail waktu pelaksanaan penerimaan, Pak Surya silahkan berkomunikasi dengan rekan-rekan di kantor Jogja, di Kotabaru.

      Salam, @MasNovanJogja

      Delete
  28. Salam kenal Pak Novan, saya Ika mahasiswi jurusan Adm. Bisnis di Unej :)
    Setelah baca profil bapak, saya jadi ingin sekali lebih mengenal bapak, berharap bisa belajar dari pengalaman bapak, karena cita2 saya juga ingin bekerja di bidang MSDM sebuah perusahaan pak hehe
    Saya sedang ditawari magang di Hartono Surabaya, kalau bapak berkenan mohon berikan saya saran bagaimana caranya agar saya bisa beradaptasi di lingkungan perusahaan besar tersebut? Mengingat pengalaman saya kurang pak, saya takut kemampuan saya tidak dapat memenuhi kualifikasi perusahaan tersebut pak. Mohon saran pak, terimakasih. Email: ikawardani241@yahoo.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Bu Ika,

      Wah semoga tercapai ya cita-citanya untuk bekerja di bidang MSDM. :)

      Beradaptasi dengan lingkungan dapat dimulai dengan mengenal orang-orang sekitar bu Ika bekerja dan menawarkan bantuan yang diperlukan.

      Soal kemampuan, tentu harus terus ditingkatkan agar dapat memenuhi kualifikasi perusahaan. Saya kurang tahu kualifikasi yang diperlukan perusahaan dimana Ibu Ika magang saat ini namun pada umumnya kemampuan untuk dapat belajar cepat dan menghasilkan solusi adalah penting.


      Demikian, semoga membantu ya

      Salam, @MasNovanJogja

      Delete
  29. Informasi yang menarik dan sangat bermanfaat, Semoga Sukses selalu, salam hangat dari kami yang pernah magang di Tempat Magang Di Jogja :D

    ReplyDelete
  30. Salam kenal Pak Novan
    saya Renita Prima dari jurusan D3 Manajemen UGM, saya ingin PKL / magang tetapi saya masih bingung mau dimana. Tetapi saya dengar" nanti saya yang bayar atau saya yang dibayar atas magang saya. Saya ingin magang lalu di bayar bukan saya yang membayar. Dan magangnya di wilayah Jogja saja. Ada informasinyakah / saran pak?
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam Kenal Renita. Mau magang tapi bingung mau dimana? Renita udah ngasih batasan wilayah, dan itu bagus juga. Saya baca di kalimat akhir, membatasi di wilayah Jogja. Coba saja list perusahaan perusahaan yang ada di jogja. 10 saya kira cukup. Lalu coba tanyakan saja ke front officenya, apakah menerima mahasiswa magang dan apa saja prasyaratnya.

      Saya bisa sebutkan 10 perusahaan, namun untk memastikan perusahaan ini terima mahasiswa magang atau tidak, Renita harus cek ke lapangan. Telkom, Mandiri, Mandiri Syariah, Pertamina, BRI, BRI Syariah, Gramedia, Novotel Hotel, Inna Garuda Hotel, Angkasa Pura, dan banyak lagi.

      Mengenai magang dibayar, ya harus dicek lagi. Perusahaan mana yang menawarkan program magang yang dibayar. Selamat berburu Renita!

      Salam, @MasNovanJogja

      Delete
  31. Salam kenal pak novan.

    Saya Adi aulia puamsyah, mahasiswa D3 perpajakan universitas jambi. Semester depan Saya memasukin masa magang/pkl, tapi saya masih bingung pak harus magang dimana ?

    Apakah tidak apa apa jika saya magang di pertamina atau telekom yg bukan jurusan saya pak?
    Mohon saran perusahaan mana saja pak? saya ingin magang dikota jambi saja pak?

    ReplyDelete
  32. Salam kenal pak Adi.

    Prinsipnya sih tidak apa-apa bila magang bukan pada jurusannya. Hanya dipastikan saja Pak Adi bisa mengerjakan tugas-tugas tersebut dengan baik dan jurusan bisa menerima penugasan magang yang tidak sesuai jurusan pak Adi.

    Mengenai perusahaan mana saja yang dapat dijadikan tempat magang, tentu pak Adi yang lebih mengenal kota jambi. Dari perusahaan lokal hingga perusahaan multinasional yang berada di Jambi, tentunya diantara mereka ada yang memerlukan jasa perpajakan sesuai bidang pak Adi.

    Salam, @MasNovanJogja

    ReplyDelete
  33. Ass, saya dicky mahasiswa ilmu komunikasi universitas bandar lampung, mau tanya mas kalau jurusan PR enaknya magang di industri televisi apa perusahaan2 gitu?
    Kalau boleh minta rekomendasi tmpat magang ya mas.trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam ww. Salam kenal Dicky. Banyak perusahaan saat ini membutuhkan Public Relations yang hebat, apalagi di era media sosial ini banyak informasi terkait produk, persepsi atas perusahaan, hingga aktivitas perusahaan yang perlu disampaikan kepada publik. Perusahaan-perusahaan seperti TELKOM dan BUMN lainnya serta Perusahaan swasta nasional maupun multinasional baik di bidang media maupun bidang lainnya yang berkedudukan di Lampung bisa menjadi tujuan magang.

      Salam, NP

      Delete
  34. dear pak novan,
    saya santi mahasiswa sosiologi semester akhir, ingin magang di perusahaan oil dan gas. Apakah bisa sampai kesana?
    bagaimana caranya ya pak.
    thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Santi.

      Bila pertanyaannya bisa atau tidak, saya memilih menjawab bisa.

      Bagaimana caranya?

      1) buat daftar perusahaan migas yang hendak anda coba tuju sebagai perusahaan magang.
      2) tawarkan penawaran yang terbaik dari kapabilitas yang anda miliki sebagai mahasiswa sosiologi untuk dapat magang di perusahaan tersebut.
      3) lakukan komunikasi aktif untuk memastikan bahwa tawaran anda diterima atau tidak.

      Salam, @MasNovanJogja

      Delete
    2. Santi, baru saja saya klik link kamu. Well said, kesempatan kamu untuk bisa magang menurut saya cukup besar dengan karya yang kamu miliki.

      Silahkan diolah dengan baik dan tentukan kontribusi macam apa yang hendak kamu tawarkan di perusahaan yang kamu tuju.

      Salam, @MasNovanJogja

      Delete
  35. salam kenal pak novan saya andre mahasiswa jurusana ekonomi manajemen, dan saya ingin magang tapi apakah bisa saya magang di jurnalistik tapi jurusan saya di ekonomi manajemen

    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Mas Andre. Menurut saya bisa saja ya, apalagi mas Andre misalnya punya bakat di bidang jurnalistik. Sampaikan saja karya mas Andre di bidang jurnalistik.

      Salam, @MasNovanJogja

      Delete
  36. assalamualaikum wr.wb pak saya fadhil mahasiswa jurusan administrasi bisnis dibandung, saya berencana magang di telkom daerah padang, saya masih bingung di bagian atau bidang mana yang tepat untuk saya jika magang di telkom nantinya. mohon advicenya pak, jika ada tips tambahan bisa email kesaya fadhilmfikri@gmail.com. terima kasih pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikum salam Mas Fadhil.

      Kalo sudah di Bandung, kenapa mau magang di Padang? Tinggalnya di Padang?

      Tapi kalo misalnya mau magangnya di Padang, coba cari kantor Wilayah (WITEL) di daerah Padang dan ditanyakan langsung rekan-rekan di wilayah tersebut.

      Mengenai bidang apa yang tepat, bisa jadi antara keinginan dan kebutuhan bisa berbeda. Bekalnya adalah bila mau magang dan belajar atas bidang yang ditugaskan, maka bidang yang diperlukan itu yang dipelajari.

      Salam, @MasNovanJogja

      Delete
  37. Assalamualaikum wr.wb Pak Novan.

    Saya mahasiswa manajemen keuangan domisili di Bandung yang sedang berencana untuk magang. Saya masih bingung untuk mencari tempat magang karena bidang keuangan di suatu perusahaan itu termasuk pekerjaan yang sensitif dan penuh perhatian sehingga kebanyakan perusahaan telah mempunyai tim audit keuangan internalnya dan membuat saya sedikit pesimis untuk mengirimkan proposal.

    Oleh karena itu Pak Novan, saya mau meminta rekomendasi tempat magang yang sesuai bidang atau bisa juga yang masih berhubungan selain perbankan.

    Apakah memang ada perusahaan yang rutin (punya agenda perusahaan) menerima dan melatih pekerja magang? Kalau memang ada bisa dishare pak.

    Terima Kasih atas jawabannya Pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikum salam ww Ahmad.

      Kalo mau magang di bidang Manajemen Keuangan, menurut saya Ahmad bisa saja membantu UMKM apabila kesulitan menemukan perusahaan yang bersedia utk dijadikan tempat magang.

      Untuk perusahaan-perusahaan yang ada di Bandung seperti Telkom, Telkom University, PLN, KAI, Pertamina, Kimia Farma, Kalbe Farma dan perusahaan-perusahaan lainnya bisa dicoba untuk dikirimi proposal magang.

      Untuk Telkom Bandung, silahkan Ahmad menghubungi Unit SDM di Telkom Lembong Bandung ya.

      Delete
  38. Assalamu'alaikum pak Novan..sya mau minta pencerahan..saya mahasiswi jurusan IESP sdh semester 5 tapi sampai sekarang saya belum bisa menyukai jurusan saya ini..sebentar lagi saya akan magang tapi sama sekali saya tidak ngerti tentang ekonomi..kadamg saya ingin menyerah

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa alaikum salam ww Tuty. Salam kenal. Saya sederhanakan saja ya sesuai pemahaman saya. Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan berhubungan dengan faktor-faktor makro dan mikro Ekonomi, seperti indikator inflasi, tingkat ketersediaan uang, fungsi peran Bank Sentral dan lain sebagainya.

      Magang, menurut saya adalah kesempatan untuk mengenal dan mengasah diri sendiri seberapa mampu untuk menghadapi lingkungan pekerjaan di tempat magang tersebut. Bidangnya bisa saja berbeda dengan apa yang dipelajari di kuliah saat ini.

      Salam, Novan

      Delete
  39. Aslmkum pak novan , saya mahasiswi lp3i administrasi bisnis,tinggal daerah bandung atau cimahi mohon infonya pak mau magang dimana ini yah , terimakasih pak
    Iraindriane@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikum salam. Bidang administrasi bisnis menurut saya banyak perusahaan yang bisa menerima magang. Telkom juga secara rutin menerima magang. Silahkan hubungi HR Telkom di Telkom Bandung (Kantor Telkom Lembong).

      Semoga bermanfaat ya.

      Delete
  40. Assalamualiakum pak,
    saya mau nanya saya mahasiswa akhir, sebenarnya saya sudah magang baru 3 hari berjalan di DPPKA PROV DIY di bidang anggaran belanja , Alhamdulillah saya diterima dengan baik disini, yang ingin saya tanyakan apa yang harus saya lakukan selama3 hari ini belum ada penugasan atau pekerjaan dari pihak kantor untuk saya, dari awal saya masuk sampai hari kedua saya sudah bertanya apa yang harus saya lakukan, jawaban dari pihak terkait menjawab "untuk minggu -minggu ini ya memang belum ada pekerjaan atau penugasan buat kamu, sebenarnya pekerjaa ada ya pekerjaan yang memang harus dikerjakan sendiri, nanti kalau memang ada pekerjaan pasti akan diberi penugasan. jadi saya harus gimana pak, saya bingung ya saya mikirgimana nanti laporan magang saya, saya juga gak enak datang hanya duduk-duduk saja.terimaksih pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikum salam ww Nur Azila.

      Salam kenal. Prinsipnya be active. Pekerjaan apa saja yang dapat dikerjakan dapat dibuat log activity-nya. Dari log activity, Azila dapat membuat laporan magang.

      Semoga bermanfaat. @MasNovanJogja

      Delete
  41. Mas saya mau tanya tanya tentang program magang yg nerima mahasiswa jurusan administrasi bisnis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Muh. Riski. Selama masih ada ruang/kursi untuk mahasiswa magang, menurut saya, jurusan apapun dimungkinkan untuk melaksanakan magang. Yang penting, mau bekerja dengan baik dan bekerjasama dengan tim.

      Delete
  42. Menurut mas kalo utk mahasiswa jur administrasi bisnis yg magang di dinas perindustrian & perdagangan, kira2 judul yg bisa diangkat buat tugas akhir apa ya? Thnks

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Memahami Peran Human Resource dalam Organisasi

Apa itu Human Resource Business Professional (HRBP) ?